data-ad-format="auto"

Mengetahui Tanda-Tanda Kehamilan Tidak Pasti

Bagi anda yang menunggu kehamilan, tanda kehamilan sangat penting untuk anda ketahui. Hanya saja sebagian orang tidak menyadari beberapa kondisi yang menjadi tanda awal kehamilan sehingga baru menyadari kehamilan di minggu ke 4-6 kehamilan.

 

Kehamilan diawali dengan proses pembuahan yang terjadi pada wanita dikarenakan adanya sperma yang memasuki ovum. Pada saat proses pembuahan inilah banyak terjadi produksi hormon kehamilan yang akan mengakibatkan wanita mengalami perubahan kondisi fisik dan psikis.

Perubahan yang terjadi pada wanita di minggu pertama kehamilan tidak semua disadari oleh wanita sebagai tanda kehamilan. Hal ini dikarenakan kondisi yang dialaminya mirip dengan kondisi wanita normal.Beberapa wanita baru menyadari setelah terlambat datang bulan untuk sebagain wanita yang memiliki siklus teratur sangat mudah memprediksinya sedangkan untuk wanita yang memiliki siklus tidak teratur akan sulit untuk menentukannya.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

tanda tidak pasti hamil

Masih banyak pasangan suami-isteri yang belum begitu paham dengan tanda-tanda kehamilan sehingga kebingungan membedakan tanda kehamilan (pregnancy symptoms) dengan akan datangnya menstruasi. Kondisi ketidaktauan mengenai tanda-tanda kehamilan akan menyebabkan seseorang mengalami keguguran.

Untuk mencegah kondisi kesehatan yang tidak diinginkan, kali ini kami akan memberikan pengetahuan seputar tanda-tanda kehamilan yang pasti dan tidak pasti. ( Baca juga: Cara Cepat Hamil )

Tanda kehamilan dibagikan menjadi dua yaitu tanda kehamilan tidak pasti dan tanda kehamilan pasti:

Tanda Kehamilan Tidak Pasti

Amenore

Salah satu tanda kehamilan yang tidak pasti adalah amenore. Amenore ini seringkali terjadi pada wanita yang mengalami menstruasi tidak teratur disebabkan karena pengaruh hormonal ataupun kondisi stress, lelah dan pola makan.

Mual

Wanita seringkali mengalami tanda kehamilan dengan mual dimana pemicunya adalah hormon HCG yang mengakibatkan pedih di lapisan perut. Biasanya kondisi ini akan berakhir di trimester kedua.

Meskipun 50% mual dan muntah dialami oleh wanita hamil dan merupakan tanda pasti akan tetapi banyak faktor yang menyebabkan wanita mengalami kondisi mual dan muntah.Sedangkan apabila mual dan muntah masih dialami di trimester kedua, periksa dan konsultasikan ke dokter.

Ngidam

Wanita hamil identik dengan mengidam yaitu kondisi dimana terjadi pada bulan pertama kehamilan. Salah satu contohnya wanita yan tiba-tiba ingin makan buah yang rasanya asam.Bahkan beberapa makanan yang tidak disukai tiba-tiba menjadi kegemaran akan tetapi mengidam bukan merupakan salah satu tanda pasti bahwa anda sedang memasuki kehamilan. Hal ini dikarenakan bisa saja terjadi karena PMS atau faktor lainnya.

Pingsan

Ibu hamil seringkali mengalami kelelahan ketika melakukan aktivitas. Bisa jadi menjadi tanda kehamilan apabila anda mengalami pingsan karena kadar jumlah gula di dalam tubuh yang rendah. Meskipun demikian bukan merupakan tanda kehamilan yang pasti dikarenakan pingsan dapat terjadi oleh siapapun yang mengalami gangguan kesehatan.

Anoreksia

Lebih sensitif terhadap bau bahkan menolak beberapa makanan tertentu. Biasanya dikaitkan dengan tanda-tanda awal kehamilan. Bahkan bau bisa menyebabkan rasa mual di awal awal kehamilan. Hanya saja ini  bukan merupakan tanda kehamilan pasti melainkan dapat terjadi karena adanya gangguan kesehatan yang berhubungan dengan anoreksia.

Mamae menjadi tegang

Tanda kehamilan yang tidak pasti selanjutnya adalah pembengkakan yang menyebabkan kelenjar montgomery tampak lebih jelas.Perubahan ukuran buah dada , lebih lembut dan lebih sensitif seringkali dihubungkan dengan kondisi ini.Hanya saja tidak semua kondisi ini dikategorikan awal kehamilan.

Itulah tanda kehamilan yang tidak pasti dialami oleh wanita , kondisi diatas dapat saja terjadi karena wanita mengalami gangguan kesehatan atau kondisi lingkungan lainnya. Bagi anda yang ingin pasti mengetahui kehamilan dapat menggunakan test kehamilan atau konsultasi dengan dokter . 

Loading...

Follow us