10 Tips Mempersiapkan Kehamilan dengan Langkah Ini

Tips Mempersiapkan Kehamilan dengan Langkah Ini – Setelah menikah, kehadiran anak tentu sangat dinantikan oleh pasangan. Hadirnya anak di tengah-tengah keluarga kecil akan membuat suasana lebih hangat dan ramai. Oleh karena itu, tidak sedikit pasangan yang baru menikah langsung merencanakan program hamil.

Nah, dalam mempersiapkan kehamilan dapat diawali dengan menjalankan gaya hidup sehat. Mempersiapkan kehamilan harus dilakukan sedini mungkin, yakni setelah anda memutuskan untuk menjalankan program hamil. Ini sangat penting untuk dilakukan supaya tubuh anda siap untuk menjalankan kehamilan dan tetap sehat selama hamil. Mempersiapkan kehamilan juga bertujuan supaya bayi tumbuh dan berkembang dengan baik.

Nah, untuk anda yang sedang berencana hamil, berikut ini beberapa tips mempersiapkan kehamilan sehat. Yuk simak di bawah ini.

Tips Mempersiapkan Kehamilan

Tips Mempersiapkan Kehamilan dengan Langkah Ini

Kehamilan merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh setiap pasangan yang sudah menikah. Anda tentu merasa sangat bahagia menanti kehamilan itu. Namun, di sisi lain anda mungkin berdebar, apalagi jika ini merupakan kehamilan pertama anda.

Untuk pasangan yang baru menikah dan sedang merencanakan kehamilan, beberapa tips mempersiapkan kehamilan seperti berikut ini dapat anda lakukan.

Melakukan Konsultasi Pada Dokter

Tips Mempersiapkan Kehamilan

Langkah pertama untuk mempersiapkan kehamilan yaitu dengan melakukan konsultasi pada dokter. Ini tentunya sangat penting untuk dilakukan, terlebih lagi jika anda berusia lebih dari 30 tahun atau sedang menderita penyakit tertentu.

  • Anda dapat segera melakukan konsultasi pada dokter ketika rencana hamil sudah diputuskan.
  • Selain melakukan konsultasi, anda juga  dapat melakukan beberapa pemeriksaan yang berhubungan dengan organ reproduksi anda.
  • Untuk memulai program hamil, anda dapat melakukan konsultasi pada dokter kandungan.

Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Gizi Seimbang

Tips Mempersiapkan Kehamilan

Sangat penting untuk memperhatikan jenis makanan maupun minuman yang anda konsumsi. Berikut ini beberapa tips yang harus diperhatikan.

  • Sebaiknya anda mengurangi makanan ataupun minuman yang mengandung kalori tinggi namun tanpa mengandung nutrisi. Makanan atau minuman yang mengandung pemanis buatan juga harus dihindari, begitupun dengan makanan atau minuman yang mengandung kafein.
  • Mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan zat besi, protein, kalsium dan asam folat.
  • Mengonsumsi sayuran, buah-buahan, biji-bijian dan produk susu yang rendah lemak.
  • Hindari mengonsumsi vitamin D, vitamin A, vitamin E dan vitamin K dengan dosis yang tinggi. Apabila dikonsumsi dengan berlebihan, maka akan dapat menyebabkan cacat lahir pada bayi.
  • Hindari mengonsumsi ikan dengan kandungan merkuri tinggi, contohnya ikan tuna.

Menjaga Berat Badan

Tips Mempersiapkan Kehamilan

Kondisi kesehatan yang optimal, serta berat badan yang ideal akan membuat calon ibu siap untuk memproduksi sel telur. Sangat penting untuk menjaga berat badan dengan baik. Berat badan yang berlebih akan dapat menyebabkan komplikasi kehamilan, seperti hipertensi dan diabetes. Apabila berat badan kurang akan dapat menyebabkan anda sulit hamil. Apabila berat badan anda ideal, peluang hamil akan menjadi semakin besar. Oleh karena itu, indeks masa tubuh pastikan tergolong normal ketika anda mempersiapkan kehamilan.

  • Untuk menjaga agar berat badan ideal, maka disarankan untuk menjaga pola makan. Konsumsi makanan sehat dan mengandung gizi seimbang.
  • Hindari mengonsumsi makanan yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

Rutin Melakukan Olahraga

Tips Mempersiapkan Kehamilan

Olahraga merupakan aktivitas fisik yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Dengan berolahraga juga akan mempersiapkan fisik anda dengan baik, meningkatkan kualitas hubungan dengan pasangan, serta meningkatkan kesuburan.  Kondisi fisik yang kuat juga akan membantu anda saat proses persalinan.

  • Rutinlah melakukan olahraga. Pastikan anda melakukan olahraga yang tepat.
  • Anda dapat melakukan olahraga ringan, setidaknya selama 30 menit per hari.
  • Beberapa jenis olahraga yang dapat anda coba di antaranya yaitu yoga, bersepeda, berjalan kaki, berenang atau melakukan olahraga ringan lainnya yang anda sukai.
  • Jika anda belum terbiasa melakukan olahraga, anda dapat memulai latihan selama 10 menit. Kemudian durasinya bisa ditambahkan dengan bertahap menjadi 15 menit, kemudian 20 menit dan menjadi 30 menit.
  • Jika diperlukan, anda dapat melakukan konsultasi terlebih dahulu pada dokter.

Mengonsumsi Asam Folat

Tips Mempersiapkan Kehamilan

Setidaknya 6 bulan sebelum hamil anda dapat mengonsumsi asam folat. Asam folat ini bermanfaat untuk mencegah cacat bawaan lahir, seperti cacat tabung saraf.

  • Konsumsi makanan yang mengandung asam folat, yang merupakan pilihan bagus untuk mempersiapkan kehamilan.
  • Tidak hanya dari makanan saja, namun asam folat juga bisa anda dapatkan dengan konsumsi suplemen asam folat. Namun, pastikan anda melakukan konsultasi terlebih dahulu dan tanyakan dosis yang tepat.

Pikiran Rileks

Tips Mempersiapkan Kehamilan

Persiapan kehamilan selanjutnya yaitu membuat pikiran tetap rileks. Jika pikiran rileks, maka tubuh akan menjadi rileks, begitupun sebaliknya.

  • Hindari pikiran-pikiran negatif yang justru membuat anda stres dan tetaplah untuk berpikir positif.
  • Selain itu, untuk menghindari stres anda bisa mencoba melakukan kegiatan yang menyenangkan.

Hindari Depresi

Tips Mempersiapkan Kehamilan

Sebisa mungkin anda dan pasangan harus menghindari depresi. Pasalnya, kondisi ini akan dapat mempengaruhi kesuburan. Biasanya depresi lebih sering dialami oleh perempuan dan dapat menjadi penyebab keguguran.

Apabila anda sedang mengalami masalah depresi, misalkan murung dan tidak bergairah, insomnia, nafsu makan mengalami perubahan, putus asa dan lemas, sebaiknya anda segera melakukan konsultasi pada dokter.

Jaga Kesehatan Gigi dan Tubuh

Tips Mempersiapkan Kehamilan

Ketika hamil, anda akan mengalami perubahan hormon. Dimana perubahan hormon ini akan membuat anda lebih rentan terhadap gigi berlubang maupun penyakit gusi. Dimana penyakit gigi dan gusi biasanya sering dihubungkan dengan risiko kelahiran prematur serta masalah perkembangan organ janin.

  • Oleh karena itu, anda harus selalu rutin untuk melakukan konsultasi pada dokter gigi, sebelum hamil dan selama menjalankan kehamilan.
  • Anda juga harus rajin menjaga kesehatan dan kebersihan gigi supaya masalah gigi berlubang dan radang gusi dapat dihindari.
  • Selain rutin melakukan konsultasi pada dokter gigi, ketika anda hamil atau sedang merencanakan kehamilan, anda disarankan untuk melakukan konsultasi pada dokter kandungan guna melakukan pemeriksaan kesehatan dengan rutin.

Lihat juga : 4 Cara Mencegah Hamil di Luar Rahim

Jauhi Kebiasaan Buruk

Tips Mempersiapkan Kehamilan

Saat berencana hamil anda sebaiknya menjauhi kebiasaan buruk dan mulai menerapkan kebiasaan baik.

Hindari kebiasaan merokok, mengonsumsi alkohol ataupun kafein karena akan membuat anda sulit hamil dan akan membuat anda lebih berisiko mengalami keguguran.

Lakukan Vaksinasi

Tips Mempersiapkan Kehamilan

Tips selanjutnya yaitu memulai vaksinasi. Beberapa jenis infeksi seperti campak Jerman atau rubella dan cacar akan berbahaya untuk bayi yang belum lahir.

Oleh karena itu guna melindungi kesehatan anda dan calon janin, disarankan untuk lakukan vaksinasi atau imunisasi sebelum anda memutuskan untuk mulai melakukan program hamil.

Dengan melakukan beberapa tips di atas tubuh anda akan menjadi lebih siap hamil. Selain itu, anda juga dapat melakukan konsultasi pada dokter agar program hamil yang anda jalankan berhasil. Semoga informasi yang kami berikan untuk anda bermanfaat.

Leave a Reply