Melahirkan di Pesawat, Tak Siap Hingga Harus Mendarat Darurat

Inilah kejadian langka yang terjadi baru-baru ini. Seorang wanita sebagai penumpang melahirkan di pesawat. Peristiwa ini memaksa pesawat untuk mendarat darurat. Inilah yang terjadi saat harus mendarat darurat.

Melahirkan merupakan proses alamiah yang terjadi pada setiap wanita. Proses melahirkan alamiah yang dimaksud adalah ketika terjadinya kontraksi dan mendorong bayi keluar melalui jalan lahir. Adapun untuk beberapa kondisi, proses melahirkan dapat dilakukan dengan jalan operasi yang dikenal dengan istilah persalinan caesar. Meskipun demikian dua proses melahirkan ini berkembang untuk membantu memberikan kenyamanan untuk ibu dan bayi.

Perkembangan pengetahuan untuk membantu proses melahirkan terus berkembang. Salah satunya adalah dengan menggunakan media air. Persalinan dengan menggunakan media dimaksudkan untuk mengurangi rasa sakit, memberikan rasa rileks dan memperkecil resiko persalinan. Bahkan untuk membantu ibu mendapatkan rasa rileks beberapa negara maju sudah mengembangkan persalinan di rumah ibu hamil dengan bantuan tenaga dan alat medis yang dibutuhkan.

8

Nah apa jadinya jika proses ibu melahirkan yang sudah anda rencanakan jauh-jauh hari justru terjadi di tempat yang tidak terduga. Inilah kisah seorang penumpang pesawat dengan jalur penerbangan Jeddah-New York. Peristiwa langka melahirkan di pesawat yang terjadi di bulan juni lalu menghebohkan media. Untung saja semua dapat bisa ditangani dengan kesigapan dari petugas pesawat Boeing 777, Saudi Arabia Airlines dengan nomor penerbangan SV21.

Kejadian penumpang wanita yang melahirkan di pesawat menjadi sorotan media. Bahkan peristiwa yang terjadi pada hari Rabu, 15 Juni 2016 diliput oleh beberapa media internasional, salah satunya yaitu Daily Mail. Peristiwa langka ini terjadi ketika berada ditengah perjalanan yang mengantarkan pesawat dengan penerbangan Jeddah- NewYork.Bahkan pesawat terpaksa mendarat darurat ketika berada di Irlandia Utara.

Pesawat mendarat darurat setelah petugas yang bertanggung jawab dengan nomor penerbangan SV21 mengajukan izin mendarat darurat di bandara terdekat. Setelah menyatakan kode darurat, akhirnya pesawat diizinkan untuk mendarat darurat di Bandara Heathrow, London Inggris. Apabila melihat rute penerbangan, pesawat jenis Boeing 777 ini melakukan putar balik dari tujuan semuala. Kondisi ini dilakukan pilot dengan baik sehingga mendarat dengan selamat di London.

Pesawat yang mengudara dari Bandara Internasional King Abdulaziz, Jeddah, Arab Saudi yang terpaksa mendarat darurat karena seorang wanita yang melahirkan selamat sesuai dengan rencana awak kabin. Selain itu ibu dan anak dari peristiwa ini mendapatkan pertolongan medis, untungnya keduanya selamat. Bahkan usai melahirkan nampak foto awak kabin dan seorang bayi yang posting di social media.

Beberapa akun di social media yang menggambarkan keharuan dan kegembiraan atas kelahiran bayi di pesawat ini menjadi heboh. Padahal melahirkan di pesawat bukan yang pertama kalinya terjadi di dunia, pada bulan April 2016, ibu melahirkan di pesawat maskapai Jestar Asia. Ibu dan bayi tersebut dinyatakan selamat, lalu sang ibu memberi nama anaknya Saw Jet Star. Bahkan di tahun sebelumnya 2015, Maskapai Air Canada menjadi saksi kelahiran seorang bayi. Dimana seorang penumpang melahirkan seorang bayi perempuan.

Meskipun beberapa maskapai siap dan tanggap memberikan penanganan bagi penumpang yang membutuhkan pertolongan medis, seperti ketika seorang wanita melahirkan akan tetapi beberapa test kesehatan sebelum penerbangan harus tetap dilakukan. Bahkan menurut pejabat yang bertanggung jawab maskapai pesawat Boeing 777, Saudi Arabia Airlines dengan nomor penerbangan SV21 telah melakukan pemeriksaan kesehatan termasuk penumpang wanita hamil yang lulus persyaratan.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply