Efek Makan Terlalu Banyak Untuk Kesehatan

Efek Makan Terlalu Banyak Untuk Kesehatan – Makan berlebih mungkin akan dapat memuaskan nafsu makan dan rasa lapar anda. Namun, tahukah anda? Makan berlebihan tidak baik untuk kesehatan. Ada beberapa efek yang akan ditimbulkan jika anda makan berlebihan dalam waktu berkepanjangan. Nah, berikut ini beberapa efek makan terlalu banyak untuk kesehatan yang harus anda ketahui.

Efek Makan Terlalu Banyak Untuk Kesehatan

Efek Makan Terlalu Banyak Untuk Kesehatan

Sering makan dalam jumlah banyak akan menyebabkan efek jangka panjang seperti berikut ini.

Berat Badan Bertambah dan Risiko Obesitas

Sebagian kandungan kalori pada makanan yang anda konsumsi akan diubah oleh tubuh menjadi energi. Kemudian untuk sisanya disimpan dalam bentuk lemak. Apabila kalori yang masuk dalam tubuh anda lebih banyak dibandingkan dengan yang keluar, maka kenaikan berat badan akan anda alami. Kenaikan berat badan yang disebabkan akibat kebiasaan makan berlebih akan dapat menyebabkan berat badan berlebih bahkan hingga dapat menyebabkan obesitas.

Risiko Penyakit Jantung Meningkat

Makan dengan berlebihan akan dapat menyebabkan berat badan berlebih. Hal ini dapat menjadi risiko dari berbagai penyakit. Anda akan menjadi lebih rentan terkena kolesterol tinggi, hipertensi dan lainnya yang dapat menyebabkan meningkatkan risiko penyakit jantung. Dimana efek ini akan semakin besar jika anda mengonsumsi junk food, minuman manis, gorengan dan daging olahan yang terlalu banyak. Junk food menjadi sumber gula tambahan, lemak trans dan natrium dalam jumlah besar.

Risiko Penyakit Diabetes Tipe 2 Meningkat

Menurut sebuah penelitian menyatakan, bahwa makan dalam jumlah yang terlalu banyak akan dapat menyebabkan meningkatnya risiko diabetes tipe 2. Kebiasaan makan terlalu banyak akan menyebabkan menumpuknya lemak dalam perut. Ketika lemak perut menumpuk, maka tubuh akan lebih mudah mengalami peradangan. Dimana kondisi ini pada akhirnya akan menyebabkan resistensi insulin. Pada kondisi ini, insulin yang diproduksi tidak dapat menurunkan kadar gula sehingga kadarnya selalu tinggi.

Menyebabkan Penyakit Kantong Empedu

Selain beberapa efek yang sudah disebutkan di atas, makan terlalu banyak juga dapat menyebabkan efek negatif pada kantong empedu. Apalagi jika anda menerapkan pola makan yang tidak sehat seperti mengonsumsi makanan yang tinggi akan kandungan lemak dan berminyak. Fungsi utama empedu itu sendiri yaitu menguraikan lemak supaya lebih mudah untuk dicerna.

Ketika anda makan berlebihan, kantong empedu akan bekerja dengan lebih keras untuk memproduksi cukup empedu. Akan tetapi, empedu yang berlebihan akan mengeras, kemudian membentuk batu dan menyebabkan sumbatan pada saluran empedu. Maka efeknya akan menyebabkan penyakit kantong empedu.

Proses Biologis Tubuh Terganggu

Makan dengan berlebihan akan dapat menyebabkan terganggunya proses biologis tubuh. Organ pencernaan awalnya akan mengeluarkan banyak hormon, serta enzim untuk mencerna makanan. Kemudian pankreas akan melepaskan insulin yang banyak, yang dapat menyebabkan gula darah menjadi rendah. Rendahnya kadar gula darah akan membuat tubuh mengira bahwa anda kekurangan energi. Hal ini akan membuat anda lebih banyak makan lagi.

Mengganggu Fungsi Otak

Terlalu sering makan berlebihan juga akan dapat mengganggu atau menyebabkan fungsi otak rusak. Menurut beberapa penelitian menyatakan bahwa makan berlebihan terlalu sering, kemudian menyebabkan obesitas akan memicu penurunan mental ketika usia sudah lanjut. Bahkan beberapa penelitian menyatakan, seseorang yang sudah tua serta memiliki kelebihan berat badan akan dapat menyebabkan turunnya daya ingat dibandingkan dengan mereka yang mempunyai berat badan normal.

Menerapkan pola makan yang sehat sangat penting untuk dilakukan. Pastikan anda makan dengan kandungan nutrisi yang seimbang serta porsinya tidak berlebihan.

Nah, itulah beberapa efek makan berlebihan untuk kesehatan. Ada banyak berita terkini tentang kesehatan lainnya yang bisa anda akses diinternet. Hal ini tentu akan memudahkan kita untuk mengetahui tentang berbagai tips kesehatan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons