data-ad-format="auto"

Ide Olahraga yang Akan Disenangi Anak

Olahraga adalah kegiatan yang penting untuk kesehatan dan kebugaran tubuh, bukan saja penting untuk orang dewasa, anak-anak juga sama pentingnya untuk berolahraga untuk menunjang tumbuh kembangnya agar menjadi maksimal.

Menyaksikan anak-anak hanya duduk termenung atau terus-terusan bermain komputer dikamarnya tentu akan membuat orang tua merasa risih. Selain itu, kebiasaan anak terus-terusan berada didalam rumah tanpa olahraga dan bersosialisasi dengan lingkungannya, dapat melahirkan pribadi anak yang introvert yang akan kesulitan untuk bergaul dengan lingkungannya.

Pada dasarnya anak-anak senang berolahraga, hanya saja bila kita memberikan mereka kesempatan. Terserah pada anda untuk memberikan anak sarana, agar mereka dapat menyeimbangkan waktu bermain komputer dengan waktu untuk bergerak mengeluarkan keringat. Satu-satunya kunci untuk mengubah aktivitas anak pada olahraga adalah dengan membuat olahraga menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk anak-anak. Nah, untuk membuat olahrga menjadi hal yang menyenangkan untuk anak-anak.

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

Berikut ada beberapa ide olahraga yang bisa menyenangkan untuk anak :

1. Berenang

Sebagian besar anak menyeangi kegiatan yang dilakukan didalam air dan mereka akan senang sekali jka bermain 'basah-basahan', untuk itu manfaatkan waktu luang dan berikan kesempatan pada anak agar secara teratur mendapatkan olahraga saat mereka bermain 'basah-basahan'.

Berenang disore hari sebanyak sekali dalam satu minggu akan sangat bermanfaat untuk memberikan kebugaran dan kesehatan untuk tubuh anak. Hanya saja perlu diingat, disamping sebagai media yang baik untuk anak berolahraga, jika tanpa pengawasan dari orang dewasa, area kolam renang bisa menjadi berbahaya untuk anak, terutama anak-anak yang belum bisa berenang. Untuk itu, tetap berikan pengawasan dari orang dewasa atau orangtua untuk menjaga agar anak-anak tetap aman.

2. Olahraga Berkelompok

Olahraga berkelompok akan memberikan kesempatan anak untuk menjadi lebih aktif sekaligus mengembangkan keterampilannya dalam olahraga pilihan. Selain itu, olahraga kelompok mampu meningkatkan koordinasi, kesadaran spasial serta meningkatkan kesehatan kardiovaskular anak-anak. Manfaat lain, yakni membantu akan belajar untuk mengatasi rasa malu, bersosialisasi dan meningkatkan ketahanan serta konsep diri.

3. Sirkuit Ramah Untuk Anak

Dengan menjaganya agar tetap pendek, menyisipkan beberapa gerakan dan membuang gerakan jenis 'dewasa', akan dapat memberikan anak anda kombinasi olahraga kardio dan resistensi yang dapat mereka lakukan dimana saja. Pilihlah 8 gerakan yang dapat dilakukan anak semala masing-masing satu menit dan minta anak melakukannya tanpa ada waktu beristirahat diantaranya. Selain itu, diantara sirkuit biarkan anak-anak menyelesaikan tantangan yang menyenangkan. Beberapa pilihan olahraga seperti lompat tali, sit up, push up dan jongkok akan menjadi ide olahraga yang menyenangkan untuk mereka.

4. Sepeda Gunung

Khususnya untuk anak laki-laki yang lebih menyenangi olahraga yang sedikit ekstrim, mengapa tidak memberiknya kesempatan olahraga seperti sepeda gunung. Ini adalah salah satu olahraga kardiovaskular yang fantastis serta memberikan latihan besar secara keseluruhan untuk anak. Hanya saja seperti biasa, pengawasan agar anak tetap berada pada zona amanya adalah hal yang wajib dilakukan oleh para orangtua, utnuk menghindarkan anak dari bahaya yang mungkin mengancam jiwanya.

Memperkenalkan anak pada kegiatan rutin berolahraga adalah bukti cinta anda akan kesehatan anak yang begitu penting. Dengan menerapkan kebiasaan rutin olaharaga ini, diharapkan anak bisa terbiasa dan membawa kebiasaan baik ini hingga mereka dewasa, sehingga kita tidak perlu lagi bersusah payah mengajarkan kebiasaan olahraga pada anak ketika ia dewasa.

Loading...

Follow us