Manfaat Aromaterapi Bagi Ibu Hamil


Manfaat aromaterapi bagi ibu hamil sebagai berikut :

1.  Pada Kulit anda melalui pijatan lembut

Minyak esensial dapat anda campurkan dengan cara mengambil satu sendok teh minyak esensial  seperti biji anggur atau minyak almond manis dengan dua sendok air. Kemudian anda oleskan pada bagian area tubuh yang diinginkan bagian tubuh seperti kaki, bahu atau perut adalah bagian yang banyak mengalami perubahan sehingga memijat dapat membantu anda dalam memberikan rileksasi yang luar biasa, lakukan pijatan lembut karena dengan cara ini minyak dapat diserap ke dalam aliran darah Anda melalui kulit Anda. Meskipun selama kehamilan anda mengalami perubahan seperti mengalami kulit yang lebih sensitif sehingga penggunaan dapat dihentikan.

2.  Pewangi alami untuk menyegarkan udara ruangan

Minyak esensial dapat anda gunakan di dalam ruangan untuk memberikan udara segar ketika anda bernafas. Minyak esensial yang digunakan untuk bernafas dapat membantu anda dalam melancarkan aliran darah. Anda dapat menyimpan langsung secara alami di ruangan yang anda gunakan untuk rileksasi. Bahan kimia alami dalam beberapa minyak esensial memberikan manfaat yang berbeda, untuk anda yang ingin mendapatkan tidur yang berkualitas, terhindar dari rasa khawatir yang berlebih dan juga menurunkan tekanan darah dapat menggunakan minyak esensial seperti lavender di dalam kamar tidur anda. Apalagi untuk ibu hamil yang sering mengalami gangguan tidur karena kekhawatiran dan perubahan fisik lainnya.

3.  Membantu mood (suasana hati) pada ibu hamil

Molekul minyak esensial sangat kecil sehingga mudah diserap oleh tubuh Anda. Bagi anda yang sedang hamil menggunakan produk aromaterapi di pagi hari seperti beberapa produk kosmetik dapat membantu mood (suasana hati) lebih baik. Bagi anda yang sedang hamil menggunakan minyak  esensial  dapat digunakan dengan cara mengompres kaki yang bengkak atau bagian punggung untuk memberikan rileksasi kepada otot-ototnya selama masa kehamilan.

Adapun beberapa sumber minyak esensial  yang dapat anda gunakan untuk meredakan perubahan fisik dan psikis selama kehamilan adalah :

  1. Lada hitam untuk sakit dan nyeri
  2. Peppermint untuk mengurangi gejala mual dan muntah ( morning sickness )
  3. Lavender untuk  sakit kepala
  4. Cemara untuk mengurangi  pergelangan kaki bengkak dan tumpukan
  5. Minyak jeruk mandarin untuk mengurangi sembelit

Pada umumnya semua minyak esensial memiliki kualitas antibakteri. Beberapa, seperti minyak yang berasal dari pohon teh efektif terhadap virus dan dapat membantu untuk mencegah atau mengobati pilek. Selain itu penggunaan arometarapi dapat anda gunakan ketika sedang persalinan. Pengharum alami yang berasal dari aromaterapi akan membantu suasana ruangan lebih rileks dan menghindari kekhawatiran yang berlebih selama masa persalinan anda. Anda juga bisa melalukan perawatan pijat aromaterapi dalam minggu-minggu sebelum Anda melahirkan. Sebuah penelitian menemukan bahwa pijat secara teratur dapat mengurangi rasa sakit selama persalinan. Meskipun demikian pemijatan harus dilakukan oleh orang ahli atau spa kehamilan yang telah mendapatkan sertifikasi tertentu karena melakukan pemijatan harus mengenali beberapa titik yang justru harus dihindari dalam pemijatan untuk menjaga perkembangan janin anda.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel