Bolehkah Ibu Hamil Naik Pesawat?

4/5 (3)

Pertimbangan dari kebijakan diatas juga dapat didukung dengan keterangan dari bidan atau dokter kandungan ketika ibu hamil akan check in, pihak dari maskapai akan meminta surat keterangan dari bidan atau dokter kandungan yang dapat mewakili kondisi kesehatan anda dan janin.Beberapa maskapai penerbangan di Indonesia memiliki kebijakan yang berbeda dalam usia kehamilan yang memperbolehkan menggunakan perjalanan pesawat bagi ibu hamil. Meskipun demikian semua maskapai penerbangan melakukan kebijakan yang sama dimana ibu hamil harus mengisi formulir khusus ibu hamil sebelum melakukan perjalan.

Meskipun beberapa kebijakan maskapai diberikan bagi anda yang sedang hamil akan tetapi kondisi kesehatan pada masing masing ibu hamil berbeda beda. Sehingga bagi anda yang akan melakukan perjalanan menggunakan pesawat pastikan usia kandungan anda tanpa keluhan. Pada trimester pertama kehamilan dinyatakan aman menggunakan pesawat apabila anda tidak mengalami mual dan muntah yang berlebihan atau morning sickness dan juga kelelahan. Dengan adanya keluhan yang sering dialami pada trimester awal kehamilan sebaiknya anda berkonsultasi pada dokter, obat yang aman untuk anda konsumsi dalam mengatasi mual dan muntah. Sedangkan pada trimester kedua kehamilan anda sering kali dinyatakan aman untuk bepergian dengan menggunakan pesawat, selain janin anda telah kuat menempel di rahim dan juga keluhan mual dan muntah yang berkurang, di usia trimester kedua resiko keluhan selama perjalan pesawat akan lebih kecil dibandingkan dengan kehamilan pertama. Selanjutnya adalah kehamilan pada trimester ketiga, pada usia kehamilan ini, beberapa maskapai penerbangan di Indonesia mempunyai aturan yang berbeda. Kebijakan dari masakapi penerbangan di indonesia memberikan kebijakan antara kehamilan 27 hingga 35 minggu dalam perjalanan menggunakan pesawat. Hal yang harus diperhatikan oleh ibu hamil dalam menggunakan pesawat bukan karena adanya resiko radiasi dari mesin x ray melainkan beberapa kondisi kesehatan yang akan terjadi selama perjalanan. Oleh karena itu bagi ibu hamil yang akan menggunakan pesawat.

Berikut adalah tips yang dapat dipertimbangkan :

1.  Memesan tempat duduk di lorong, salah satunya untuk memudahkan anda ketika keluhan kehamilan seperti mual, muntah dan buang air kecil yang sering terjadi di pesawat. Memudahkan pergi ke toilet.

2.  Menggunakan stocking, beberapa bidan dan dokter kandungan menyarankan anda menggunakan stocking dalam mencegah pembekuan darah

3.  Hindari duduk terlalu lama, sesekali anda dapat berjalan di lorong untuk sekedar pergi ke toilet.

4.  Minum air putih untuk menghindari dehidrasi.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel