Infeksi Saluran Kemih – Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya! – Bidanku.com

Apa yang dimaksud dengan Infeksi Saluran Kemih?

Infeksi saluran kemih adalah suatu penyakit yang mengakibatkan infeksi pada organ dalam sistem kemih, seperti ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra. Pada umum nya, infeksi saluran kemih menyerang dua area yaitu pada uretra dan kandung kemih. Awalnya, ginjal akan menyaring zat-zat sisa di dalam darah dan nantinya dikeluarkan dalam bentuk urine.

Infeksi Saluran Kemih - Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya! - Bidanku.com

Kemudian, urine yang dialirkan oleh ginjal akan melalui ureter yang menuju ke kandung kemih. Setelah urine ditampung di dalam kandung kemih, urine tersebut kemudian akan dibuang tubuh melalui uretra. Terakhir, urine akan bermuara melalui lubang kencing. Berdasarkan pada bagian yang terinfeksi, infeksi saluran kemih dibagi menjadi ISK bawah dan ISK atas.

ISK atas adalah jenis infeksi yang terjadi pada kandung kemih bagian atas, yaitu pada ginjal dan ureter. Sedangkan ISK bawah adalah jenis infeksi  yang terjadi pada bagian bawah kandung kemih, yaitu kandung kemih dan uretra. Dari jenis ISK tersebut, ISK atas merupakan jenis ISK yang paling bahaya dan mampu memicu urosepsis.

Urosepsis adalah kondisi dimana bakteri yang ada pada ginjal yang telah terinfeksi menyebar kedalam darah. Urosepsis dapat berakibat pada tekanan darah yang turun bahkan sampai syok dan kematian.

Penyebab infeksi saluran kemih

Penyebab ISK diakibatkan oleh bakteri yang masuk ke dalam saluran kemih yang melalui lubang kencing. Wanita akan lebih serin terinfeksi oleh penyakit ini. Jika wanita tidak menyeka area kewanitaan setelah BAK dengan arah dari depan ke belakang, kemungkinan ia akan beresiko terkena penyakit ISK ini. Hal tersebut dikarenakan letak area uretra berdekatan dengan anus.

Apabila wanita tidak membiasakan untuk membersihkan area tersebut, kemungkinan bakteri dari usus besar seperti E coli dapat masuk ke uretra. Bakteri E coli akan masuk sampai ke kandung kemih. Hal yang lebih parah seperti infeksi ginjal akan rentan terjadi, apabila tidak secepatnya diberikan pengobatan. Penyebab lain yang dapat memicu terjadinya kondisi ini adalah berhubungan intim.

Berhubungan intim mampu menyebabkan bakteri masuk ke dalam saluran kemih. Membersihkan area kemaluan setelah BAK dan setelah berhubungan intim wajib dilakukan.

Gejala infeksi Saluran kemih

Jika seseorang telah terkenan oleh infeksi ini, akan menimbulkan beberapa gejala. Gejala yang ditimbulkan setiap orang berbeda-beda. Namun, berikut ini gejala yang umum ditimbulkan oleh infeksi jenis ini.

  • Rasa terbakar pada area kemaluan saat buang air kecil
  • Frekuensi buang air keci menjadi sering
  • Urine keluar sedikit
  • Rasa nyeri dan adanya tekanan pada punggung dan perut bawah
  • Kencing berdarah dan warna urine lebih gelap
  • Tubuh akan terasa lelah dan gemetar
  • Tubuh akan merasa kedinginan, bahkan demam jika infeksi sudah masuk ke ginjal

Pengobatan dan pencegahan infeksi saluran kemih

Kondisi ini harus segera mendapatkan penanganan dan pengobatan, supaya tidak terjadi kerusakan pada ginjal yang permanen. Pengobatan yang utama adalah dengan diberikan nya obat antibiotik untuk ISK. Jenis obat yang diberikan harus sesuai dengan kondisi tubuh setiap penderitanya. Obat antibiotik berfungsi sebagai penghilang bakteri.

Menghilangkan bakteri pada area berkemih adalah penanganan yang penting dilakukan. Hal ini dikarenakan, jika tidak dilakukan secara tuntas bakteri akan menjadi rentan untuk menginfeksi lagi. Bahkan serangan bakteri tersebut akan lebih kuat, sehingga dapat terjadi resistensi antibiotik. Salah satu cara selanjutnya yaitu dengan mengkonsumsi air putih yang banyak.

Minum air putih yang banyak mampu menghilangkan bakteri yang terdapat pada sistem saluran kemih. Jika terdapat keluhan nyeri bahkan demam, dokter biasanya akan memberikan resep obat pereda. Beberapa pengobatan yang dapat anda jalankan diantaranya:

  • Mengkonsumsi obat antibiotik dengan dosis rendah. Ini dilakukan untuk mencegah infeksi berulang dalam periode yang lama.
  • Mengkonsumsi obat antibiotik dengan dosis tunggal. Ini dilakukan setelah melakukan hubungan intim.
  • Mengkonsumsi obat antibiotik selama 1-2 hari saat pengidap merasakan gejala.

Baca Juga : Infeksi Saluran Kemih Pada Kehamilan

Bagaimana cara untuk mencegah Infeksi ini?

Ada beberapa cara untuk mencegah infeksi ini. Berikut yang dapat anda lakukan.

  • Sebaiknya anda tidak menahan buang air kecil
  • Biasakan selalu membersihkan area kemaluan dengan arah dari depan ke belakang.
  • Banyak mengkonsumsi air putih
  • Hindari produk pembersih area kewanitaan
  • Biasakan membersihkan area kewanitaan sebelum dan sesudah berhubungan intim
  • Ganti celana dalam secara rutin, jangan biarkan berhari-hari
  • Hindari penggunaan celana yang ketat

Mengapa ISK dapat kambuh?

Salah satu yang menjadi faktor resiko kondisi ini adalah kurangnya menjaga kebersihan pada area kemaluan. Faktor resiko lain yang mampu menyebabkan ISK kambuh pada wanita, adalah lemahnya sistem kekebalan tubuh. Misalnya wanita dengan pengidap penyakit diabetes, kanker dan menopause. Kelompok orang-orang tersebut diharapkan untuk lebih waspada.

Cara alami untuk mengobati Infeksi Saluran Kemih

Selain pengobatan infeksi ini dengan cara medis, infeksi jenis ini juga mmapu diobati dengan cara yang alami. Lantas apa saja cara alami yang dapat dilakukan? Berikut point-point nya.

Mengkonsumsi probiotik

Probiotik adalah jenis bakteri yang sangat baik untuk sistem pencernaan. Bakteri ini dapat kita temukan pada makanan atau suplemen. Jenis probiotik salah satunya lctobacillus mampu mencegah infeksi pada saluran kemih wanita. Beberapa makanan yang mengandung bakteri tersebut adalah yogurt, kimchi, kefir dan kombucha.

Jus cranberi

Jus cranberi yang dibuat tanpa menambahkan gula dapat anda coba. Jus cranberi merupakan jus yang mampu mengatasi infeksi yang terjadi dalam saluran kemih. Cranberi akan bekerja dengan melakukan pencegahan bakteri masuk kedalam saluran kemih. Hal ini sehingga infeksi yang terjadi dapat teratasi.

Mengkonsumsi Vitamin C

Membiasakan untuk mengkonsumsi banyak Vitamin C adalah cara selanjutnya yang dapat dicoba. Cara ini mampu mencegah infeksi yang terjadi pada saluran kemih. Vitamin C mampu meningkatkan tingkatan keasaman urine, sehingga bakteri penyebab infeksi dapat terbunuh olehnya. Kandungan Vitamin C dapat ditemukan pada jenis buah-buahan. Jenis buah-buahan yang mengandung Vitamin C antara lain jeruk, anggur, dan kiwi. Anda dapat mengkonsumsi nya secara langsung atau di olah menjadi jus tanpa gula.

Teh hijau

Teh hijau merupakan cara pengobatan alami infeksi yang terjadi pada saluran kemih. Teh hijau mempunyai kandungan antimikroba. Kandungan tersebut mampu menangkal bakteri yang menyebabkan ISK, seperti bakteri E coli. Selain itu, teh hijau juga memiliki kandungan antioksidan. Kandungan tersebut mampu mengurangi peradangan yang terjadi di dalam kandung kemih.

Baca Juga : 10 Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan

Banyak mengkonsumsi air putih

Mengkonsumsi air putih secara rutin setiap harinya. Ini merupakan langkah awal yang harus dilakukan untuk mencegah serta mengobati ISK. Selama infeksi ini berlangsung, anda disarankan untuk menghindari minuman bersoda, berkafein serta minuman yang terlalu manis.

Gunakan kompres panas

Menggunakan bantal kompres yang hangat mampu meringankan rasa sakit yang terjadi. Jangan langsung di aplikasikan pada kulit, anda terlebih dahulu harus melapisi dengan kain. Cara ini dapat dilakukan selama kurang lebih 15 menit. Ini dilakukan supaya kulit tidak merasakan terbakar.

Semoga Bermanfaat.

Leave a Reply