data-ad-format="auto"

Ketahui Jenis Penyakit Paru yang Terjadi Akibat Kebiasaan Merokok

Kita dan semua tentu sudah paham betul, bahwa rokok identik dengan penyebaran racun.

Rokok dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, bila dihirup, asapnya akan seolah seperti sebuah pil racun yang sengaja anda konsumsi untuk merusak seluruh organ dalam tubuh dan membahayakan kesehatan, terutama masalah kesehatan yang berhubungan dengan sistem pernapasan. Merokok akan dapat menyebabka stres dibagian saluran pernapasan, baik yang terjadi dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Sayangnya, saat ini rokok sudah menjadi bagian dari kebiasaan dan gaya hidup sebagian besar masyarakat, terutama masyarakat laki-laki. Sehingga amat sulit untuk dikendalikan, kecuali adanya kesadaran dari si perokok itu sendiri untuk setidaknya mengurangi intensitas merokoknya.

Dampak yang ditimbulkan dari merokok bukan hanya datang dari si perokok itu sendiri, akan tetapi orang-orang yang juga berda disekeliling si perokok akan juga mencicipi dampak bahanya ketika menghirup kepulan asap yang beterbangan diudara, merekalah yang disebut dengan perokok pasif.

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

Kerugian dari merokok bukan hanya akan menyerang dan menyebabkan gangguan kesehatan saja. Akan tetapi, juga menyebabkan masalah finansial yang berujung pada timbulnya berbagai masalah. Bagi perokok berat yang sudah begitu adiktif, mereka akan dapat menghabiskan puluhan batang rokok pada setiap harinya. Kondisi ini tentunya akan terjadi secara bertahap.

Dari seorang perokok yang biasa, lama kelamaan kebiasaan ini akan membuat jumlah rokok yang mereka habiskan akan terus bertambah dan bertambah. Dengan begini, tentunya budget yang dikeluarkan untuk membeli rokok dan memuaskan hasrat merokoknya tentu akan semakin banyak. Lantas akan berapa besar lagi jumlah budget yang harus mereka keluarkan untuk membeli rokok dan memuaskan hasratnya?

Tidak masalah memang, selama si perokok tersebut senantiasa memiliki budget yang cukup untuk membeli rokok, akan tetapi pada sebagian perokok yang mengalami masalah finansial, kondisi ini tentu akan menimbulkan masalah dan bukan tidak mungkin, orang yang bersangkutan akan melakuakn segala cara agar bisa menghasilkan uang untuk merokok, yang mana ini artinya resiko ancaman kejahatan akan semakin besar.

penyakit paru akibat merokok

Selain itu, dampak yang paling mengkhawatirkan dari kebiasaan merokok yang dilakukan oleh sebagian orang adalah tidak adanya toleransi terhadap oranglain yang bukan perokok. Misalkan, ketika seorang perokok berada di fasilitas publik dimana didalamnya terdapat orang lain yang mengalami resiko rentan terhadap bahaya asap rokok seperti halnya anak bayi, orang yang memiliki masalah sistem pernapasan dan lainnya akan tentu saja semakin berbahaya untuk mereka. Belum lagi, masalah lain yang juga tak kunjung ditemukan solusinya adalah si perokok tidak bisa menyesuaikan dirinya dengan orang lain di lingkungan publik.

Bahaya latin dari kebiasaan merokok adalah erat kaitannya dengan timbulnya penyakit pernapasan. Salah satu jenis penyakit pernapasan yang sering mengancam adalah penyakit paru-paru. Penyebab dari kepulan asap rokok akan membuat bagian paru-paru menjadi kotor, kondisi inilah yang dapat menandakan bahwa paru-paru anda mulai rusak.

Perumpaan yang dapat menggambarkan hal tersebut terjadi adalah langit-lagit dapur. Langit-langit yang bersih, dengan terus terkena asap dari penggorengan akan berangsur mulai kotor dan menghitam akibat asap yang ditimbulkan dari kegiatan memasak. Begitu pula yang terjadi sewaktu anda menghirup asap rokok. Kebiasaan buruk ini akan membuat paru-paru yang tadinya bersih menjadi tercemar dan lama-kelamaan akan membuat paru-paru anda semakin kotor dan tercemar.

Kondisi paru-paru yang tercemar akan rentan meningkatkan bagian ini terserang dengan banyak masalah atau penyakit. Akibatnya, kondisi ini akan juga berpengaruh terhadap kesehatan anda.

Sebenarnya ada begitu banyak jenis penyakit yang bisa disebabkan oleh kepulan asap rokok, tidak hanya terjadi pada bagian paru, umumnya tidak ada satupun organ dalam tubuh yang tidak terpengaruh oleh asap rokok, karena hampir seluruh bagian tubuh bisa rusak oleh asap rokok yang masih kedalam tubuh.

Akan tetap, kali ini kita akan bahas bahaya asap dan kebiasaan merokok yang dapat menimbulkan masalah untuk kesehatan terutama pada bagian paru. Seperti apa? Kita simak dibawah ini.

Penyakit Paru yang Timbul dari Kebiasaan Merokok

1. Pneumonia

Pneumonia adalah jenis penyakit paru-paru yang dapat menyebabakan adanya inflamasi atau peradangan dibagian paru. Hal ini dikarenakan bagian tersebut mengalami infeksi. Infeksi yang terjadi bisa disebakan oleh beberapa mikroorganisme kecil seperti virus, bakteri, jamur atau parasit.

Merokok dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh karena seringkali mengundang infeksi saluran pernapasan. Bersamaan dengan melemahnya bagian bronkus dan paru-paru, gangguan imunitas ini akan dapat mempermudah paparan bakteri dan mikroorganisme tersebut seperti virus pneumoia akan dapat masuk dan mengendap dibagian paru-paru, akibatnya akan dapat merusak jaringan paru-paru.

2. Emfisema

Emfisema adalah jenis penyakit paru-paru yang terjadi akibat adanya kerusakan kantung udara (alveolus) dibagian paru-paru sehingga akibatnya akan dapat mengganggu sistem pernapasan.

Zat-zat yang berbahaya seperti halnya asap rokok yang masuk kedalam tubuh akan dapat merusak dinding kantung udara. Kerusakan ini akan semakin bertambah parah, bila kebiasaan merokok semakin memburuk.

Perlu diketahui, kebocoran kantung udara paru-paru akan dapat menyebabkan paru-paru tidak akan dapat mengisi udara segar dengan sempurna sehingga kondisi ini akan mempengaruhi suplai oksigen kebagian seluruh tubuh.

Kondisi penyakit ini akan dapat menyebabkan pernapasan menjadi sangat terngganggu, napas anda pun akan terasa lebih sesak dan muncul gangguan lain seperti kelelahan karena bagian paru harus bekerja ekstra dalam menyuplai oksigen.

3. Bronkitis

Bronkitis adalah sebuah penyakit paru yang dapat menyebabkan peradangan dibagian membran mukus pada bronkus. Bronkus adalah saluran udara dari trakea atau batang tenggorokan kebagian paru-paru. Penyakit bronkitis sendiri dibagi kedalam dua bagian yakni bronkitis akut dan bronkitis kronis.

Iritasi yang terjadi dibagian saluran udara atau bronkus ini bisa terjadi akibat adanya kepulan asap rokok yang terjadi secara bertahap pada seorang perokok. Kebiasaan menghisap asap rokok ini akan masuk kedalam saluran pernapasan dan membuat bronkus menghasilkan respon peradangan dan lendir yang berlebihan, yang tidak mampu untuk dapat dihilangakn secara alami oleh silia (rambut halus pada bagian lapisan mukus) yang telah rusak. Akibatnya adalah penderita akan sering mengalami batuk yang mendorong dahak yan menghambat bagian pernapasan.

Perlu anda ketahui, bahwa bronkitis merupakan bentuk awal dari Penyakit Obstruktif Kronik (PPOK) yang akan dapat berakibat fatal, terutama bila anda tidak segera mendapatkan pertolongan medis, bahaya bisa mengancam jiwa.

Untuk itulah, langkah terbaik untuk menghindari segala ancaman penyakit pernapasan lain dalam kondisi yang lebih buruk adalah dengan menghentikan kebiasaan merokok yang anda lakukan saat ini.

4. Kanker Paru-Paru

Kanker paru-paru adalah jenis penyakit paru yang timbul dengan gejala adanya pertumbuhan sel secara tak terkendali yang letaknya dibagian paru-paru. Kondisi ini seringkali disebabkan karena mengendapnya kepulan asap dibagian tersebut.

Adapun mekanisme karsiogenis (pembentukan sel kanker) merupakan serangkaian proses yang cukup kompleks. Faktor-faktor lain yang dapat meningkatkan penyakit ini terhadap seseorang diantaranya adalah stres oksidatif yang cukup tinggi, faktor kekebalan tubuhh dan yang paling penting adalah kebiasaan merokok yang cukup tinggi dalam meningkatkan resiko si pendeirta terkena kanker paru-paru.

Demikianlah beberapa jenis penyakit paru yang bisa timbul akibat kebiasaan merokok. Semoga bermanfaat dan menjadi bahan pertimbangan anda untuk segera menghentikan kebiasaan merokok.

Loading...

Follow us