Cara Berkomunikasi dengan Bayi Usia 4-7 Bulan

5/5 (1)

Apa yang harus saya lakukan?

Bayi usia ini suka dirangsang oleh permainan dan interaksi vokal. Bayi Anda akan senang ketika Anda mengajaknya untuk berbisik. Dia akan mampu meniru suara vokal kemudian berkata-kata sederhana dengan bantuan vokal yang bayi kuasai. Anda dapat membuat percakapan dengannya sehingga memberikan kesempatan dia untuk bercakap kemudian anda menjawab atau sebaliknya. Tanggapi dengan antusias sehingga bayi anda terespon untuk melakukan vokal selanjutnya. Perkenalkan bayi Anda dengan kata-kata sederhana yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Gunakan kata-kata dewasa, penelitian ahli menyatakan bahwa bayi dapat memahami kata-kata panjang sebelum mereka mampu mengucapkanya, dan kebiasaan
bicara yang baik membantu membentuk pola bicara bayi. Ketika Anda berbicara dengan bayi Anda, memperlambat bicara Anda dan menekankan kata-kata tunggal kemudian anda dapat menunjukan objek yang dibicarakan untuk menambahnya semakin tertarik berkomunikasi dengan anda.

Kemudian berikan kesempatan untuk bayi memberikan tanggapan. Anda dapat membacakan buku-buku cerita karena bayi akan senang dibacakan dari buku-buku dengan gambar besar berwarna cerah. Selain membantu dia membentuk kebiasaan ucapan yang baik, bayi akan mempertajam kemampuan indera penglihatan dengan gambar tersebut. Jangan terlalu memaksakan bayi anda berkomunikasi, sama halnya dengan orang dewasa bayi memiliki mood ketika berbicara. Terkadang bayi tidak dalam keadaan mood untuk bersuara. Jika bayi Anda berpaling, menutup matanya, atau menjadi rewel, biarkan saja hal ini umum terjadi, bayi anda sedang memerlukan waktu untuk beristirahat. Pada usia ini 4-7 bulan bayi memiliki perkembangan komunikasi diantaranya adalah sudah dapat mengenali dan menanggapi namanya kemudian dapat membuat suara dengan berbagai vokal sehingga bayi mulai dapat menanggapi dan meniru ekspresi lawan bicara. Bila pada usia ini bayi anda belum menunjukan komunikasi yang baik dan tidak peka dengan respon yang diberikan oleh anda tanpa memiliki ekspresi wajah sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui permasalahan yang terjadi pada bayi anda.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel