Pengaruh Televisi pada Perkembangan Bayi

4.47/5 (19)

Mungkin sebagian orang tua akan menyuguhkan acara TV ataupun film dari DVD supaya bayinya tidak rewel. Nyatanya kondisi seperti ini membuat bayi anda jadi pendengar pasif. Kebiasaan orang tua membiarkan anaknya menonton televisi sejak ia bayi diduga menjadi faktor yang menyebabkan bayi menjadi terlambatan untuk bicara. Televisi menjadikan anak anda sebagai pendengar pasif. Bayi akan lebih banyak mendengarkan orang ataupun tokoh yang berbicara di dalam televisi, harusnya bayi lebih banyak mengenal dan mendengar kosa kata yang lebih banyak. Namun bayi anda tidak memahami apa yang sedang dibicarakan oleh orang di dalam televisi.

Meski bayi anda belum bisa berbicara namun bayi anda lebih mudah untuk mengerti semua yang anda ucapkan. Dua hal yang sangat penting di dalam berkomunikasi ialah belajar bagaimana komunikasi secara dua arah serta mimik wajah, berbeda ketika bayi menonton televisi ia tidak mempelajari itu. Ketika bayi dibiarkan untuk menonton DVD anak alangkah baiknya anda sebagai orang tua mendampingi anaknya serta memberikan penjelasan tentang apa yang ia lihat dan ia dengar. Ciptakan selalu komunikasi dua arah diantara orang tua dan anak.

Terkadang ketika bayi anda susah untuk terlelap tidur, padahal berada pada waktu ia tidur. Beberapa dari orang tua memilih untuk mengajak bayinya untuk menonton acara di televisi supaya bayi anda cepat tertidur. Namun apakah kebiasaan ini benar? Terkadang suara dan cahaya pada televisi merupakan sumber gangguan, yang mengakibatkan bayi anda kurang nyaman pada saat tidur. Yang paling sering terjadi, biasanya bayi akan semakin tertarik terhadap televisi tersebut. Dengan begitu ibu mengganggu waktu tidur untuk bayi. Gangguan tidur pada bayi ini sangat berdampak bagi perkembangan otak bayi serta pertumbuhan hormon, saat bayi tidur mencapai hingga 3 kali lebih banyak jika dibandingkan ketika mereka sedang bangun. Ternyata semua sel-sel di dalam tubuh, termasuk juga otot, tulang, kulit, ginjal, hati, otak, pembuluh darah serta metabolisme di dalam tubuh memerlukan pemulihan bagi pertumbuhan bayi yang sangat pesat. Tidur bayi yang terganggu membuat tubuh bayi anda terlihat tidak sehat dan terlihat seperti mengantuk dan cenderung diam.

Kemudian yang sering menjadi pertanyaan setiap orang tua apakah diperbolehkan bayi untuk menonton televisi? Beberapa orang mengatakan bayi diharuskan untuk lebih banyak menonton televisi agar bayi cepat pintar. Televisi juga dapat menemani bayi anda ketika ia sedang sendirian. Berbeda dengan pendapat yang tadi, sebagian lebih mempertimbangkan kesehatan mata pada bayi. Pancaran sinar biru di dalam televisi. Sinar biru yang di pancarkan oleh televisi ini bisa mengakibatkan rusaknya retina pada mata bayi. Bayi terlahir memiliki lensa yang masih jernih serta bening, dan mata bayi tersebut sangat mudah rusak jika terkena sinar biru. Beberapa ahli menyebutkan dua hal yang dapat mempengaruhi mata bayi tersebut, yaitu berapa lama bayi menonton televisi pada setiap harinya serta seberapa jauh jarak pandang bayi dengan televisi.

Akibat yang dialami oleh mata bayi. Semakin lama bayi anda menonton televisi maka jumlah skor pada fungsi retina akan semakin rendah. Risiko kerusakan mata yang paling besar diakibatkan oleh sinar biru mencapai 70-80% hingga mencapai retina di usia 0-2 tahun, satu diantaranya diakibatkan oleh sinar biru yang berasal dari televisi. Dengan demikian anda dapat membatasi waktu senggang bersama dengan bayi untuk menonton televisi.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel