Perkembangan Janin Usia 17 Minggu

4.68/5 (308)

Setelah melewati berbagai tantangan dan rintangan pada kehamilan sebelumnya, usia kehamilan anda kini sudah memasuki usia ke 17 minggu.

Yang mana ini artinya, periode trimester ke 2 masa kehamilan anda, tengah anda jalani saat ini. Untuk itu, kami ucapkan selamat ya bu.

Perjalanan panjang yang ibu tempuh saat ini memang menjadi serangkaian usaha yang keras dan penuh dengan perjuangan. Betapa tidak, minggu-minggu awal yang ibu jalani, pada umumnya terlihat begitu dramatis. Belum lagi, penyesuaian diri yang baru dengan keadaan hamil, membuat ibu mungkin dibuat kesulitan untuk bisa beradaptasi dengan kondisi yang baru.

Diperparah lagi dengan gejala morning sickness atau mual dan muntah yang cenderung lebih sering dirasakan pada pagi hari, membuat ibu kesulitan untuk bisa memiliki nafsu makan seperti biasa dan mungkin segala aktivitas yang anda jalani menjadi terhalang karena kendala bau yang lebih sensitive, cenderung lebih membuat ibu merasa tak nyaman.

Namun, akhirnya perjuangan panjang dan kerja keras itu, kini sudah bisa anda lalui. Pada masa kehamilan usia 17 minggu ini, beberapa gejala-gejala awal kehamilan yang pada umumnya lebih banyak menyiksa, sudah tak lagi nampak dan mungkin pada usia kehamilan ini, ibu sudah mulai mendapatkan kembali selera makan ibu seperti sediakala. Selain itu, beberapa gejala lain seperti mudah lelah dan lemas, mungkin sudah sedikit berkurang, karena kini tubuh ibu sudah bisa menyesuaikan dirinya dengan kondisi ibu saat ini.

Untuk itulah, pada saat usia ini rasanya tidak ada lagi alasan yang membuat bunda untuk melewatkan mengkonsumsi makanan yang bergizi untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dan gizi ibu dan janin. Sebaliknya, jadikanlah momen ini momen dimana ibu mulai memperbaiki asupan gizi dan nutrisi dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bila perlu konsumsi susu ibu hamil akan dapat mendukung asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh si janin dalam rahim.

Bila ibu dan si janin yang dikandung sehat, maka perkembangannya didalam rahim ibu tidak akan mengalami kendala, sehingga si kecil bisa tumbuh dengan pesat.

perkembangan janin minggu 17

Usia kehamilan minggu ke 17 atau jika dihitung dengan menggunakan perhitungan bulan, kini usia kehamilan anda sudah masuk pada usia kehmilan 4 bulan.

Pada usia kehamilan ini, anda tak lagi perlu khawatir akan bahaya pendarahaan yang banyak terjadi. Hal ini dikarenakan, pada usia ini, bayi telah menempel dengan lebih kuat dibandingkan minggu-minggu sebelumnya. Akan tetapi, demikian anda harus tetap mengontrol kesehatan anda dan menjaga kesehatan janin yang anda kandung.

Nah, berbicara mengenai perkembangan yang pesat, pada usia ini si janin dalam rahim ibu mengalami perkembangan yang cukup signifikan dibandingkan dengan perkembangan di minggu-minggu sebelumnya.

Kabar ini tentu menjadi kabar gembira untuk ibu yang saat ini tengah menantikan dengan begitu tak sabar buah hatinya agar segera lahir kedunia. Untuk itu, mari kita simak seperti apa perkembangan janin usia 17 minggu dibawah ini.

Perkembangan Janin Usia 17 Minggu

Pada awal memasuki usia 4 bulan, bayi anda akan kurang lebih ukurannya sekitar 13 cm dengan berat kira-kira 140 gram. Perkembangan berat dan panjang tubuhnya ini dari minggu ke minggu tentu mengalami perkembangan dan untuk perkembangan minggu ini, ukuran berat dan panjang pada si kecil mengalami perkembangan yang relatif pesat. Pada minggu ini, pergerakan akan banyak terjadi dengan si buah hati dalam kandungan anda.

Kini, tempurung pada kepala si bayi mulai terususun dari tulang rawan akan mulai mengeras. Selain itu, saraf dibagian tulang belakangnya kini mulai terselubungi oleh lapisan pelindung yang disebut dengan mielin.

Sementara itu , kelenjar keringat juga mulali berkembang diseluruh tubuhnya. Perkembangan ini pun diimbangi dengan menguatnya bagian saluran tali pusatnya yang mana bagian ini akan menjadi saluran sumber makanannya. Dengan kata lain, makanan atau minuman yang ibu konsumsi, gizi dan nutrisinya akan masuk kebagian saluran tali pusat dan akan dijadikan makanan untuk si buah hati. Untuk itu, selama masa kehamilan, sebaiknya bunda mengontrol asupan makanan untuk si buah hati.

Bukan hanya itu, perkembangan lain yang mulai terbentuk pada si buah hati adalah tubuhnya yang kini mulai membesar mengikuti kepala sehingga wujud si buah hati kini nampak lebih proporsional dengan tubuhnya. Wajahnya pun akan mulai makin nampak serupa bak seorang manusia dengan pertumbuhan alis dan bulu mata yang sudah mulai nampak. Bila saja, perkembangan ini mampu anda lihat, maka mungkin saat ini anda akan dibuat menangis terharu atau senang tak tertahankan.

Meski kelopak mata si bayi masih tertutup, namun bola matanya kini sudah mulai bergerak. Mulut kecilnya pun sudah mulai dapat terbuka dan tertutup.

Jari jemari pada si buah hati, kini mulai terbentuk dan sidik jarinnya sudah mulai tercipta dengan perlahan. Perkembangan yang sama pun terjadi dengan tangannya, kini tangan-tangannya yang mungil sudah belajar ia kepalkan.

Pada saat usia perkembangan ini, si bayi dalam rahim anda sudah mulai memiliki kemampuan untuk merespon bunyi dari luar, seperti halnya suara musik dan suara-suara lainnya. Akan tetapi, kemungkinan kondisi ini belum bisa anda dengar atau anda rasakan.

Jadi demikian, tidak ada salahnya jika pada usia ini anda mulai melakukan serangkaian stimulasi bersama dengan jabang bayi dalam perut anda seperti halnya mengobrol, bernyanyi, mendengarkannya musik, berdoa dan lain sebagainya. Segala hal akan mungkin mulai dirasakan oleh si bayi, termasuk kegaduhan-kegaduhan ketika orangtuanya bertengkar. Dengan demikian, sebaiknya hindari segala pertengkaran atau kegaduhan yang akan membuat si bayi merasakan emosi yang ibu rasakan.

Pada usia kehamilan 17 minggu, tubuh si bayi belum menyimpan lemak, sehingga kulitnya pada usia ini akan terlihat keriput. Namun tak perlu khawatir, perkembangan pada usia selanjutnya akan mulai mengisi tubuh si bayi dan membuat tubuhnya akan terbentuk dengan proporsional nantinya.

Perkembangan Ibu dan Gejala Hamil Pada Usia 17 Minggu

Perkembangan pesat yang terjadi dengan si buah hati akan juga membawa perubahan lain pada tubuh atau fisik ibu. Pada awal trimester kedua masa kehamilan, sang ibu biasanya akan mulai dapat menikmati kehamilannya tanpa dihantui dengan gejala-gejala awal kehamilan yang cukup menganggu, seperti pada minggu-minggu sebelumnya.

Pada masa ini si ibu sudah mulai merasa lega dan berbagi kebahagiaan kehamilannya bersama dengan sahabat, saudara atau bahkan rekannya. Kabar kehamilan pun kini sudah mulai tersebar. Dan berita baiknya dari usia kehamilan minggu ini adalah resiko keguguran pada trimester kedua menurun seiring dengan menguatnya si janin dalam rahim ibu.

Pada usia ini, produksi hormon kehamilan sekarang akan diambil alih oleh plasenta. Untuk itulah, ibu akan merasakan kondisi yang lebih baik dan lebih nyaman dibandingkan dengan minggu-minggu kehamilan sebelumnya. Sebab beberapa ciri kehamilan seperti, kram, mulai, pusing, lelah dan muntah sudah mulai menghilang.

Itulah dia beberapa hal yang bisa diketahui dari perkembangan janin dalam kehamilan pada usia 17 minggu.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel