Perkembangan Janin Usia 18 Minggu

4.74/5 (95)

Usia kehamilan anda kini sudah masuk pada usia 18 minggu, yang mana pada usia ini, janin anda akan terus mengalami perkembangan yang pesat.

Serangkaian perjalanan panjang yang telah anda jalani sebelumnya, termasuk mengalami banyak gejala kehamilan yang cukup menyiksa dan menganggu, mungkin tak akan lagi anda alami pada usia kehamilan di minggu ini. Sebab pada minggu ini, tubuh sudah mulai beradaptasi untuk menyesuaikan diri dengan kondisi kehamilan anda.

Jika pada usia kehamilan sebelumnya anda mengalami mual, muntah, kram, lemas dan pusing. Pada usia kehamilan minggu ini, beberapa gejala diatas mungkin akan mulai menghilang.

Pada usia kehamilan ini, ibu hamil mungkin sudah mulai merasa bahagia dan berbagi kabar kehamilannya ini bersama dengan orang lain, seperti sahabat, rekan, keluarga dan mungkin teman-teman kantornya. Dari sinilah, kabar kehamilan akan mulai menyebar dan ucapan selamat dari ponsel, email atau komentar di facebook akan mulai berdatangan.

Usia kehamilan 18 minggu atau yang setara dengan hitungan 4 bulan adalah waktu dimana kini perut anda sudah mulai membesar. Jika anda mengukur lingkar perut anda dengan menggunakan pita meteran, kini anda mungkin menemukan bahwa ukuran perut anda meningkat.

Kabar ini tentu menjadi hal yang menggembirakan dan untuk anda yang mengalami kehamilan pertama, hal ini mungkin membuat anda mulai menyadari bahwa kehamilan anda adalah hal yang nyata dengan perubahan fisik yang sudah mulai nampak.

Nah, perubahan inilah yang mungkin akan membuat anda sudah memerlukan pakaian yang ukurannya lebih longgar. Selain itu, pembesaran ini pun akan mungkin membuat anda mulai memerlukan pakaian dan celana hamil. Untuk itu, mulailah membuat daftar perlengkapan hamil yang akan anda butuhkan seperti membeli celana hamil, baju hamil dan kaos-kaos yang longgar yang akan membuat anda merasa lebih nyaman menjalani kehamilan anda.

perkembangan janin minggu 18

Selain itu, sebaiknya hindari mengenakan pakaian ketat atau pakaian yang akan membuat pergerakan anda merasa terhalangi, seperti halnya celana jeans. Seiring dengan membesarnya perut anda, sebaiknya hindari mengenakan jenis celanan atau pakaian seperti ini. Sebab kondisi ini, selain akan membuat anda merasa tidak nyaman, juga akan membuat bayi dalam kandungan anda tertekan. Anda tentu tidak ingin mempertaruhkan keselamatan si calon buah hati dalam rahim anda bukan? Untuk itu, menjaga segala hal agar tetap amat dan sehat adalah kunci menjalani kehamilan yang sehat.

Perkembangan Janin Usia 18 Minggu

Berbicara mengenai si janin dalam rahim ibu. Kami memahami bahwa antusias ibu yang besar, membuat anda selalu dibuat penasaran dengan perkembangan si janin dalam rahim anda. Sebagai seorang calon ibu, anda mungkin dibuat bertanya-tanya dan ingin tahu seperti apa perkembangan dan pergerakan yang terjadi dalam rahim anda pada usia kehamilan ini.

Untuk itulah, kami akan hadirkan seperti apa perkembangan janin dalam rahim pada usia kehamilan 18 minggu. Simak dibawah ini.

Pada usia kehamilan 18 minggu, ukuran si janin dari mulai bagian kepala hingga ke bokong akan mulai mencapai 13 cm, sementara berat tubuhnya sudah sekitar 190 gram. Angka kenaikan berat dan panjang tubuh ini, tentunya akan terus mengalami kenaikan seiring dengan perkembangannya usianya yang terus berlanjut.

Usia ini membuat si bayi belajar banyak hal, sehingga hal baru pada usia ini mulai mengalami perkembangan yang cukup banyak. Dadanya kini sudah mulai bergerak naik turun sebagaimana hal ini dilakukannya dalam rangka menirukan cara bernapas. Namun yang dihirupaay bukanlah udara, melainkan cairan amion.

Bukan hanya itu, pembuluh darah pada si janin, kini sudah mulai nampak pada permukaan kulit. Telinganya pun sudah mulai terbentuk dan nampak, meski tampilannya ini belum sesempurna telinga manusia. Akan tetapi, bila anda melihat sekilas, kini si bayi dalam rahim anda mungkin sudah terbentuk dengan sempurna dan bak seorang bayi yang akan siap untuk dilahirkan.

Pada usia kehamialn ini, jenis kelamin si bayi sudah mulai dapat dikenali. Si bayi dalam rahim anda pun sudah mulai bisa mendengar suara-suara dibalik perut ibunya, baik itu suara dari luar atau suara-suara seperti tali pusarnya, detak jantung ibunya atau suara musik yang ibu perdengarkan untuknya.

Dengan demikian, tidak ada salahnya jika pada usia kehamilan ini anda mulai memberikan bayi dalam kandungan anda sebuah rangsangan atau stimulasi, baik itu sentuhan, bernyanyi, mengajaknya mengobrol dan lain sebagainya. Meskipun si bayi dalam perut anda belum memahami maksudnya, akan tetapi ia sudah mulai bisa merasakan dan tentunya suara-suara dari oragtua atau ibu akan dikenalinya dan membuat suara ibu tak asing untuknya.

Sementara itu, perkembangan janin yang akan lebih bisa ibu rasakan dengan jelas, biasanya akan mulai terjadi pada usia ke 20 minggu, dari usia inilah ibu akan mulai bisa merasakan gerakan-gerakan si janin dengan lebih jelas, termasuk tendangan dan pukulan yang diberikan oleh si buah hati.

Pada pertengahan usia kehamilan, sebuah test scan ultrasound atau yang lebih dikenal dengan sebutan scan anomali, biasanya aka dilakukan pada usia kehamilan antara 18 dan 22 minggu. Scan ini pada umumnya dilakukan guna mengecheck perkembangan dan pertumbuhan si bayi serta memeriksa apakah usia kehamilan anda sudah akurat atau belum.

Saat melakukan scan ini, anda mungkin melihat bahwa bayi dalam kandungan anda melakukan beberapa pergerakan seperti menendang, meraih, berguling atau bahkan tengah menghisap ibu jarinya. Nah, pemeriksaan scan ini bisa dijadikan momen dimana anda bisa membawa serta pasangan anda untuk bisa menyaksikan perkembangan bayi ini secara bersama-sama.

Sudah pasti hal ini akan menjadi momen yang mendebarkan sekaligus mengharukan bila anda dan pasangan bisa bersama-sama menyaksikannya. Selain itu, anda pun bisa meminta dokter agar anda bisa membawa pulang foto scan dari perkembangan si janin dalam rahim anda.

Ketika melakukan scan ultraound atau USG ini, bila ternyata bayi yang ada dalam perut anda adalah seorang bayi perempuan, bisanya, vagina, uterus dan falopi akan berada di tempat yang seharusnya. Sementara bila ternyata bayi anda adalah seorang laki-laki, maka alat kelamin pada si bayi pada umumnya akan lebih sulit dikenali. Selain itu, pemeriksaan ini pun perlu dilakukan untuk mendeteksi jika ternyata anda tengah mengandung anak kembar.

Nah, mulai usia kehamilan saat ini, ketika anda berbaring, posisi terbaik anda untuk bisa berbaring adalah dengan berbaring menyamping, atau setidaknya cobalah mencondongkan bagian tubuh agak miring ke satu sisi.

Ketika anda berbaring dengan telentang, bagian uterus anda akan menekan bagian vena utama. Hal inilah yang akan dapat berakibat pusing, sebab kurangnya darah yang kembali kebagian hati anda. Selain itu, cobalah untuk menempatkan bantal dibagian belakang punggung atau dibagian bawah pinggul anda atau dibagian kaki agar anda dapat berbaring dengan lebih nyaman.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel