Coklat, Manis Untuk Anda, Manis Untuk Hidup Anda

1/5 (1)

Manisnya Coklat dan Penyakit Diabetes

Bukan hanya kandungan phenylethylamine yang mampu memunculkan mood ceria dan membuat anda tampak lebih bahagia, namun juga sebuah penelitian terbaru menemukan dengan mengkonsumsi 10 sendok bubuk cocoa atau setara dengan 5 gelas cokelat panas selama jangka waktu 10 minggu terbukti tidak akan menimbulkan terjadinya peningkatkan berat badan dan terjadinya pengurangan inflamasi terhadap lemak dan penyakit hati yang dapat menyebabkan inflamasi dan diabetes tipe 2. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh American Journal Of Clinical Nutrition juga membuktikan dengan mengkonsumsi dark chocolate selama 2 minggu dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Sebagaimana kita ketahui, penyebab diabetes salah satunya dipicu karena menurunnya tingkat sensivitas insulin dalam tubuh kita. Dengan kemampuan meningkatkan sensitivitas insulin, dapat disimpulkan bahwa dark chocolate mampu menurunkan resiko terkena diabetes.

Rahasia dari Dark Chocolate

Tak heran jika pohon coklat diberi nama latin Theobroma Cacao yang berarti makanan para dewa. Dark chocolate memang dikenal dengan buah yang kaya akan manfaat bagi manusia, diantaranya menurunkan kolesterol, menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kemampuan berpikir atau yang lebih dikenal dengan istilah medis yakni kemampuan kognitif. Manfaat tersebut diperoleh dari kandungan antioksidan polifenol yang mana berperan aktif dalam membantu menurunkan tekanan pada darah.

Belajar Dari Kebudayaan Masyarakat Kuno

Manfaat coklat yang diterapkan untuk kesehatan tubuh diantaranya mengobati hipertensi dan diabetes ternyata berasal dari hasil pengamatan yang dilakukan pada masyarakat suku Indian kuno, yang bermukim di Kepulauan San Blas, di selepas pantai Panama. Suku ini memiliki sangat sedikit penduduk yang terjangkit diabetes, jantung hingga hipertensi. Setelah diselidiki, ternyata kebiasaan mereka menjadikan coklat atau cocoa sebagai santapan mereka. Dengan demikian, telah terbukti sejak dahulu jika manfaat coklat memang baik untuk kesehatan, salah satunya mampu mencegah timbulnya diabetes, hipertensi hingga resiko penyakit jantung.

Tips Pintar Mengkonsumsi Coklat

Seiring berjalannya waktu dan semakin diminatinya kudapan coklat, maka semakin banyak dan beragam saja olahan-olahan dari coklat salah satunya adalah coklat putih, namun kandungan yang lebih bermanfaat tetap terkandung dalam dark coklat. Untuk itu agar anda tak salah pilih perhatikan tips pintar memilih konsumsi coklat.

1.    Konsumsilah Dark Chocolate. Dark Chocolate mengandung antioksidan polifenol yang dapat menecegah timbulnya resiko diabetes, penyakit jantung dan hipertensi. Manfaat dari kandungan ini tidak dijumpai dari white chocolate yang hanya mengandung cooca butter dan gula saja.

2.    Dark Chocolate Lebih Tinggi Manfaat dan Kaya Gizi Dibandingkan Dengan White Chocolate. Kandungan antioksidan dalam dark chocolate terbukti 60% lebih tinggi yang bermanfaat untuk tubuh kita dibandingakan dengan white chocolate.

3.    Makan Dengan Pintar. Meskipun kaya akan manfaat, namun coklat tetap saja tinggi akan gula dan kalori. Faktanya sebanyak 51% dari coklat terdiri dari gula. Untuk pilihan yang lebih sehat, sebaiknya konsumsi coklat yang lebih segar dan bebas dari gula, atau batasi untuk tidak menyantap lebih dari 1 potong (sekitar 30 gram) coklat setiap harinya.

Berikut adalah paparan mengenai manfaat dari dark chocolate yang ternyata baik juga untuk anda para penderita diabetes, dengan pemilihan pintar saat memakan coklat itu artinya anda bisa menikmati makanan manis ini dengan tanpa rasa takut jika gula darah anda sewaktu-waktu bisa melonjak.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply