data-ad-format="auto"

Cegah dan Atasi ‘Jet Lag’, Dengan Lakukan 9 Hal Ini

Kondisi jet lag kerap kali dialami oleh turis saat traveling. Perbedaan waktu yang cukup jauh menjadi pemicu utama mengapa jet lag bisa terjadi. Bagi anda traveler atau turis yang kerap kali bulak-balik ke luar negri untuk urusan bisnis. Sering kali di serang oleh kondisi jet lag tentu akan sangat mengganggu. Apalagi saat anda dituntut untuk bertindak professional dan tepat waktu.

Jet lag merupakan gangguan biorhythmic jam tubuh yang berarti rutinitas tubuh yang biasanya memiliki jam-jam tertentu untuk makan ataupun tidur menjadi terganggu. Kondisi seperti ini biasanya banyak dialami oleh seseorang yang melakukan perjalanan dari satu zona waktu ke zona lain dengan waktu yang jauh berbeda. Kondisi seperti ini bisa saja mengganggu dan membuat para penderitanya merasa begitu lelah. Untuk menyesuaikan diri dengan zona waktu yang baru tubuhpun membutuhkan waktu. Kondisi jet lag biasanya banyak menyerang orang-orang yang melakukan perjalanan ke luar negeri dengan perbedaan zona waktu yang amat jauh dari tempat asalnya.

Jet lag bisa dicegah dan diatasi dengan cara ini.

1.    Sesuaikan Jam Pribadi Anda

Karena jet lag adalah sebuah kondisi yang berkaitan dengan masalah perbedaan zona waktu antara tempat asal anda dengan Negara yang akan anda kunjungi berbeda. Untuk itu, hal pertama yang sebaiknya anda lakukan untuk mencegah jet lag sebelum berpergian adalah menyesuaikan jam. Mulailah sesuaikan waktu dengan destinasi tujuan anda beberapa hari sebelum pergi, misalkan waktu tidur dan bangun tidur yang dipercepat. Jika prediksi waktu tiba di tempat tujuan anda adalah pagi hari, cobalah untuk tidur dipesawat. Dengan begitu, ketika anda sampai disana, rasa kantuk tidak akan terlalu menyerang anda sehingga anda bisa beradaptasi secara perlahan dengan kondisi di Negara atau tempat yang anda kunjungi.

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

2.    Sempatkan Istirahat Sebelum Pergi

Bila perjalanan yang hendak anda lakukan bukanlah perjalanan bisnis yang begitu mendesak, maka anda pasti memiliki waktu setidaknya dua hari untuk beristirahat sebelum berpergian. Dengan menyempatkan diri untuk beristirahat, akan membuat tubuh anda tidak merasa terlalu lelah. Disamping itu, tubuh yang fit memungkinkan anda untuk menghadapi kendala apapun selama perjalanan.

3.    Tambah Cairan Tubuh Anda

Saat melakukan perjalanan dengan pesawat, terutama perjalanan panjang, orang bisa saja mengalami dehidrasi. Kondisi seperti ini bisa dipicu karena factor pengeringan udara, ketinggian dan pendingin udara saat berada pesawat. Sedangkan dehidrasi dapat memicu stress dan membuat seseorang mengalami jet lag lebih besar atau bahkan lebih parah. Untuk itu, minum banyak air sebelum dan setelah berpergian untuk cegah dehidrasi. Ketika tubuh terhidrasi, maka anda akan terhindar dari stress selama perjalanan. Selain itu, saat pasokan cairan dalam tubuh tercukupi, hal ini akan mempermudah proses menyesuaikan diri di zona waktu baru.

4.    Konsumsi Suplemen Bila Perlu

Mengkonsumsi suplemen yang kaya akan kandungan melatonin terbukti ampuh mengurangi jet lag. Suplemen ini bisa membantu seseorang untuk merasa mengantuk. Jadi saat anda mengalami kesulitan tidur dipesawat, anda bisa menggunakannya sebagai alat bantu untuk segera terlelap. Namun sebaiknya konsumsi suplemen ini dikonsultasikan terlebih dahulu pada pihak medis untuk menghindari alergi pada tubuh.

5.    Makan Dengan Baik

Saat hendak melakukan perjalanan jauh ada baiknya jika anda bisa menjaga pola makan anda dengan baik. Hindari konsumsi makanan pedas agar anda tidak mengalami masalah pencernaan. Selain itu minuman kopi juga sebaiknya anda hindari karena kaffein justru akan mengganggu pola tidur anda. Cobalah makan pada zona waktu yang baru. Hal ini akan membantu anda menyesuaikan diri ke zona waktu berbeda dengan lebih mudah.

6.    Sesuaikan Waktu Saat Mendarat

Ketika mendarat, sebaiknya segera sesuaikan waktu pada jam tangan atau ponsel anda dengan waktu setempat. Hal ini bertujuan untuk memberitahu tubuh bahwa waktu sudah berubah dan telah disesuaikan. Dengan begini, tubuh akan mendapatkan pemberitahuan terlebih dahulu sehingga tidak kaget dan stress.

7.    Biarkan Tubuh Terkena Sinar Matahari

Ketika sampai ditempat tujuan anda, kecuali saat itu adalah waktu malam atau cuaca saat itu sedang tidak bersahabat. Coba biarkan sinar matahari masuk ruangan anda dan mengenai kulit. Sinar matahari amat baik untuk kembali mengatur pola jam tubuh. Sehingga tubuh anda dapat segera menyesuaikan dengan zona waktu yang baru.

8.    Sebaiknya Jangan Langsung Tidur

Sebaiknya hindari langsung terlelap saat baru tiba di tempat tujuan anda, terkecuali jika saat itu, anda tiba pada malam hari. Cobalah untuk tetap terjaga dengan menyempatkan mandi, mengobrol atau sekedar melihat-lihat ruangan anda untuk menyesuaikan diri dengan tempat dan waktu yang baru. Sebaiknya tidur pada waktunya, dengan begini akan membuat anda sembuh lebih cepat dari jet lag.

9.    Pilihlah Penerbangan Malam

Perjalanan jauh akan lebih baik jika dilakukan saat waktu malam. Dengan mengambil penerbangan malam anda bisa tidur selama perjalanan sehingga waktu tidak akan terasa lama. Selain itu, penerbangan malam cenderung lebih terasa tidak membosankan karena hampir sebagian besar waktu anda digunakan untuk tidur.

Syndrome jet lag bisa saja terjadi dalam waktu lebih dari 3 hari tergantung seberapa jauh perjalanan yang anda lakukan. Untuk itu, mempersiapkan diri dengan melakukan beberapa hal diatas akan sangat membantu anda dalam mencegah dan mengatasi timbulnya syndrome jet lag yang bisa begitu mengganggu.

Loading...

Follow us