Rasa Ngilu Paha Saat Hamil

5/5 (7)

 Pertanyaan

saat ini usia kehamilan saya memasuki 8 bulan dan dr bln kmrn saya mengalami gangguan ngilu di selangkangan paha jd kl buat jln agak susah, saya mang pernah jatuh terpeleset apakah ada pengaruhnya? mungkin bu bidan tau gmn cr ngatasinnya

(cikcikboom)

Jawaban Bidanku.com

Dear cikcikboom…

Kita tahu bahwa usia kehamilan normal adalah 9 bulan, dan dari 9 bulan itu fase rawan terdapat di trimester pertama dan trimester terakhir. Pada masa ini para ibu hamil harus betul-betul menjaga kehamilannya, dan saat ini ibu memasuki fase trimeseter terakhir. Saya concern ketika ibu bilang pernah terjatuh pada saat hamil (pd saat jatuh nggak keluar flek2 darah kan bu??), sekali lagi hati-hati bu yah..
Untuk sakit ngilu, mungkin bisa efek dari jatuh ibu..mungkin jg bisa efek dari aktivitas ibu yg berlebihan ato sebaliknya terlalu pasif. (kondisi hami 8 bln, fase dimana kepala bayi masuk ke pinggul ibu)

Untuk mengatasi keluhan rasa ngilu ibu… coba aktivitas jg terlalu berlebihan dan jg jgn terlalu pasif, jika ketika berkativitas terasa ngilu coba hentikan sejenak aktivitas ibu dan segeralah beristirahat..kalo ada kesempatan cobalah beristirahat beberapa menit dengan tiduran kemudian kaki diangkat keatas sandarkan pada dinding (membentuk sudut 90 derajat)…cobalah melakukan senam kehamilan ,kebetulan di situs saya www.bidanku.com ada video gerakan senam hamil, ikuti, tp hati-hati yah..bu, .. tiap malam coba balur bagian yg ngilu dengan minyak telon..terus sebelum tidur seringlah melakukan posisi nungging (posisi sujud) selang beberapa menit agar posisi bayinya sesuai..

tips yg lain..usahakan jgn terlalu sering pakai hak yg tinggi serta celana yg terlalu ketat

selamat mencoba dan smoga membantu

 

(Taken from Thread bidanku.com at kaskus.com forum- health & medical)

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

2 komentar pada “Rasa Ngilu Paha Saat Hamil

  1. Desi says:

    Rasa ngilu di pangkal paha ,di sebelah kiri ,apakah itu pertanda akan lahiran dok ? Soalnya saya kmren mngalami ngilu di pangkal paha kiri ,tapi hanya 3 x saja itu pun tdak stiap hari dok,kalw sering sering pipis ,itu knpa ya dok,? Klw janinnya gerak rasanya kaya di dorong dan mau pipis? Tp gerak janinnya p3lan aja dok ,tlong penjelasannya dok

    • Bidan Pevi Revina, STr.Keb says:

      Jika usia kehamilan sudah menginjak 9 bulan memang rasa ngilu di bagian kaki atau paha seringkali dirasakan oleh sebagian besar ibu hamil. Hal ini disebabkan karena bayi yang sudah semakin besar,kepala atau bagian terbawah janin mulai masuk ke pintu atas panggul.Selain itu juga bagian terbawah janin ini menekan kandung kemih sehingga mengakibatkan ibu hamil sering merasa ingin pipis.Hal ini mungkin salah satu tanda persalinan sudah dekat.Tapi bukan merupakan tanda pasti karena proses persalinan diawali dengan adanya his atau mulas yang teratur.Untuk gerakan janin, ibu hamil merasakan 10-12x gerakan setiap periode.Karena ukuran bayi sudah besar maka ruang gerak bayi menjadi semakin kecil,hal ini membuat gerakannya tak sebebas ketika umur kehamilannya baru 6 atau 7 bulan.Karena itu ibu hamil kerap kali merasakan gerakannya lebih pelan dari biasanya.Tetapi hal ini masih dikatakan normal selama gerakannya sebanyak yang tersebut diatas.

Diskusikan Tema Artikel