Makanan Ibu Hamil Agar Anak Cerdas dan Pintar

4.88/5 (34)

Makanan Ibu Hamil Agar Anak Cerdas – Kecerdasan bayi dan kesehatan mental bayi dapat dibentuk ketika masih dalam kandungan. Berdasarkan penelitian, semakin baik ibu hamil merawat diri dan memperhatikan kehamilan, maka semakin baik pula perkembangan otak janin.

Dari keseluruhan organ janin, faktanya bagian otak yang paling terpengaruh dari gaya hidup ibu, terutama makanan yang dikonsumsi. Nah, agar si kecil cerdas sejak dalam kandungan bunda bisa mengkonsumsi beberapa makanan sehat dan bermanfaat. Diketahui ada beberapa makanan ibu hamil agar anak cerdas dan pintar. Untuk aneka resep makanan lainnya bunda bisa mengunjungi web Selerasa

Makanan Ibu Hamil Agar Anak Cerdas dan Pintar

Memiliki anak cerdas dan pintar menjadi dambaan semua orangtua. Anak cerdas tidak bisa terlepas dari peran orangtua. Anda bisa membantu anak agar cerdas sejak dalam kandungan dengan mengkonsumsi beberapa makanan ibu hamil agar anak cerdas seperti berikut.

Makanan Ibu Hamil Agar Anak Cerdas

Telur Ayam

Telur ayam merupakan makanan yang umum dan mudah didapatkan. Meskipun begitu, bahan makanan yang satu ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk bermanfaat untuk kehamilan. Telur mengandung protein yang tinggi, juga menjadi sumber makanan yang kaya akan kandungan kolin. Kolin memiliki peran yang penting terhadap pertumbuhan otak janin dalam kandungan. Selain itu, kolin juga mampu membantu menurunkan risiko cacat bawaan pada bayi. Karena kandungan kolin terdapat pada bagian kuning telur, maka saat mengkonsumsi telur pastikan anda mengkonsumsinya secara utuh jangan hanya bagian putihnya saja.

Daging Tanpa Lemak

Daging tanpa lemak menjadi sumber protein, juga kaya akan kandungan vitamin B dan zat besi. Tahukah bunda? Protein dibutuhkan oleh ibu hamil dalam membantu perkembangan janin dalam kandungan, juga bermanfaat untuk pertumbuhan otot. Sedangkan kandungan vitamin B dapat membantu perkembangan otak, juga jaringan tubuh yang lainnya. Sementara zat besi dapat mencegah terjadinya persalinan bayi prematur dan bayi dengan berat badan rendah.

Kacang-Kacangan

Kacang menjadi sumber makanan yang kaya akan kandungan magnesium. Magnesium bermanfaat untuk membantu perkembangan sistem saraf pada bayi yang dikandung, juga dapat mengurangi risiko terjadinya persalinan prematur. Dalam seperempat kacang almond terkandung sekitar 98 miligram magnesium. Tidak hanya itu, dalam kacang banyak terkandung serat, protein, asam lemak omega 3 dan vitamin juga mineral yang lainnya. Anda bisa menjadikan kacang sebagai cemilan atau dicampur dengan makanan favorit anda.

Sayuran Berdaun Hijau

Makanan ibu hamil agar anak cerdas selanjutnya yaitu sayuran berdaun hijau. Antioksidan terkandung dalam sayuran berdaun hijau yang akan membantu melindungi jaringan otak janin agar tidak terjadi kerusakan. Tidak hanya sayuran berdaun hijau saja, sumber antioksidan tinggi lainnya seperti tomat dan pepaya jangan anda abaikan. Hal yang penting untuk diperhatikan yaitu, cuci buah-buahan atau sayuran hingga bersih sebelum anda konsumsi.

Polong-Polongan

Bukan hanya daging tanpa lemak saja, polong-polongan juga merupakan sumber makanan yang mengandung tinggi zat besi. Untuk ibu hamil sendiri, zat besi penting dalam menjaga asupan oksigen pada janin. Asal bunda tahu, kurangnya oksigen akan menghambat pertumbuhan fisik janin, salah satunya otak.

Salmon

Salmon dan ikan laut lainnya mengandung asam lemak omega 3 yang berperan untuk mendukung perkembangan saraf otak janin yang anda kandung. Meskipun begitu, anda harus memperhatikan konsumsi ikan laut. Konsumsi ikan laut sebaiknya dibatasi untuk menghindari risiko keracunan merkuri. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan anda mengenai porsi yang tepat untuk konsumsi ikan.

Yoghurt

Energi yang lebih banyak dibutuhkan oleh janin yang sedang berkembang dalam kandungan untuk pembentukan dan kematangan sel saraf. Yoghurt merupakan sumber protein yang baik bermanfaat untuk memberikan energi tambahan. Tidak hanya itu, dalam yoghurt terkandung kalsium dan yodium yang memang dibutuhkan pada masa kehamilan

Buah Beri

Selama masa kehamilan, penting bagi ibu hamil untuk rutin mengkonsumsi buah-buahan. Anda dapat memasukan beberapa buah-buahan ke dalam daftar buah favorit anda seperti bluebery, strawbery dan raspberry. Bukan hanya rasanya saja yang segar, buah ini juga akan membantu mengoptimalkan pembentukan sistem saraf pada janin. Buah beri tinggi akan kandungan antioksidan yang akan membantu melindungi jaringan otak janin dari radiasi dan akan menjadikan otak janin lebih sehat sehingga nantinya anak akan menjadi lebih pintar.

Suplemen Minyak Ikan

Kandungan omega-3 DHA/EPA memiliki manfaat penting untuk otak. Hanya saja, banyak ibu yang mengabaikan konsumsi suplemen ini. Anda sebaiknya mengkonsumsi suplemen minyak ikan salmon yang kaya akan kandungan omega-3 DHA/EPA. Anda dapat melakukannya terutama saat trimester kehamilan akhir, dimana pada saat itu otak janin berkembang pesat dan membutuhkan banyak omega-3.

Produk Susu

Dalam produk susu terkandung aneka vitamin seperti vitamin B, zat besi dan magnesium. Dengan minum susu, tulang ibu dan bayi akan tetap terjaga dengan kuat. Selain itu, ada juga kandungan probiotik sehingga dapat terhindar dari zat anti alergi, bakteri dan infeksi.

Ubi

Ubi ternyata mengandung vitamin A yang memiliki peran penting untuk membangun sel sehat pada janin. Anda dapat merebus ubi dan mengkonsumsinya setiap pagi untuk sarapan.

Alpukat

Alpukat mengandung banyak lemak, meskipun begitu kandungannya bukanlah lemak jenuh. Selain itu, buah alpukat juga mengandung banyak vitamin K, vitamin B dan vitamin K.

Agar Anak Cerdas Sejak Dalam Kandungan

Selain mengkonsumsi makanan agar anak cerdas dan pintar sejak dalam kandungan, ada juga beberapa hal yang dapat anda lakukan agar buah hati anda cerdas sejak masih dalam kandungan seperti berikut ini.

Menghindari Lingkungan yang Berbahaya

Selama kehamilan penting bagi anda untuk menghindari paparan zat kimia maupun radiasi. Jika memungkinkan anda juga harus menghindari polusi. Banyak penelitian yang membuktikan jika zat kimia yang berbahaya akan mencemari plasenta.

Hindari Minum Alkohol

Konsumsi alkohol dalam jumlah yang banyak akan menyebabkan kerusakan yang serius pada otak janin yang anda kandung. Keadaan ini disebut dengan sindrom alkohol pada janin. Penting selama kehamilan untuk menghindari alkohol. Sudah terbukti, alkohol dapat menembus plasenta yang dapat dikonsumsi oleh janin dalam kandungan.

Hindari Konsumsi Obat yang Tidak Perlu

Selama kehamilan sebaiknya hindari obat-obatan yang tidak perlu atau obat tanpa resep dari dokter. Jika anda harus minum obat, tentu  harus sesuai resep dari dokter.

Hindari Rokok

Merokok akan berbahaya untuk janin. Dengan merokok akan dapat membatasi aliran darah  menuju otak janin dalam kandungan yang sedang berkembang. Agar bayi yang anda kandung cerdas dan pintar, anda juga sebaiknya minta suami agar tidak merokok jika sedang bersama anda.

Hindari Stres

Jika anda stres berkepanjangan maka dapat melemahkan sistem imun bayi. Tingginya kadar hormon stres bisa juga masuk ke dalam jaringan otak bayi dalam kandungan. Tentunya ini akan mengganggu perkembangan otak bayi anda. Penting untuk menghindari pekerjaan berat yang dapat memicu stres. Sebaiknya lakukan hal-hal yang akan membuat bunda rileks.

Memperhatikan Tekanan Darah

Apabila tekanan darah anda tinggi, maka aliran darah pada bayi melalui plasenta akan menjadi kurang efisien. Maka penting untuk memperhatikan tekanan darah bunda.

Demikian beberapa makanan ibu hamil agar anak cerdas dan pintar. Semoga bermanfaat.

Artikel ini di review oleh Bidan Pevi Revina sTR.Keb

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel