data-ad-format="auto"

Pola Asuh yang Baik Mendidik dan Mendisiplinkan Anak yang Bandel dan Susah Diatur

Memiliki buah hati didalam keluarga tentunya merupakan sebuah aneugerah terbesar yang Tuhan berikan dalam kehidupan berumah tangga.

Ada banyak orangtua yang dikaruniai dengan karakter pendiam, penurut dan begitu bersahaja sehingga membuat mereka bersyukur dianugerahi anak yang baik dan penurut. Namun tak sedikit pula orangtua yang kebingungan dan hampir frustasi menghadapi buah hati mereka yang bandel dan susah diatur.

Hal ini seringkali membuat orangtua merasa pusing dan sulit sekali mendidik mereka, disatu sisi mereka adalah buah hati yang begitu dicintai oleh orangtuanya, namun disisi lain, perilaku anak yang bandel dan susah sekali diatur seringkali membuat orangtua merasa malu ketika anak mereka berulah dan bertingkah nakal dihadapan umum dan bahkan ketika perilaku anak sudah diluar batas dengan merugikan orang lain hal ini tentu saja akan membuat orangtua mereka menjadi kebingungan mendidik dan menghadapi perilaku mereka yang demikian.

Anak yang memiliki karakter sulit diatur dan bandel memang menjadi tugas yang extra dan sudah menjadi kewajiban orangtua dalam mendidik dan mendisiplinkan mereka. Namun tentunya dalam proses mendidik dan mendisiplinkan inilah yang akan menjadi tugas yang bisa dikatakan gampang-gampang susah untuk dilakukan, sebab jika kita melihat banyak orangtua yang mendidik dan menghadapi anak yang bandel melakukan cara yang salah dan keliru dengan mendidik anak mereka terlalu berlebihan apalagi ditambah dengan unsur kekerasan yang sampai menyakiti fisik anak.

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

Cara mendidik masing-masing orangtua memang berbeda, namun bagaimanapun segala tindakan kekerasan yang dapat menyakiti anak baik secara fisik maupun mental tidaklah dibenarkan sebagai tindakan yang baik dalam mendidik dan mendisiplinkan anak yang bandel dan nakal, lantaran hal ini akan dapat beresiko pada tumbuh kembang anak dan perkembangan mentalnya dimasyarakat saat ia besar kelak.

mendisiplinkan anak susah diatur

Ada beberapa langkah dan tahapan yang perlu dilakukan para orangtua dalam menghadapi dan mengatasi kenakalan anak agar perilaku tersebut bisa diredam dan sebisa mungkin dihilangkan pada diri anak. Nah, berikut ini kita akan kupas lebih dalam bagaimana menghadapi anak yang bandel dan sulit diatur secara bertahap dengan mengenali apa penyebab kenakalan pada anak dan bagaimana cara menghadapi dan mengatasinya.

Ketahui Penyebab Anak Menjadi Bandel

Pola Asuh Orangtua Sewaktu Masih Bayi

Perilaku ini umumnya berlangsung ketika anak masih bayi hingga berumur dibawah lima tahun dimana anda telah membiasakan menuruti seluruhnya keinginan dan tekad anak anda. Tak pedulikeinginan mereka merugikan anda ataupun membuat anda kesusahan mengabulkan keingannya tersebut. Hal semacam ini umumnya dipengaruhi oleh faktor ketidak tegaan orangtua sewaktu melihat anaknya menangis atau merengek sewaktu menginginkan sesuatu sehingga mereka lebih memilih untuk mengabulkan keinginan anak dengan mudah.

Namun tahukah anda, dengan memperlakukan anda demikian, hal ini secara tidak langsung membuat anda menjalankan pola asuh yang tidak tepat dimana ketika anak bertumbuh semakin besar perilaku yang sama akan mereka lakukan pada anda, sehingga ketika mereka menginginkan sesuatu dan orangtua merek atidak dapat mengabulkannya maka dengan mudah mereka akan memberikan ancaman dan teror yang akan membuat anda khawatir dan segera mengabulkan keinginannya. Hal inilah yang membuat anak menjadi nakal dan semena-mena terhadap orangtuanya terutama saat mereka memiliki keinginan.

Ketika anda sudah mendapati anak nakal diusaianya yang sudah semakin besar seperti usia sekolah anak saat ini dan anda merasa hal yang sama anda lakukan pada anak sewaktu mereka masih kecil dulu, maka jangan heran jika hal yang sama terjadi pada anak anda. Namun untuk mengatasinya, maka cobalah dengan perlahan merubah sikap anda terhadap anak dan cobalah tegas namun tidak berarti anda harus keras pada mereka.

Memperlihatkan Kekerasan Didepan Anak

Memiliki perbedaan pendapat dan perbedaan bersama dengan pasangan memang seringkali membuat kita jengkel dan tak bisa menahan amarah, namun ini bukan berarti anda bisa bebas memepertontonkan pertengkaran didepan anak-anak. Ingatlah, pelajaran pertama yang akan diserap oleh anak-anak adalah apa yang mereka dapat dari lingkungan terdekatnya. Jika anda seringkali mempertontonkan perselisihan terhadap anak, maka jangan heran jika mental dan karakter anak cenderung lebih keras dan sulit diatur.

Sikap Orangtua yang Tidak Pernah Menegur dan Bahkan Malah Menertawakan Sewaktu Anak berbicara Kotor

Ketika anak-anak melakukan hal yang tidak seharusnya mereka lakukan atau mengatakan hal-hal atau perkataan kotor dan anda lantas mengabaikannya atau bahkan menertawai mereka daripada menegur dan mengingatkan mereka adalah hal yang menjadi salah satu faktor anak menjadi nakal. Ketika anak berbicara kotor atau melakuan perbuatan yang tidak terpuji dan anda malah menertawai mereka dibandingkan menasehatinya, hal ini akan membuat anak berasumsi bahwa apa yang mereka lakukan adalah hal yang benar. Untuk itu, cobalah kontrol anak-anak anda dan usahakan berikan mereka lingkungan yang nyaman dengan pengaruh yang baik.

Nah, beberapa aspek diatas hanyalah segelintir contoh sumber dan penyebab kenakalan tumbuh dan muncul dalam diri anak yang membuat mental mereka terbentuk menjadi anak yang nakal dan sulit diatur oleh orangtuanya. Setelah menyimak beberapa penyebab diatas, kita simak juga bagaiman menghadapi anak yang bandel dan sulit diatur.

Pola Asuh yang Baik Menghadapi dan Mengatasi Anak yang Bandel dan Sulit Diatur

1. Terapkan Ketentuan-Ketentuan yang Tegas Untuk Membatasi Tingkah Laku Anak

Anak-anak yang bandel dan sulit sekali diatur umumya akan bertingkah dan bertindak semau mereka dan menganggap orangtua tidak sanggup menghadapi kenakalan mereka. Namun mengendalikan dan mendidik mereka adalah tanggung jawab kita para orangtua, apalagi memiliki anak yang baik, penurut dan berpretasi disekolah tentunya akan menjadi kebanggaan, bukan hanya untuk orangtua saja namun juga lingkungan sekitarnya. Untuk itulah, langkah awal dalam menghadapi anak yang bandel dan sulit diatur adalah dengan menerapkan ketentuan-ketentuan yang tegas untuk membatasi tingkah laku anak baik dirumah, sekolah maupun dilingkungannya. Selain itu, jika anak melanggar ketentuan yang anda tetapkan maka janganlah segan untuk memberlakukan sanksi tegas yang mendidik untuk mereka, seperti misalkan ketika anda berkata kotor atau berkelahi dilingkungannya maka anda akan menghukum anak dengan tidak membiarkan mereka bermain seharian.

2. Berikan Mereka Tanggung Jawab Sesuai dengan Usianya

Langkah selanjutkan untuk menghadapi anak yang bandel adalah dengan memberikan mereka sebuah tanggung jawab yang sesuai dengan usianya. Misalkan, berikan anak tanggung jawab untuk merawat dan memelihara sendiri barang miliknya terutama barang kesayangannya. Contohnya, ketika anak bermain dengan peralatan barbie atau mainan robot-robotan milikinya, maka mintalah anak untuk membereskan kembali mainan yang ia keluarkan jika tidak dibereskan maka berikan pengertian pada mereka bahwa mereka akan kehilangan barang kesayangannya atau bahkan barang tersebut bisa hilang. Dengan begini anak akan mau tidak mau untuk mulai dengan perlahan mengurus barang-barang tersebut dan secara tidak langsung jiwa penurut dalam dirinya akan mulai muncul.

3. Luangkan Waktu Bersama dengan Anak

Penyebab lain karakter anak yang bandel dan sulit diatur bisa muncul atau terjadi dalam rangka si anak mencoba mengambil perhatian anda karena mereka ingin diperhatikan. Nah jika hal ini terjadi, bisa mungkin waktu anda bersama dengan mereka kuranglah berkualitas. Untuk itu, sebagai orangtua yang baik cobalah luangkan waktu anda bersama dengan mereka.

Dunia anak adalah dunia bermain, maka tidak ada salahnya luangkan satu waktu dalam satu minggu untuk menghabiskan waktu bermain bersama dengan anak. Tak perlu pergi jauh mengunjungi tempat wisata untuk membuat anak senang dengan bermain dan menemani anak bermain mainan kesukaannya akan membuat mereka merasa diperhatikan dan didengarkan.

Mendidik anak yang bandel dan sulit diatur menjadi penurut memang bukanlan perkara yang mudah. Namun apapun caranya, segala bentuk tindakan kekerasan baik fisik maupun mental tidaklah dibenarkan dan bukanlah solusi yang baik dalam mendisiplinkan anak. Semoga kiat pola asuh diatas dapat bermanfaat dan membantu ibu mendidik mereka buah hati tercinta.  

Loading...

Follow us