data-ad-format="auto"

Cara Berkomunikasi dengan Bayi Usia 1-3 Bulan

Ini adalah waktu yang menarik bagi orang tua bayi di usia 1-3 bulan membuat kemajuan nyata menuju komunikasi sesuai dengan usianya. Selama periode ini, Anda akan mampu melihat bayi dalam percakapan dua arah dengan anda meskipun masih terbatas dengan senyum dan kata ooh dan ahh.

Bagaimana Bayi Berkomunikasi pada usia 1-3 bulan

Menangis menjadi  salah satu sarana utama berkomunikasi selama berbulan-bulan. Selain membiarkan orang tua tahu bahwa bayi membutuhkan sesuatu, bayi mungkin menangis ketika memerlukan adaptasi dengan lingkungan barunya ketika lahir. Terkadang bayi mungkin menangis tanpa alasan yang jelas. Selama bayi Anda tidak sakit atau terluka, cobalah untuk tidak terlalu marah jika bayi Anda menangis dan Anda tidak bisa menghiburnyanya. Bayi Anda akan merespon suara Anda dengan menjadi tenang, tersenyum, atau bersemangat dan menggerakan lengan dan kaki. Bayi usia 1-3 bulan mulai tersenyum secara teratur pada ibu dan ayahnya saja dan memerlukan pengenalan terlebih dahulu kepada orang yang baru ditemuinya. Bayi Anda mungkin tidak akan tersenyum dan bertindak ramah dengan orang asing yang baru dia jumpai. Pada bulan selanjutnya Bayi menemukan kemampuan dalam mengucapkan vokal, seperti "ah-ah" atau "ooh-ooh," pada usia 2 bulan.

Apa yang Harus Saya Lakukan?

Bayi Anda senang mendengar suara Anda, sehingga berbicara, mengoceh dan bernyanyi bisa anda lakukan di periode ini. Anda dapat menanggapi antusias suara bayi anda dengan tersenyum. Beritahu bayi anda nama objek atau gerakan yang sedang dia lihat atau yang dilakukan. Jika Anda mendengar bayi Anda membuat suara coba ulangi dan menunggu dia untuk bersuara yang sama dihadapan orang lain. Anda dapat mengajarkan hal yang sangat berharga disaat dia bisa mengucapkan vokal. Tunjukan rasa ketertarikan anda ketika bayi anda berbicara, jangan mengganggu atau berpaling dengan demikian rasa kepercayaannya untuk berbicara akan tumbuh. Bayi usia ini tampaknya merespon dengan baik terhadap suara . Itulah mengapa kebanyakan orang akan menaikkan nada suara mereka dan membesar-besarkan ucapan mereka ketika berbicara dengan bayi. Ini baik-baik saja,penelitian telah menunjukkan bahwa "bayi bicara" tidak menunda perkembangan bicara, tapi campuran dalam beberapa kata dewasa reguler dan nada. Pada saat tertentu mungkin bayi anda akan menangis ketika anda ajak berbicara. Jangan putus asa mungkin ada beberapa alasan seperti terlalu dirangsang atau sedang mengalami kondisi yang tidak sehat. Umum bagi bayi memiliki masa rewel tentang waktu yang sama setiap hari, umumnya terjadi pada tengah malam. Cobalah untuk menenangkan bayi. Beberapa bayi terhibur oleh gerakan, seperti goyang atau menjadi berjalan bolak-balik melintasi ruangan, sementara yang lain merespon suara, seperti musik lembut. Anda harus bersabar sehingga menemukan posisi yang disukai oleh bayi anda.

Pada umumnya kemampuan komunikasi di usia 1-3 bulan masih cukup terbatas dengan menunjukan kemampuan komunikasi seperti :

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

  1. Memperhatikan wajah dan sekitarnya
  2. Tersenyum saat mendengar suara orang tua
  3. Tersenyum dengan kontak sosial
  4. Berbisik dan mungkin mulai mengoceh
  5. Meniru beberapa  ekspresi wajah

Perlu diingat bahwa bayi berkomunikasi pada tingkat yang berbeda sehingga anda dapat menstimulasi kemampuan berbicara dengan mengajaknya mendengarkan cerita ketika sedang melakukan aktivitas misalnya setelah mandi atau menggunakan pakaian.

Loading...

Populer di Dunia Bayi

1500+ Rangkaian Nama-Nama Bayi Laki-Laki Islami Modern

Mendapatkan kehamilan memang merupakan salah satu berkah yang luar biasa yang di berikan…

Nama-Nama Bayi Perempuan Islami

Nama adalah doa dan nama juga bisa menjadi pengharapan orang tua kepada anak. Oleh karena…

Cara Ampuh Menaikan Berat Badan Bayi

Pada umumnya bayi dilahirkan dengan berat badan dan ciri yang berbeda satu sama lainnya,…
Default Image

Bayi Muntah Setelah Diberi ASI

sumber : KuliahBidan Gumoh dan muntah sering kali terjadi hampir setiap pada bayi. Gumoh…
Default Image

Mengenal Tanda-Tanda Pertumbuhan Gigi Bayi

Setiap bayi akan memiliki masa pertumbuhan gigi yang berbeda-beda, namun biasanya awal di…

Follow us