Mengetahui Tanda-Tanda Kemungkinan dan Pasti Hamil

4.86/5 (21)

 

Kehamilan merupakan perubahan fisik dan emosional yang dialami oleh wanita, sebelum kehamilan diketahui dengan adanya perubahan fisik yaitu perut membesar. Paling umum perubahan yang terjadi pada wanita adalah munculnya tanda-tanda kehamilan.

Tanda kehamilan dibedakan menjadi tiga yaitu tanda dugaan kehamilan atau dikenal dengan tanda tidak pasti kehamilan. Sedangkan untuk tanda kehamilan yang kedua adalah tanda kemungkinan kehamilan dimana kondisinya mendekati kehamilan pasti akan tetapi harus melakukan test kehamilan untuk dapat mendapatkan hasil yang akurat. Sedangkan yang ketiga adalah tanda pasti kehamilan.

Berikut ini adalah tanda-tanda kemungkinan kehamilan dan pasti kehamilan yang harus anda ketahui :

tanda pasti hamil

Tanda Kemungkinan Hamil , diantaranya adalah :

1.Tanda Hegar

Tanda hegar dapat diketahui pada saat kehamilan berusia 6-8 minggu dengan melakukan rangkaian test bimanual. Tanda ini diketahui ketika meletakan dua jari pada forniks posterior dan satu tangan lainnya di bagian dinding perut atas simpisis pubis. Kondisi ibu hamil maka akan terasa korpus uteri yang seakan terpisah dengan serviks karena istmus sangat lembek pada saat hamil.

2.Tanda Piskacek

Merupakan suatu pembesaran uterus dimana kondisi tidak rata hingga menonjol jelas dimana jurusan uterus mengalami pembesaran. Kondisi ini karena uterus tumbuh cepat pada tempat implantasi ketika wanita ham il .

3.Tanda Braxton Hicks

Kontraksi yang berlangsung tidak teratur dan tanpa mengalami nyeri disebut juga dengan kontraksi Braxton Hicks. Kontraksi ini menunjukan bahwa kehamilan bukan ektopik.

4.Tanda Ballotement dan Tanda Chadwick

Tanda ballotement yaitu kehamilan muda pada usia 20 minggu dimana air ketuban jauh lebih baik untuk janin. ketika uterus ditekan maka janin akan mengalami melenting di dalam uterus , kondisi inilah yang dinamakan ballottement .

5.Meraba bagian anak

6.Kondisi ini dapat dilakukan bila janin sudah mulai membesar meskipun kadang-kadang pada kondisi ini tidak semuanya dapat dikategorikan kehamilan. Daput pula menjadi pertanda tumor seperti myoma, fibroma atau tumor lainnya yang dapat menyerupai bentuk anak .

7. Hasil Test

Hasil test yang negatif belum tentu merupakan pertanda bahwa anda tidak hamil dapat pula dikarenakan masih belum mendapatkan haid atau terlalu dini melakukan test kehamilan.Anda dapat melakukan test di hari hari selanjutnya untuk mengetahui janin.

Sedangkan untuk tanda-tanda pasti kehamilan diantaranya adalah sebagai berikut :

1.Gerakan janin di dalam rahim

Pada tanda kehamilan secara pasti gerakan janin di dalam rahim akan teraba gerakan janin secara pasti bahkan akan mulai teraba juga bagian-bagian janin. Hanya saja untuk mengetahui gerakan janin di dalam rahim baru ditemukan saat kehamilan memasuki beberapa minggu, bukan tanda awal kehamilan .

2. Denyut Jantung Janin

Tanda pasti kehamilan ciri-cirinya adalah denyut jantung janin dapat didengar melalu stetoskop-monorae leanec kemudian dapat dicetak dan didengarkan alat doppler.Daput pula jantung janin dicetak mengguanakan dengan alat/foto elektro kardiogram. Terakhir dapat juga terdengar dan terlihat melalui USG .

Dengan demikian tanda-tanda kehamilan yang sudah umum diketahui oleh masyarakat sebagai kehamilan belum tentu merupakan kehamilan bisa saja kehamilan yang terjadi merupakan kondisi gangguan kesehatan, Untuk memastikan kehamilan anda, sebaiknya konsultasikan dengan bidan atau dokter kandungan . 

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply