Gusi Bengkak? Ketahui Penyebab dan Cara Ampuh Untuk Menanganinya!

Kebersihan mulut jika kurang terjaga, akan menimbulkan beberapa masalah salah satunya gusi bengkak. Gusi bengkak mampu menimbulkan rasa tidak nyaman serta gangguan mulut yang tidak dikatakan ringan. Jika kondisi ini tidak ditangani dengan cepat, akan mempengaruhi jaringan serta tulang-tulang yang berfungsi sebagai penopang gigi. Penyebab gusi bengkak salah satunya adalah adanya infeksi.

Gusi Bengkak? Ketahui Penyebab dan Cara Ampuh Untuk Menanganinya – Bidanku.com

Pada umumnya, gusi bengkak dapat diikuti dengan gejala yang lain nya. Gejala yang muncul diantaranya seperti munculnya nanah pada bawah gusi atau gigi, nafas bau tidak sedap, bahkan rasa yang tidak nyaman dan enak pada mulut. Gejala-gejala tersebut merupakan gejaa dari berkembangnya kondisi yang dinamakan sebagai periodontitis. Faktanya, gusi yang sehat ketika menggosok gigi dan jika tersentuh tidak akan berdarah.

Gusi yang berwarna merah muda, kencang, serta mampu menjadi tahanan untuk gigi dengan sangat kuat. ini merupakan ciri-ciri utama dari gusi yang sehat dan ideal. Sesuatu yang terjadi tentu ada beberapa hal yang menyebabkan nya. Lalu apa saja penyebab dari gusi bengkak?

Kenapa gusi bengkak dapat terjadi?

Penyakit gusi bengkak merupakan kondisi yang sering ditemui. Penyakit ini dapat menyerang pada semua usia. Kondisi ini dapat ditandai dengan gusi yang membesar, menggelembung bahkan menonjol. Berikut beberapa hal yang mampu meningkatkan resiko gusi bengkak terjadi.

  • Adanya plak gigi yang menumpuk. Plak gigi mengandung banyak jenis bakteri. Bakteri tersebut sebagian mampu mengganggu kesehatan pada gusi.
  • Peradangan pada gusi atau gingivitas
  • Infeksi jamur atau virus
  • Kebiasaan untuk merokok
  • Kehamilan
  • Skorbut atau kurang nya asupan gizi. Skorbut adalah kondisi dimana tubuh mengalami kekurangan vitamin C.
  • Pemasangan gigi palsu serta perlengkapan gigi yang lain nya tidak tepat.
  • Sensitivitas gusi yang diakibatkan oleh penggunaan pasta gigi tertentu
  • Penggunaan cairan kumur
  • Mengkonsumsi obat-obatan tertentu seperti anti epilepsi, kontrasepsi yang hormonal, serta obat penghambat saluran kalsium.

Bagaimana cara mengatasi gusi bengkak?

Gusi bengkak merupakan suatu gangguan yang ringan. Pada umumnya kondisi ini dapat ditangani dengan merubah kebiasaan membersihkan mulut. Membiasakan menyikat gigi 2 kali sehari, setiap hari serta lebih baik melengkapi kebersihan nya menggunakan benang gigi teratur. Cara lain yang dapat anda lakukan adalah sebagai berikut.

  • Berikan kompres dingin untuk mengurangi bengkak pada gusi.
  • Perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran
  • Hindari kebiasaan merokok, minuman beralkohol, serta makanan yang banyak mengandung gula yang tinggi.
  • Mengganti pasta gigi jika gusi bengkak diakibatkan oleh sensitivitas pasta gigi tertentu.
  • Menghentikan pengkonsumsian obat-obatan tertentu yang mampu menyebabkan gusi bengkak.
  • Pembersihan plak gigi
  • Melakukan pembersihan area akar gigi, sela gusi. Ini disebut dengan root planning untuk menghilangkan bakteri yang ada pada mulut.

Gusi bengkak yang sudah parah kondisinya membutuhkan penanganan yang khusus. Pada kondisi tertentu, akan membutuhkan pemberian obat-obatan pereda nyeri, antibiotik serta penggunaan obat kumur yang khusus. Apabila gusi bengkak berlangsung dalam waktu yang lama, lebih dari dua minggu anda sebaiknya segera konsultasi dengan dokter.

Langkah-langkah untuk mencegah gusi bengkak

Kebiasaan menyikat gigi secara teratur serta benar melakukan nya merupakan langkah yang paling efektif. Tentunya langkah ini untuk mencegah beberapa gangguan gigi dan mulut. Salah satunya gangguan pada gusi yang membengkak. Namun, sebaiknya anda hindari menyikat gigi terlalu keras.

Hal tersebut mampu merusak jaringan yang lembut pada gusi. Anda sebaiknya dapat memilih bulu sikat gigi yang lembut dengan ujung yang tumpul. Ujung sikat gigi yang keras mampu menyebabkan enamel gigi dan gusi menjadi terganggu. Gunakan arah untuk menyikat gigi dengan gerakan yang memutar.

Selain itu, ada beberapa hal yang dilakukan untuk mencegah gusi bengkak. Anda dapat melakukan nya dirumah. Berikut point-point nya.

  • Mengkonsumsi makanan dengan kandungan gizi yang seimbang. Kandungan kalsium dan vitamin c wajib dikonsumsi. Perbanyak mengkonsumsi air putih juga.
  • Hindari makanan atau minuman yang terlalu panas dan dingin
  • Hindari kebiasaan merokok serta produk dari tembakau lain nya
  • Hindari mengkonsumsi popcorn. Makanan jenis ini dapat bersarang antara gigi dan gusi.
  • Melakukan relaksasi. Jika tubuh mengalami stres yang berlebihan, ini mampu meningkatkan kita teresiko peradangan termasuk gusi.

Atasi gigi bengkak dengan cara alami berikut!

Untungnya, kondisi gusi yang membengkak dan masih ringan dapat anda atasi dirumah dengan sederhana. Nah untuk gejala gusi membengkak yang masih tergolong ringan, berikut cara yang dapat anda lakukan:

Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam selain efektif membersihkan karang atau juga plak gigi. Garam bermanfaat sebagai obat untuk gusi yang bengkak. Kandungan sodium yang terdapat pada garam mampu menjadi antiseptik alami. Tentunya untuk kesehatan mulut. Anda dapat melakukan nya dengan mencampurkan air dan garam, kemudian kumur-kumur setelah anda menyikat gigi.

Berkumur menggunakan air lemon

perasan air lemon bermanfaat untuk gusi yang membengkak

Kandungan antiseptik lain nya dapat kita temui dala buah lemon. Lemon mengandung asam yang sangat berguna untuk mulut. Kandungan asam sebagai alkali alami sebagai penyeimbang pH didalam mulut sangat bagus. Anda dapat dengan mudah, cukup dengan memeras buah lemon dengan mencampurkan kedalam segelas air hangat. Lalu anda gunakan sebagai obat kumur, lakukan sebanyak tiga kali sehari.

Mengoleskan campuran merica, garam, dan air

Bumbu dapur yang dicampur memunyai fungsi sebagai obat alami gusi bengkak. Terutama merica. Merica mempunyai kandungan zat anti inflamasi serta analgesik. Kandungan tersebut sangat berguna untuk meredakan nyeri. Anda dapat mencobanya dengan mencampurkan merica, garam serta sedikit air. Kemudian aduk sampai bahan tersebut berbentuk pasta, oleskan pada gusi yang membengkak.

Mengoleskan belimbing wuluh

khasiat belimbing wuluh sebagai obat gusi bengkak

Belimbing wuluh sangat efektif sebagai pembasmi jenis-jenis bakteri yang ada di dalam mulut. Anda dapat memilih belimbing wuluh yang belum matang, kemudian anda tumbuh sampai halus. Setelah selesai di tumbuh, anda dapat mengoleskan nya secara langsung pada gusi yang bengkak. Anda dapat melakukan cara ini sebanyak tiga kali sehari.

Berkumur dengan air rebusan daun jambu biji

Tidak hanya sebagai bahan obat untuk diare, bahan ini mampu membasmi bakteri di dalam mulut. Anda dapat melakukan nya dengan merebus daun jambu biji beberapa lembar. Setelah itu, bedanya dengan obat diare air rebusan ini bisa langsung diminum. Akan tetapi pada konteks sebagai obat gusi membengkak, rebusan beberapa lembar daun jambu biji ini dijadikan obat kumur.

Baca Juga : 4 Cara Mudah Merawat Gusi Pada Bayi

Jika beberapa cara di atas tidak berhasil menyembuhkan gusi yang mengalami pembengkakan, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter. Dokter akan memberikan penanganan dan pengobatan yang tepat. Peran gusi serta peran mulut sangatlah penting. Gangguan yang terjadi pada bagian gusi mampu berakibat fatal.

Terutama pada bagian mulut yang lain nya. Anda harus menjaga kebersihan mulut secara rutin. Melakukan perawatan gigi sangat dianjurkan setiap enam bulan sekali.

Semoga Bermanfaat.

Leave a Reply