data-ad-format="auto"

Cara Mengetahui Usia Kehamilan Dalam Hari

Usia kehamilan yang tepat dapat membantu ibu hamil dalam menentukan hari kelahiran dan juga membantu dokter dan bidan dalam memberikan tindakan sesuai pertumbuhan dan perkembangan janin.

 

Setelah mendapatkan hasil positif dari pemeriksaan alat testpack. Kali ini kami akan membantu anda dalam menentukan usia kehamilan dalam hari, umumnya kehamilan selama 280 hari. Apa saja cara yang akan membantu anda dalam mengetahui usia kehamilan dalam hari?

Cara Mengetahui Usia Kehamilan Dalam Hari Menggunakan USG

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Pemeriksaan USG merupakan pemeriksaan organ tubuh dengan bantuan gelombang suara frekuensi tinggi.Bantuan dari gelombang suara ini diarahkan ke tubuh.Dengan bantuan USG maka dapat diketahui berbagai organ seperti hati, empedu,ginjal,pankreas,jantung dan rahim.Sedangkan pada bagian organ tertentu yang berisi rongga udara sehingga kurang mampu dalam memantulkan gelombang suara yang memiliki frekuensi tinggi seperti paru,usus dan lambung.

Meskipun pemeriksaan USG digolongkan aman untuk ibu dan janin akan tetapi pemeriksaan pada kehamilan normal dan sehat hanya dilakukan tiga kali, pada trimester awal, trimester kedua dan trimester ketiga. Sedangkan bagi ibu hamil yang diketahui mengalami kondisi gawat/penanganan segera maka dapat dilakukan USG sesuai dengan saran dokter.

usia kehamilan dalam hari

Pada usia kehamilan 1-30 hari terdapat perkembangan janin dimana terbentuk kantung kehamilan yang melindungi janin dari air ketuban. Pada awal kehamilan ini plasenta sudah mulai berfungsi dalam menyalurkan nutrisi dari tubuh ibu ke janin. Bahkan sirkulasi darah di dalam tubuh janin sudah terjadi. Meskipun dalam pemeriksaan hasil USG belum begitu terlihat jelas organ-organ janin.

Sedangkan pada usia kehamilan 31-60 hari perkembangan lebih pesat dimana mulai terbentuk wajah janin.Bahkan pada pemeriksaan USG yang lebih detail bakal telinga janin sudah mulai tampak dengan lipatan pada bagian sebelah kepala. Bahkan syaraf pusat,syaraf tulang belakang dan saluran pencernaan sudah mulai terbentuk diakir usia kehamilan ini.

Pemeriksaan pada usia kehamilan 61-90 hari ditunjukan dengan terbentuk sempurnanya bagian tubuh bayi.Pada bagian tangan akan mengepal, bagian kuku sudah mulai terbentuk.Hanya saja pemeriksaan USG dikehamilan usia ini kurang tepat apabila ingin mengetahui jenis kelamin janin meskipun organ reproduksi atau sistem kemih akan mulai terbentuk dan terjadi produksi empedu. 

Memasuki usia kehamilan 91-120 hari menunjukan kondisi janin yang lebih sempurna. Pada pemeriksaan tubuh seperti wajah,kaki, jari ataupun tangan dapat terlihat lebih jelas. Dengan demikian bagi anda yang ingin melakukan pemeriksaan USG pertama kalinya, anda dapat melakukan pada usia kehamilan ini.

Pada tahap perkembangan usia kehamilan 121-150 hari dimana gerakan janin akan terasa lebih kencang dalam melatih otot.Kepala janin yang sudah ditumbuhi rambut yang halus begitupula pada bagian kaki dan tangan janin yang mulai ditumbuhi rambut halus. Pada seluruh kulit bayi yang tertutup dilapisi lapisan putih yang dapat mencegah bayi ketika dilahirkan terkena air ketuban.

Selanjutnya pada usia kehamilan 151-180 hari  dimana gerakan janin semakin terasa.Pada perkembangan usia janin dimana pembuluh darah masih sangat tipis terutama pada bagian sekitar perut.Bahkan pada bulan ini sudah dapat membuka dan menutup kelopak mata dan juga sudah mendengar suara dari luar perut sehingga ibu disarankan untuk mendengarkan musik yang klasik pada janin menggunkaan earphone untuk dapat merangsang kecerdasan janin di dalam kandungan.

Memasuki usia kehamilan 181-210 hari janin sudah dapat merangsang suara diluar perut.Bahkan sudah dapat merasakan adanya rangsangan cahaya. Pada usia kehamilan ini, ibu hamil dapat melakukan pemeriksaan USG kembali untuk mengetahui perkembangan atau pertumbuhan janin apabila ditemukan kondisi abnormal.

Sedangkan pada usia kehamilan 211-240 hari dimana perkembangan cadangan lemak didalam kulit yang semakin banyak dimana pendengaran dan penglihatan bayi sudah berfungsi dengan baik. Bahkan sistem di dalam tubuh janin yang semakin besar dan sudah mulai berfungsi seperti paru-paru, bahkan pada bagian otak sudah mulai sempurna.

Selanjutnya pada usia kehamilan 241-280 hari dimana persiapan menjelang persalinan, pada periode ini dokter akan melakukan pemeriksaan menjelang hari persalinan.Persiapan fisik dan psikis ibu hamil sangat dibutuhkan  menjelang persalinan. Selain itu kondisi janin sangat menentukan untuk mendapatkan tindakan persalinan , baik persalinan normal atau persalinan melalui jalan caesar.

Dengan menggunakan USG  selain dapat mengetahui usia kehamilan dapat juga diketahui bagaimana perkembangan dan pertumbuhan janin sesuai usianya. Bahkan kini anda dapat memilih jenis USG yang anda inginkan. Perkembangannya USG kali ini dapat menggunakan 2 dimensi, 3 dimensi atau 4 dimensi .

Bagi anda yang memilih menggunakan USG 2 dimensi maka dapat menampilkan janin pada gambar yang datar dengan garis dan dapat dijelaskan lebih lanjut oleh pemeriksa USG. Meskipun demikian dengan menggunakan USG ini dapat difungsikan dalam mengamati perkembangan organ –organ penting janin.

USG 2 dimensi ini digunakan dokter dalam memantau usia trimester pertama sedangkan apabila dokter menemukan adanya kelainan maka dianjurkan menggunakan USG berdimensi 3 ataupun USG dimensi 4. Kelebihan dari USG 3 dimensi adalah akan memperlihatkan tampilan janin secara detail sehingga dapat mudah dipahami oleh ibu hamil atau anggota keluarga yang ingin mengetahui perkembangan janin. Bahkan anatomi tubuh janin dapat terlihat dengan jelas sehingga lebih mudah untuk mengidentifikasi kelainan yang muncul pada janin.

Untuk lebih melengkapi hasil USG maka dilakukan USG 4 dimensi yang dapat diketahui visual secara detail dan dapat bergerak seperti sedang menyaksikan film. Dengan menggunakan USG 4 dimensi juga dapat mengetahui gambar anggota tubuh secara detail, seperti bentuk hidung,kegiatan janin seperti menghisap,menguap atau menggerakan janin.Bahkan dengan menggunakan USG 4 dimensi ini dapat mengenali kehamilan ektopik atau kelainan plasenta. Bahkan dengan bantuan USG 4 dimensi akan membantu anda untuk merekam kegiatan janin dalam bentuk CD.

Selain menggunakan USG , cara mengetahui usia kehamilan dengan menggunakan hari dapat dilakukan dengan menghitung Hari Pertama Hari Terakhir haid (HPHT), akan lebih mudah dilakukan untuk wanita yang memiliki siklus haid teratur. Untuk menentukan tanggal lahir, bagi anda yang memiliki siklus tidak teratur maka hasil dari penghitungan HPHT  diberikan rentan waktu 7 hari  awal dan 7 hari lebih dari hasil.

Adapun yang lupa hari pertama haid dan hari terakhir haid maka dapat menggunakan gerakan janin atau detak jantung janin dalam menentukan usia kehamilan. Meski usia kehamilan dapat memprediksi hari lahir akan tetapi hanya 5% dari kehamilan yang sesuai dengan prediksi dari penghitungan cara-cara tersebut. Kesiapan setelah memasuki usia kehamilan 280 hari dengan senantiasa melakukan konsultasi dengan dokter, mempersiapkan fisik dan juga mental menjelang persalinan. 

Loading...

Follow us