Cara Berkomunikasi dengan Bayi Usia 1-3 Bulan

3.82/5 (11)

Apa yang Harus Saya Lakukan?

Bayi Anda senang mendengar suara Anda, sehingga berbicara, mengoceh dan bernyanyi bisa anda lakukan di periode ini. Anda dapat menanggapi antusias suara bayi anda dengan tersenyum. Beritahu bayi anda nama objek atau gerakan yang sedang dia lihat atau yang dilakukan. Jika Anda mendengar bayi Anda membuat suara coba ulangi dan menunggu dia untuk bersuara yang sama dihadapan orang lain. Anda dapat mengajarkan hal yang sangat berharga disaat dia bisa mengucapkan vokal. Tunjukan rasa ketertarikan anda ketika bayi anda berbicara, jangan mengganggu atau berpaling dengan demikian rasa kepercayaannya untuk berbicara akan tumbuh. Bayi usia ini tampaknya merespon dengan baik terhadap suara . Itulah mengapa kebanyakan orang akan menaikkan nada suara mereka dan membesar-besarkan ucapan mereka ketika berbicara dengan bayi. Ini baik-baik saja,penelitian telah menunjukkan bahwa “bayi bicara” tidak menunda perkembangan bicara, tapi campuran dalam beberapa kata dewasa reguler dan nada. Pada saat tertentu mungkin bayi anda akan menangis ketika anda ajak berbicara. Jangan putus asa mungkin ada beberapa alasan seperti terlalu dirangsang atau sedang mengalami kondisi yang tidak sehat. Umum bagi bayi memiliki masa rewel tentang waktu yang sama setiap hari, umumnya terjadi pada tengah malam. Cobalah untuk menenangkan bayi. Beberapa bayi terhibur oleh gerakan, seperti goyang atau menjadi berjalan bolak-balik melintasi ruangan, sementara yang lain merespon suara, seperti musik lembut. Anda harus bersabar sehingga menemukan posisi yang disukai oleh bayi anda.

Pada umumnya kemampuan komunikasi di usia 1-3 bulan masih cukup terbatas dengan menunjukan kemampuan komunikasi seperti :

  1. Memperhatikan wajah dan sekitarnya
  2. Tersenyum saat mendengar suara orang tua
  3. Tersenyum dengan kontak sosial
  4. Berbisik dan mungkin mulai mengoceh
  5. Meniru beberapa  ekspresi wajah

Perlu diingat bahwa bayi berkomunikasi pada tingkat yang berbeda sehingga anda dapat menstimulasi kemampuan berbicara dengan mengajaknya mendengarkan cerita ketika sedang melakukan aktivitas misalnya setelah mandi atau menggunakan pakaian.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply