data-ad-format="auto"

Ingin Langsing? Kunyah Makanan Sampai Lembut!

Meskipun para ahli telah menyarankan untuk mengunyah makanan hingga lembut, namun tak sedikit orang yang masih menghiraukan saran ini. Padahal sebuah studi baru menjelaskan, dengan mengunyah hingga lembut makanan yang anda konsumsi mampu memberikan kontribusi terhadap penurunan berat badan. Para ahli asal Lowa State University menemukan, dengan mengunyah lembut makanan anda akan ada penambahan waktu yang dapat menurunkan asupan kalori yang diperoleh dari makanan. Hasil temuan studi ini juga mendukung temuan studi terdahulu yang mengungkapkan bahwa orang yang memiliki waktu mengunyah lebih lama cenderung memiliki postur tubuh yang lebih langsing.

Studi yang didokumentasikan dalam Journal of Academy of Nutrition and Dietetics tersebut menganalisa jumlah kunyahan pada makanan terhadap banyaknya asupan kalori, ada kaitannya dengan terhadap berat badan. Menurut para ahli dalam riset Constance Brown-Riggs dari Academy of Nutrition and Dietetics, menunjukan dengan mengunyah makanan lebih lama hingga makanan menjadi lembut dapat memberikan kesempatan pada seseorang untuk menikmati rasa dan tekstur makanan dengan lebih baik. Dalam riset tersebut, para peneliti melibatkan para responden dengan berat normal, berlebihan dan obesitas. Para responden yang terlibat kemudian diminta untuk mengkonsumsi lima porsi pizza dan diminta untuk menghitung banyaknya jumlah mengunyah dalam melahap pizza.

Pada kesempatan yang lain, para responden diminta untuk melahap sebanyak 60 potong pizza yang kemudian responden diminta untuk melahapnya hingga mereka kenyang. Dalam kesempatan tersebut para responden juga diminta untuk mengunyah makanan sebanyak yang mereka mampu. Selanjutnya, dalam kesempatan berikutnya, para responden kemudian diminta untuk makan hingga kenyang namun dengan menambah jumlah kunyahan hingga 50 persen. Sampai dengan pada kesempatan ketiga, para responden lantas diminta untuk mengunyah hingga dua kali lipatnya.

Dari serangkaian riset tersebut, para ahli kemudian menyimpulkan bahwa penambahan jumlah kunyahan dapat menurunkan asupan kalori. Ketika mengunyah 50 persen lebih banyak daripada biasanya, para responden makan 10 persen atau 70 kalori lebih sedikit dari sebelumnya. Sedangkan ketika para responden mengunyah makanan hingga jumlah dua kali lipat kunyahan, mereka makan 15 persen atau 112 kalori lebih sedikit.

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

Hal inilah yang menjadikan mengunyah berpengaruh pada penurunan berat badan. Menurut beberapa ahli mengungkapkan, waktu makan yang lebih lama akan membuat tubuh diberi kesempatan untuk menyadari bahwa dirinya sudah kenyang. Dua puluh menit adalah durasi yang dibutuhkan tubuh untuk mengenali rasa kenyang. Ketika seseorang makan  kurang dari durasi 20 menit, tubuh cenderung akan merasa belum kenyang, padahal sebenarnya sudah. Untuk itulah, berikan waktu mengunyah lebih lama agar tubuh bisa mencerna dengan baik dan rasa lapar terkontrol dengan sempurna.

Loading...

Follow us