data-ad-format="auto"

Cara Menghitung Usia Kehamilan Dalam Minggu

Kehamilan merupakan peristiwa yang sangat ditunggu oleh pasangan suami istri bahkan menjadi anugerah yang terindah yang diberikan Sang Pencipta.Apalagi bagi anda yang sudah menantikan anak pertama untuk segera melengkapi keluarga.

Selama kehamilan pasangan suami istri harus dapat saling memberikan motivasi agar janin sehat dan ibu tidak mengalami beban psikis.Suami dapat memberikan dorongan dalam mewarat kehamilan dengan tepat sesuai dengan usia kehamilan.

Pentingnya mengetahui usia kehamilan untuk memantau perkembangan dan pertumbuhan janin sesuai usianya, anda dapat mengetahui perkembangan janin dalam minggu melalui artikel dibawah ini.

hitung

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Dalam menghitung usia kehamilan anda dalam melakukan dengan menggunakan beberapa cara. Anda dapat menghitung dengan cara manual menggunakan rumus atau dengan aplikasi yang otomatis terpasang di gadget.

Pentingnya mengetahui usia kehamilan dapat membantu anda untuk mengetahui perkembangan dan pertumbuhan janin sesuai dengan usia.Tolak ukur kesehatan janin di dalam kandungan dapat ditentukan berdasarkan usia kandungan. Anda dapat menentukan usia kehamilan dalam hari, minggu, bulan bahkan trimester.

Setelah mengetahui usia kehamilan ibu dapat memberikan yang terbaik untuk calon bayi sesuai dengan waktunya. Misalnya kebutuhan nutrisi untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan, makanan yang baik, pantangan aktivitas ataupun olahraga yang disesuaikan dengan usia kehamilan.

Pada umumnya usia kehamilan berlangsung selama 40 minggu dimulai dari hari terakhir haid.Cara menghitung usia kehamilan secara manual dapat menggunakan minggu ataupun bulan hanya saja dokter kandungan ataupun bidan sering menggunakan hitungan dalam minggu.Hal ini dirasa lebih akurat dalam memberikan perkiraan mengenai perkembangan dan pertumbuhan kehamilan.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghitung usia kehamilan dalam minggu:

1. Hitungan Kalender

Salah satu cara yang paling manual dalam menghitung usia kehamilan adalah dengan menghitung menggunakan kalender. Cara paling klasik dan umum digunakan akan tetapi anda harus mengetahui siklus haid terakhir.

Hitungan dalam kalender ini akan menggunakan haid pertama haid terakhkir dalam rumus dalam menghitungnya. Kemudian selanjutnya tanggal dari haid pertama dan haid terakhir tersebut akan dimasukan ke dalam rumus yang dikenal dengan Naegele.

Cara menghitung usia kehamilan secara manual dengan menggunakan Naegele ditambah 7, lalu bulan haid dikurangi 3, serta pada tahun ditambahkan angka 1. Rumus ini sangat sederhana sekali dan mudah diaplikasikan hanya saja rumus menghitung menggunakan kalender ini hanya berlaku pada wanita dengan siklus menstruasi yang teratur.

Berikut ini adalah contoh yang dapat anda lakukan apabila akan menggunakan cara Naegele.

Hari perkirakan usia melahirkan misalnya dirumuskan dengan Haid Pertama Haid Terakhir(HPHT)-7 dan bulan HPHT-3 dan ditambah satu pada tahunnya. Apabila bulan tidak bisa dikurangi dengan angka 3 maka rumus dirubah menjadi ditambah 9 akan tetapi tahunnya tidak perlu digunakan.

Berikut ini adalah contoh HPHT pada tanggal 17 Agustus 2014, maka perhitungannya untuk tanggal 17-7=10 sedangkan untuk bulan, bulan Agustus bulan ke 8-3=5 dimana bulan ke lima adalah bulan Mei. Lalu tahunnya 14+1=16. Sehingga dapat diperkirakan tanggal kelahiran adalah tangga; 10 Mei 2016.Hanya saja untuk tanggal kelahiran biasanya diberi waktu sebelum dan sesuadah 7 hari dari perkiraan, sehingga kemungkinan hari kelahiran adalah tanggal 3-17 Mei 2016.

Selain itu anda juga dapat menggunakan sebagai cara menghitung usia kehamilan dari hari pertama haid dan hari terakhir haid. Apabila dilihat dari contoh kasus diatas maka tanggal 17 September adalah bulan pertama kehamilan, bulan kedua 17 Oktober dan seterusnya.

2. Sistem Fundus Uteri

Anda dapat menggunakan cara menghitung usia kehamilan dalam minggu selanjutnya dengan menggunakan sistem fundus uteri yaitu engan meraba bagian rahim terutama pada bagian yang terasa menonjol didalam rahim.

Cara ini dilakukan oleh bidan atau dokter kahamilan yaitu dengan menghitung mulai dari tulang kemaluan dimana jarak tulang kemaluan sampai pada pundak rahim atau fundus uteri sekitar 28 cm, maka dapat dikatakan kehamilan sudah memasuki usia kehamilan 28 minggu. Apabila anda mengalami berat badan yang normal maka anda dapat menghitung jarak tersebut dengan meletakan kedua jari dari tulang kemaluan ke fundus, teori ini mengatakan bahwa usia kehamilan dapat ditentikan dengan dua jari yang menandakan dua minggu usia kehamilan.

3. Mendeteksi Gerakan Janin

Cara menghitung usia kehamilan dalam minggu dapat juga dengan menggunakan deteksi gerakan janin. Deteksi gerakan janin ini tidak memiliki kaakuratan 100%. Hanya saja anda dapat memperkirakannya dengan cara merasakan gerakan janin diperut. Apabila anda sudah dapat merasakan gerakan janin dan bergerak di dalam perut diperkiran kehamilan sudah memasuki usia 18 minggu atau usia 20 minggu kehamilan.

Dalam menghitung usia kehamilan dengan menggunakan deteksi gerakan janin ini dibedakan berdasarkan kehamilan pertama dan kedua atau seterusnya. Bagi ibu yang hamil pertama gerakan janin baru dirasakan pada usia kehamilan 18-20 minggu, sedangkan pada ibu hamil yang memasuki kehamilan kedua dan seterusnya dapat dirasakan pada usia ke 16-18.

4. Kalkulator Masa Subur

Anda dapat menggunakan cara menghitung dengan kalkulator masa subur.Cara ini dapat menghitung usia kehamilan apabila lupa haid pertama haid terakhir. Cara ini khusus untuk menghitung berapa usia kehamilan anda, cara ini sangat instan tanpa harus menggunakan perhitungan yang sangat rumit.

Kalkolatur masa subur biasanya dapat dilakukan dengan aplikasi, anda tinggal mencocokan dengan sesuai dengan kondisi kehamilan anda.Sehingga dapat diketahui usia kehamilan, tanggal kelahiran dan kondisi janin. Dengan demikian dengan mengunakan kalkulator kesuburan anda dapat mendapatkan informasi mengenai kehamilan lebih lengkap.

5. Menggunakan USG

Cara menghitung usia kehamilan dalam minggu diatas belum memberikan akurasi yang cukup bagi anda. Apabila ingin mengetahui dengan pasti usia kehamilan anda juga dapat mengetahui tanggal perkiraan kelahiran dengan menggunakan metode medis.

Keakuratan dari hasil metode medis ini sebesar 95%, cara ini dikenal dengan istilah USG atau Ultrasonografi. Dengan menggunakan metode ini dapat menghitung usia kehamilan, gambaran janin, perkiraan kelahiran dan juga kesehatan dan perkembangan janin di dalam kandungan.

Dalam melakukan pemeriksaan USG anda dapat menggunakan dua jenis yaitu USG transvaginal atau dengan melalui jalan lahir sedangankan USG transabdominal melalui dinding perut.Doker lebih menyarankan mengunakan USG transvaginal pada ibu hamil .

Itulah cara-cara yang dilakukan untuk memberikan gambaran dalam pemeriksaan usia kehamilan, anda dapat menggunakan cara manual atau menggunakan cara medis dengan hasil akurasi sebesar 95%. Hal terpenting bagi anda adalah melakukan perawatan kehamilan dengan mengetahui memperluas wawasan anda seputar kehamilan. Selain itu pentin melakukan konsultasi dengan dokter mengungat setiap individu memiliki riwayat kesehatan yang berbeda ketika menjalani kehamilan .

 Baca pula artikel kami selanjutnya yang berhubungan dengan tanda kehamilan dan perawatan kehamilan yang harus anda ketahui dalam mendukung perkembangan dan pertumbuhan janin .

Loading...

Follow us