Solusi Bagi Si Kecil yang Suka Mengemut Makanan

Membiarkan si kecil mengemut makanan padahal makananya sudah selesai dikunyah sama saja dengan memberi kesempatan bakteri berkembang di mulut si kecil. Bakteri yang berkembang akan berfementasi akan menghasilkan asam yang memicu merusak gigi. Selain itu kerugian mengemut makanan yaitu dapat membuat rahang tidak berkembang optimal.

Pergerakan rahang yang tidak optimal menyebabkan merangsang pertumbuhan rahang yang sesuai ukuran gigi tetap dan lebih besar dibandingkan dengan gigi susu. Bahkan gerakan rahang yang kurang optimal ini akan menggangu kemampuan bicara anak. Mengetahui banyaknya kerugian yang disebabkan mengemut makanan sebaiknya usahakan agar anda mengunyah makanan dan selanjutnya menelan makanan yang telah lembut.

Inilah beberapa tips yang membantu anda untuk menghilangkan kebiasaan mengemut makanan :

1. Pilih alat makan yang menarik

Anda dapat memilih alat makan yang menarik. Tutupi gambar yang umumnya terdapat di alat makan dengan MPASI nya sehingga anak menjadi penasaran mengetahui gambarnya. Anda dapat menambahnya semakin penasaran dan mempercepat proses mengunyah makanan, selain itu dapat mengurangi mengemut makanan. Sesekali anda berikan pujian atau perlakuan yang membuatnya senang ketika anak anda berhasil menelan makanan.

2. Latih dengan memberikan makanan padat sesuai dengan usianya

Anda dapat melatih anak anda untuk memberikan makanan padat sesuai dengan usianya sehingga ketika bertambah usia anak anda sudah dapat menerima tekstur makanan sesuai dengan usianya.

3. Membiasakan dimeja makan

Biasakan untuk makan di meja makan sehingga membuat perhatiannya teralihkan. Dengan perhatian yang teralihkan akan mengurangi mengemut makanan.

4. Berikan Cerita

Anda dapat membacakan cerita sambil makan. Misalnya anda akan berpura-pura untuk menerbangkan sendok dan kemudian mendarat di mulutnya.Bahkan cerita mobil yang akan parkir di mulutnya. Dengan mengalihkan perhatiannya akan membantu untuk mengurangi mengemut makanan.

5. Usahakan untuk memberikan susu setelah makan

Apabila kebiasaan mengemut makanan sering terjadi ketika pemberian susu. Maka sebaiknya anda memberikan susu setelah makan supaya bayi anda tidak kekenyangan. Pemberian susu setelah makan akan membuat bayi anda mengemut lebih lama.

6. Variasikan menu makan

Mengemut makanan dapat terjadi karena menu makanan yang mulai bosan dirasakan bayi sehingga anda dapat menggantinya dengan berbagai ragam rasa yang tidak membuatnya bosan. Menu makanan yang bervariasi selain membantu mencukupi kebutuhan gizi juga dapat membantu untuk menumbuhkan cita rasa baru yang meningkatkan selera makan pada anak.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel