data-ad-format="auto"

Cara Tepat Memilih dan Mengolah Bahan Makanan Untuk Anak

Peranan ibu selain memberikan pengasuhan dan pendidikan di dalam keluarga juga memberikan nutrisi melalui makanan dan mengolahan yang baik untuk anak. Sebagai ibu seringkali anda sangat berhati-hati dalam memberikan bahan makanan terlebih yang mengandung bahan kimia atau pengawet harus dikurangi. Semua bertujuan untuk memberikan penyajian yang terbaik bagi keluarga.

Bagi anda yang ingin menyeimbangkan bahan makanan untuk anak perhatikan beberapa faktor diantaranya adalah denga menyeimbangkan konsumsi dari jenis makanan. Seperti yang kita kenali bahwa makanan yang mengandung protein, jenis protein nabati ataupun hewani dapat membantu menambah energi di dalam tubuh anak anda. Meskipun demikian seimbangkan dengan sayuran dan buah sehingga dapat menyeimbangkan kebutuhan gizi.

Masyarakat kini telah peduli dengan kesehatan keluarga, terbukti dengan sadarnya pemilihan makanan yang berasal dari tubuh atau buah yang lebih organik. Pada dasarnya bahan makanan yang berasal dari tumbuhan organik tidak menggunakan bahan kimia yang berlebih. Cobalah untuk beralih ke bahan yang lebih organi karena lebih minim mengandung obat-obatan dan pestisida tanaman.

Pemilihan makanan tidak saja mengedepankan harga atau merek. Perlu anda ketahui bahwa makanan yang berasal dari dapur rumahan lebih terjamin kualitas gizi untuk keluarganya. Maka tidak salahnya anda menggunakan bahan makanan yang mengandung serat dan air yang dapat membantu proses pencernaan dan berfungsi menetralisir racun.

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

Memilih bahan makanan yang sehat harus anda lakukan dengan teliti. Terkadang banyak yang lebih tergiur dengan harga yang murah atau pandangan pertama yang menarik, Cobalah melakukan double check bahan makanan sehingga anda terhindari dari bahan makanan yang busuk dan sudah kadaluarsa.

Bahan makanan tidak hanya cukup memenuhi karbohidrat, protein dan lemak saja. Perhatikan pula kandungan vitamin dan juga antioksidan sehingga mendapatkan makanan yang sehat dan mengandung banyak manfaat untuk kesehatan anda. Sehingga penting memperhatikan kedua hal tersebut selama memilih bahan makanan yang akan diolah.

Masih dalam memilih bahan makanan bagi anak anda, hindari menggunakan tambahan msg berlebih, pewarna yang tidak alami, gula tambahan, bahan kimia lainnya yang dapat membahayakan kesehatan. Sehingga anda diharapkan dapat bijak dalam menentukan dan mengolah makanan yang akan anda sajikan pada keluarga anda. Dalam cara pengolahan bahan makanan pilihan anda. Pada jenis karbohidrat agar tidak mengalami kejenuhan maka anda dapa membua tim beras merah, jagung yang direbus atau ubi yang dibuat pure.

Sedangkan untuk berbagai jenis protein perhatikan dalam cara pengolahannya, kandungan protein yang berada di dalam telur sebaiknya tidak diolah terlalu lama apabila anda akan merebusnya cukup 7-8 menit saja sehingga kandungan protein dan vitamin tidak hilang. Kemudian bagi anda yang akan mengolah ayam dan daging jangan lupa untuk membuah kulit atau lemak yang terlalu banyak sehingga anak anda dapat terjaga kesehatannya, terlebih bagi anak anda yang memiliki kelebihan berat badan.

Terakhir bagi anda yang akan mengolah buah dan sayur. Hindari memasak terlalu lama karena akan membuat vitamin yang terkandung di dalamnya hilang. Lebih disarankan untuk membuat jus buah dan sayuran secara terjadwal, misalnya seminggu 3 kali sehingga membuat keluarga anda terpenuhi kebutuhan gizi dari jus buah dan sayuran .

Loading...

Follow us