Proses Melahirkan Paling Lama, Kontraksi Hingga 2,5 Bulan

Fase kontraksi dalam sebuah proses ibu melahirkan biasanya hanya berlangsung dalam hitungan jam. Namun peristiwa mencengangkan justru terjadi di Polandia, dimana seorang ibu melahirkan sepasang anak kembar dengan jeda waktu selama 75 hari dan selama itu pulalah wanita tersebut harus mengalami kontraksi yang begitu menyakitkan. Adalah Joanna Krzysztonek, seorang ibu dari Kota Wroclaw di Polandia Barat Daya yang patut bersyukur dapat melahirkan bayi laki-laki Iga dan sekaligus bayi perempuan Ignancy. Namun kebahagiaan tersebut harus ia bayar dengan perjuangan yang begitu panjang dan melelahkan, sebab prosesnya memakan waktu hingga 75 hari atau sekitar 2,5 bulan.

Sampai akhirnya proses panjang tersebut berakhir pada 15 Februari 2012, saat bayi Ignancy lahir kedunia dengan keadaan selamat diusia kehamilan 32 pekan. Sebenarnya Joanna mengandung bayi kembar 5, namun sayangnya 3 diantaranya lahir sebagai bayi prematur dalam keadaan sudah tak bernyawa. Sebagaimana dikutip dari Foxnews, kepara Reuters Joanna Menyampaikan rasa bahagia sekaligus terimakasih kepada tuhan dan orang-orang yang telah berjasa membantu kelahirannya, ia juga mengungkapkan kebahagiaannya bisa memberikan kehidupan pada 2 bayinya yang masih tersisa. Kepala bagian kebidanan di Rumah Sakit tempat Joanna melahirkan anaknya yakni Marius Zimmer mengatakan, awalnya para dokter ingin melemaskan kontraksi yang dialami oleh Joanna agar tidak terasa terlalu menyakitkan. Namun akhirnya dokter melihat semangat dari wanita ini dan membiarkan Joanna melanjutkan proses melahirkannya.

Normalnya proses kelahiran hanya memakan waktu 8 hingga 12 jam, sedangkan usia kehamilan yang normal biasanya hanya sampai usia 40 pekan. Namun dengan bantuan medis khusus serta memadai, akhirnya pasangan bayi kembar yang diberi nama Iga dan Ignancy ini dapat lahir ke dunia dengan keadaan selamat di usia kehamilan sang ibu yang hanya 32 pekan. Dan saat ini kedua bayi kembar ini masih berada dalam inkubator khusus untuk mendapatkan perawatan yang lebih intensif, namun diperkirakan dalam waktu dekat mereka sudah dapat dibawa pulang. Joanna sendiri masih menjalani masa-masa pemulihannya setelah berminggu-minggu berbaring ditempat tidur khusus dengan kondisi tak lazim, namun untungnya Joanna sudah diperbolehkan untuk menengok anak kembarnya.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Loading...

Follow us