Ini 5 Akibat Jika Tak Bersihkan “Make-Up” Sebelum Tidur


Berikut ini ada beberapa dampak buruk dari kebiasaan tak rajin membersihkan make-up menjelang tidur :

1.    Kulit Kemerahan

Seorang ahli dermatoligis London Cinic,  Dr. Stefanie Williams mengungkapkan tidak menghapus riasan make-p saat tidur akan menyebabkan kulit kemerahan. Kulit kemerahan adalah gejala dari kulit iritasi. Make-up akan memungkinkan bahan yang menyebabkan iritasi terkunci pada kulit. Hal tersebut dapat memperburuk reaksi alergi dan menurunkan kelembapan kulit.

2.    Kulit Kering

Kebiasaan tak membersihkan make-up saat menjelang tidur dapat menyebabkan tekstur permukaan kulit 10 persen lebih buruk. Bila posisi tidur lebih banyak menggunakan posisi sebelah kanan, maka area kulit dibagian tersebutlah beresiko 20 persen lebih buruk dibandingkan area kulit di sebelah kiri. Hal tersebut dipicu karena sedikitnya jumlah oksigen yang diperoleh oleh lapisan kulit. Karena pasokan oksigen pada pori-pori kulit terhambat oleh lapisan make-up yang masih melapisi kulit. Dan hal tersebut tentunya merugikan kulit. “Bukan saja mengeringkan lapisan permukaan kulit. Lapisan make-up yang masih menempel pada wajah juga menghalangi proses regenerasi kulit yang dapat berakibat buruk bagi kulit anda” tutur Stefanie Williams.

3.    Kulit Mudah Berkerut

Kulit yang kering menyebabkan kerutan mudah terlihat diarea sekitaran wajah. Hal tersebut bisa terjadi pada para pengguna make-up yang enggan membersihkan wajahnya sebelum tidur. Stefanie mengungkapkan “saat kuli kering, elastisitas kulit menjadi berkurang. Sehingga kerutan pada wajah akan semakin menonjol.” Keringnya kulit juga dapat disebabkan oleh polutan lingkungan yang menempel pada make-up. Alhasil, kulit terserang oleh radikal bebas yang dapat merugikan kesehatan anda. Partikel-partikel berukuran mini ini akan menyebabkan beragam kerusakan pada bagian struktur sel. Polutan juga dapat menyebabkan menurunnya produksi kolagen. Kolagen adalah indikator yang menentukan elastisitas kulit. Minimnya produksi kolagen juga dapat menyebabkan kulit wajah mudah berkerut. Hal tersebut akan membuat percaya diri anda cenderung menurun.

4.    Pori-Pori Wajah Membesar

Pori-pori wajah seseorang yang tidur dengan lapisan make-up cenderung akan 5 persen lebih besar dibandingkan mereka yang tidur dengan keadaan wajah yang bersih. Stefanie menjelaskan, penyumbatanlah yang menyebabkan hal tersebut terjadi. Sumbatan tersebut akan menarik pori-pori wajah sehingga membuatnya membesar dan terlihat. Hal tersebut mengindikasikan bahwa wajah semakin menua. Kondisi seperti ini serupa dengan lansia yang berpori lebih besar. Faktor usia dapat menurunkan elastisitas kulit, sehingga struktur yang menjaga dan menopang pori tidak akan bekerja secara optimal.

5.    Iritasi

Produk make-up saat ini mengandung banyak bahan-bahan kimia, belum lagi penggunaan make-up seharian sudah pasti terpapar polusi dan debu. Bila wajah tak segera dibersihkan, hasilnya akan timbul rasa tidak nyaman seperti gatal-gatal, tumbuh jerawat hingga iritasi. Jumlah polutan lingkungan serta bahan kimia yang terkandung dalam make-up akan membawa pengaruh buruk untuk kesehatan kulit anda. Selain itu komponen tersebut akan menurunkan produksi kolagen dan elastin, yang bekerja memelihara kulit agar tetap awet muda. Keengganan membersihkan make-up sebelum tidur, akan membuat penurunan kualitas kulit dan penuaan semakin cepat terjadi.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel