Mengetahui Ciri-Ciri Sakit Amandel Pada Anak dan Orang Dewasa

4.67/5 (42)

Penyakit amandel seringkali menjadi permasalahan yang cukup kompleks dan seringkali dijumpai di masyarakat terutama pada anak-anak kecil.

Ya, penyakit dibagian tenggorokan ini seringkali menjadi satu masalah yang banyak dimaknai dengan keliru oleh sebagian besar orang. Banyak orang yang beranggapan bahwa sakit atau radang yang terjadi pada bagian amandel bukanlah masalah besar yang perlu dirisaukan. Sebaliknya kondisi ini seringkali dianggap sebagai hal biasa dan penyakit tersebut akan dapat sembuh dengan sendirinya.

Padahal nyatanya tak demikian. Setiap gangguan kesehatan yang terjadi dengan tubuh, sekecil apapun itu fatal akibatnya bila tidak segera ditangani atau tidak segera mendapatkan perhatian medis. Sebab kondisi ini akan menyebar dan menjalar ke seluruh tubuh sehingga memperburuk kondisinya dan bukan tidak mungkin kondisi yang sepele yang anda hadapi saat ini dapat menimbulkan gangguan masalah kesehatan lainnya.

Untuk itulah kurang bijak rasanya bila seseorang mengabaikan gangguan kesehatan yang dialaminya. Sebaliknya pergilah ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan atau hanya sekedar berkonsultasi bila anda merasakan ada sesuatu yang salah dengan tubuh anda. Pendeteksian dini yang dilakukan oleh dokter akan membuat segala penyakit akan lebih cepat dideteksi. Dengan demikian penanganannya pun akan bisa anda dapatkan dengan lebih cepat. Bila begini maka kemungkinan dari dampak lebih buruk dari penyakit tersebut akan bisa dihindari.

Sama halnya dengan penyakit amandel yang dirasakan saat ini. Amandel sebenarnya adalah nama dari dua buah organ yang terletak dibagian batang tenggorokan. Dua buah organ ini terbentuk sebagai jaringan kelenjar yang disebut dengan tonsil.

Ketika lahir semua orang memiliki dua buah kelenjar dengan bentuk oval ini dibagian tenggorokannya. Adapun fungsi dari kedua bagian organ tubuh ini adalah sebagai penghasil antibodi untuk kekebalan tubuh. Selain itu, fungsi dari bagian tubuh ini adalah untuk menyaring atau memfilter masuknya kuman dan bakteri kedalam tubuh melalui bagian pernapasan.

Sayangnya fungsi yang cukup penting, membuat bagian ini rentan sekali mengalami masalah dan bahkan terinfeksi dengan masuknya kuman atau bakteri kedalam tubuh. Ada cukup banyak faktor yang dapat menimbulkan masalah pada bagian amandel salah satunya adalah peradangan. Peradangan amandel sering disebut juga amandel itu sendiri atau dalam bahasa kedokteran penyakit ini dikenal dengan sebutan tonsilitis.

ciri ciri amandel

Pada kasus ini penderita yang paling banyak mengalami tonsilitis umumnya lebih banyak menyerang anak-anak. Akan tetapi demikian bukan tidak mungkin bahwa sebagian orang dewasa akan merasakan kondisi serupa bila bagian amandelnya bekerja terlalu keras.

Seiring dengan perkembangan usia, fungsi amandel sebagai organ yang menghasilkan antobodi ini akan mulai menurun dan digantikan dengan sistem kekebalan tubuh yang semakin kuat. Dengan begini perlahan-lahan tugas amandel akan digantikan dengan perlahan. Ketika peranannya sudah tak lagi dibutuhkan oleh tubuh, kedua kelenjar ini kemudian akan berangsur-angsur menyusut namun tidak menghilang sepenuhnya.

Adapun penyebab secara umum penyakit amandel atau tonsilitis sebagian besar adalah karena adanya infeksi virus, selebihnya disebabkan oleh bakteri. Mereka yang menderita penyakit tonsilitis atau peradangan amandel akan mungkin merasakan dampak yang cukup menganggu seperti halnya sakit kepala, nyeri dibagian tenggorokan pada saat menelan, batuk dan bahkan pada gilirannya demam adalah kondisi gangguan kesehatan yang akan sering muncul pada saat amandel kambuh.

Meski sebagian besar kasus tonsilitis tidak tergolong kedalam gangguan penyakit yang serius. Akan tetapi temuilah dokter jika anda atau anak anda mengalami gejala yang masa berlangsungnya lebih dari 4 hari atau tidak menunjukan tanda-tanda kondisi akan membaik atau bahkan gejala yang dirasakan berubah menjadi lebih buruk, kesulitan bernapas atau mungkin anda merasakan sama sekali kesulitan untuk makan.

Mengingat dampaknya yang cukup menganggu maka penting sekali untuk anda mewaspadai penyakit yang satu ini. Selain virus dan bakteri, pola hidup yang sehat dan bersih serta selalu memperhatikan kesehatan gigi dan mulut adalah langkah pencegahan paling ampuh yang bisa dilakukan.

Selain itu, bila anda mulai merasakan beberapa ciri-ciri gejala dibawah ini maka segeralah bawa ke dokter atau atur dan periksa kembali pola makan anda. Karena bisa jadi beberapa hal yang dirasakan tersebut merujuk pada tonsilitis atau radang dibagian amendel.

Ciri-Ciri Amandel Pada Anak dan Orang Dewasa

1. Sakit Menelan

Salah satu ciri yang dapat mengindikasikan adanya gangguan dibagian tenggorokan adalah dengan timbulnya perasaan nyeri atau sakit pada saat anda hendak menelan. Nah, ketika anda mulai merasakan kondisi ini maka sebaiknya waspadai mungkin ada gangguan dibagian tenggorokan anda.

Selain itu peradangan pada amandel selalu erat kaitannya dengan pembengkakan dibagian tersebut. Maka demikian ketika bagian tenggorokan bertemu dengan zat asing melewati bagian tersebut maka akan timbul rasa sakit. Rasa sakit ini bisa terjadi mulai dari tenggorokan, lidah bahkan hingga kebagian telinga. Karena itu kesulitan menelan makanan atau minuman bisa terjadi pada saat amandel meradang atau membengkak.

Untuk memastikan kondisi ini maka sebaiknya segeralah kunjungi dokter yang dekat dari rumah anda. Selain itu selama kondisi ini berlangsung sebaiknya hentikan mengkonsumsi makanan yang pedas atau mengandung pengawet. Karena hal ini bisa memperburuk kondisi yang dialami.

2. Sulit Pada Saat Menelan

Rasa sakit yang amat parah ketika menelan berbagai zat asing yang masuk kedalam bagian tenggorokan termasuk makanan dan minuman juga akan dapat mengurangi kemampuan tenggorokan. Hal ini pada umumnya disebabkan karena rasa sakit yang terlalu berat atau ketika amandel membengkakan akibatnya tidak ada ruang yang bisa dilewati oleh makanan. Dua amandel yang membengkak dan membuat celah tenggorokan menjadi lebih sempit akibatnya kondisi ini akan menyulitkan anda untuk menelan sesuatu.

3. Amandel yang Bengkak

Biasanya amandel tidak akan terlihat jelas ketika mulut dibuka. Apalagi pada beberapa orang yang mengalami kesulitan membuka mulut dan menampakan amandelnya. Mereka biasanya akan dibuat kesulitan menjulurkan lidah saat diminta menunjukan amandelnya. Akan tetapi ketika terjadi peradangan dibagian tersebut biasanya amandel akan terlihat membengkak.

Untuk itulah rasa sakit akan berkembang dari bagian tenggorokan hingga bagian sekitaran rahang. Pembengkakan adalah reaksi dari peradangan yang biasa disebabkan oleh adanya infeksi virus. Amandel juga akan bengkak ketika penderita sedang mengalami influenza atau radang tenggorokan .

Untuk itu sebaiknya segera kunjungi dokter dan periksakan kondisi ini. Dengan begini dokter akan meresepkan obat tertentu untuk memerangi virus dan bakteri yang masuk kebagian amandel sehingga kondisinya dapat menjadi lebih baik.

4. Timbulnya Bercak Putih Dibagian Amandel

Pada amandel yang normal warnanya akan terlihat merah muda dan hampir mirip dengan warna pada gusi dimulut anda. Akan tetapi berbeda dengan yang terjadi pada amandel yang mengalami masalah dan peradangan.

Untuk anak-anak atau remaja yang terkena tonsilitis maka amandel akan terlihat seolah ada bercak putih dibagian tersebut seperti bagian daging yang berubah warnanya.

Hal ini disebabkan karena adanya reaksi amandel yang memproduksi sebuah zat antibodi yang berusaha menangkal semua infeksi dari virus atau bakteri. Bercak putih ini biasanya akan muncul sebelum peradangan amandel menimbulkan perasaan sakit.

5. Sakit Dibagian Tenggorokan

Sakit dibagian tenggorokan biasanya muncul sebagian gejala awal dari adanya pembengkakan dibagian amandel. Rasa sakit dibagian iin terjadi ketika menelan, minum, ataupun pada saat menyantap makanan. Bahkan pada kondisi yang lebih buruk anda bisa akan merasakan sakit pada saat menelan ludah seperti biasanya. Rasa sakit ini terjadi ketika peradangan amandel memang membuat semua bagian tenggorokan termasuk bagian dalam menjadi tidak nyaman.

Akan tetapi pada sebagian kasus sakit dibagian tenggorokan juga bisa memungkinkan adanya penyakit lain seperti faringitis. Untuk itu untuk mengetahui dengan pasti kondisi kesehatan apa yang anda rasakan maka sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.

6. Demam

Tubuh yang demam adalah reaksi yang wajar ketika tubuh membentuk reaksi terhadap infeksi yang terjadi pada bagian tubuh. Pada kasus ini sebenarnya amandel memiliki fungsi untuk memfilter semua jenis kuman, bakteri dan virus agar tidak sampai kebagian tubuh. Akan tetapi kemudian ketika bagian amandel mengalami peradangan maka virus dan bakteri justru akan menyerang si tubuh itu sendiri.

Demam akibat timbulnya peradangan dibagian amandel bisa mencapai lebih dari 38 derajat Celcius. Kondisi ini mungkin akan membuat si penderita dibuat kepayahan dengan demam tinggi dan perasaan panas yang tidak nyaman. Untuk itulah sebaiknya segera bawa kondisi ini ke dokter untuk menghindari demam dengan suhu yang lebih meningkat.

7. Suara Serak atau Terdengar Berat

Pembengkakan dibagian amandel juga bisa mengakibatkan efek yang cukup berat terhadap bagian pita suara yang letaknya dibagian dalam tenggorokan. Rasa sakit yang ditimbulkan dari peradangan ini akan secara langsung memberikan dampak pada bagian pita suara.

Kondisi inilah yang akan memungkinkan penderita radang amandel mengalami suara yang serak. Bila kondisi ini terjadi pada anak-anak mereka akan cenderung rewel atau bahkan bisa kehilangan suara untuk sementara waktu.

Ketika hal ini terjadi pada anak-anak orangtua mungkin akan dibuat pusing dengan rengekan dan anak-anak yang rewel. Untuk itu sebaiknya konsultasikan kondisi ini pada dokter agar penanganannya lebih tepat.

8. Kelenjar Getah Bening dan Leher yang Bengkak

Penyebab benjolan yang terdapat dibagain leher yang paling banyak dikhawatirkan oleh bayak orang adalah timbulnya amandel yang meradang. Terdapat kelenjar getah bening yang terdapat pada bagian terggorokan.

Ketika amandel meradang dan membengkak maka kondisi ini dapat menyebabkan bagian kelenjar getah bening tersebut terlihat membesar. Apabila disentuh atau diraba dengan lembut akan terasa bagian ini sedikit lebih membesar. Meskipun ini adalah salah satu tanda yang jarang diperhatikan akan tetapi sebaiknya jangan terlalu sering menekan bagian tersebut.

9. Timbulnya Bau Mulut

Penderita amandel bisa pula bermasalah dengan napas yang tidak sedap dan mulut yang tercium bau. Virus yang menyerang pada bagian amandel seperti jenis virus streptokokus pyogenes akan berkembang dibagian amandel dan juga pada bagian tenggorokan.

Hal ini menyebabkan bakteri yang berkembang pada bagian amandel akan merangsang air liur dan zat kimia yang terdapat pada lidah dan gigi. Dengan demikianlah kondisi ini dapat menyebabkan bau yang tidak sedap yang dikeluarkan seiap kali mengehembuskan napas dari muult.

10 Timbulnya Sakit Dibagian Kepala

Peradangan yang terjadi dibagian kepala dapat menyebabkan timbulnya sakit atau nyeri dibagian kepala. Kondisi ini sebenarnya bisa terjadi karena pengaruh beberapa faktor. Seperti halnya sakit yang menjalar dibagian tenggrokan, leher hingga ke kepala.

Dalam hal ini tubuh tidak mendapatkan nutrisi yang tepat sesuai dengan kebutuhannya dan kondisi ini umumnya akan menjadi lebih parah pada saat penderita mengalami influenza pada saat bersamaan dimana amandel membengkak atau meradang.

Ketika timbul sakit kepala sebaiknya cobalah untuk tidak terlalu sering mengkonsumsi obat-obatan setiap kali anda merasakan nyeri dibagian tersebut. Sebaliknya cobalah tenang dan dapatkan istirahat yang cukup.

Bila kondisi ini tidak kunjung membaik maka cobalah dengan mendinginkan kepala dengan menggunakan es batu dengan menggunakan lap. Kondisi yang tegang dengan beban pikiran yang menumpuk akan membuat kondisi ini semakin memburuk dan sulit diatasi.

11. Sakit Dibagian Perut

Kondisi ini sebenarnya adalah dampak dari sulitnya makan pada saat tenggorokan mengalami rasa sakit ketika menelan. Untuk itulah anak-anak atau remaja yang mengalami radang tenggorokan akan mengeluhkan sakit perut.

Hal ini dikarenakan tubuh yang tidak mendapatkan makanan dan tidak diisi karena tenggorokan yang terasa sakit, maka akan menimbulkan perasaan nyeri dibgian perut. Ketika kondisi in terjadi maka mungkin dampaknya akan pula terjadi pada penurunan berat badan.

Untuk mensiasati hal ini maka sebaiknya konsumsilah makanan dalam bentuk yang halus dan lembek yang memungkinkan anda lebih mudah menelan. Selain itu hindari memberikan makanan dengan kandungan garam atau perasa gurih yang terlalu berlebihan karena digadang-gadang bahan-bahan tersebut akan membuat peradangan dibagian amandel menjadi lebih buruk.

12. Leher yang Terasa Kaku

Rasa sakit dibagian amandel atau tonsil akan juga dapat menyebabkan leher menjadi sangat kaku. Kondisi ini mungkin akan berubah menjadi lebih parah ketika si penderita mengalami sakit kepala dan juga demam.

Pada kondisi ini leher dapat menajdi begitu kaku karena infeksi yang terjadi pada bagian amandel dapat menyebabkan tekanan pada syaraf yang bekerja dibagian sekitar leher hingga ke bagian kepala. Pada intinya rasa sakit akibat amandel yang meradang akan menjalar hingag ke semua bagian leher sampai kebagian kepala.

Dengan demikian kondisi ini mungkin akan menimbulkan perasaan yang tidak nyaman dan membuat anda kesulitan menggerakan leher seperti pada kondisi yang normal.

Untuk mengatasi hal ini maka sebaiknya cobalah untuk beristirahat dan tidak melakukan pekerjaan yang terlalu berat. Sebaliknya aturlah posisi tidur anda dengan menempatkan bantal dengan posisi lebih tinggi dari dada anda. Selain itu untuk membuat anda merasa lebih nyaman dengan perasaan kaku pada bagian leher maka cobalah mendekatkan air hangat yang dimasukkan dalam botol kebagian leher.

13. Sakit dibagian Telinga

Telinga dan tenggorokan saling berkaitannya termasuk ketika bagian tenggorokan mengalami gangguan yang menimbulkan rasa sakit maka perasaan yang sama akan mungkin dirasakan hingga kebagian kuping. Begitupun sebaliknya pada saat anda merasakan sakit dibagian telinga maka dampaknya bisa pula dirasa hingga kebagian tenggorokan.

Akan tetapi tak perlu khawatir pada saat bagian tenggorokan mengalami masalah dan menimbulkan sakit hingag kebagian telinga kondisi ini biasanya akan dapat berangsur membaik dengan sendirinya.

14. Mendengkur

Gejala amandel yang mungkin tidak banyak disadari adalah mendengkur. Mendengkur bisa menjadi kebiasaan buruk yang mengganggu. Apalagi saat anda tidur bersama dengan orang lain seperti dengan adik, teman ataupun bersama dengan pasangan.

Bukan hanya itu pada saat anda menyadari bahwa anda adalah seorang pendengkur yang mengganggu orang lain maka mungkin hal ini bisa menimbulkan perasaan yang canggung dan tak jarang anda mungkin akan merasa malu.

Pada penderita radang amandel mendengkur bisa terjadi karena bagian tenggorokan yang mengalami penyempitan akibat pembengkakan amandel.

Demikianlah beberapa ciri amandel yang penting untuk diketahui. Saat merasakan salah satu cirri dari gejala diatas maka sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter. 

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply