Cara Ampuh Mengatasi Kapalan

1/5 (1)

Apa Kapalan Itu?

Kapalan atau yang dalam bahasa kedokteran disebut dengan ‘Cullus’ merupakan penebalan yang terjadi pada bagian kulit. Kapalan ini biasanya banyak menyerang bagian tangan dan dan telapak kaki. Kapalan dapat terjadi sebagai akibat dari terlalu banyaknya atau terlalu seringnya terjadi penekanan yang terus-menerus atau juga gesekan yang terjadi secara berulang-ulang pada tempat yang sama dibagian kulit tubuh yang lama kelamaan terjadilah penebalan kulit. Penebalan kulit ini sebenarnya terjadi sebagai respon alamiah tubuh untuk menghadapi gesekan dan penakan yang terjadi secara berulang-ulang tersebut agar tidak timbul luka pada kulit yang tertekan atau tergesek.

Untuk itulah, ketika kapalan ini timbul pada orang yang sehat, maka ini tidak berbahaya dan sebenarnya tidak perlu untuk dihilangkan karena ini adalah sebagai bentuk pertahanan tubuh dari luka . Hanya saja sewaktu-waktu, kapalan dapat menimbulkan rasa yang tidak nyaman dan menimbulkan rasa nyeri. Selain itu, pada kebanyakan kasus yang dijumpai, masalah penampilanlah yang melatarbelakangi seseorang ingin menghilangkan kapalan dari tangan dan kakinya. Namun hal ini berbeda dengan penderita diabetes melitus (kencing manis) atau kondisi lainnya yang menyebabkan aliran darah yang buruk ke kaki.

Pada penderita ini kapalan sebaiknya segera dihilangkan karena beresiko lebih besar terhadap komplikasi dari kapalan itu sendiri yang akan dapat menimbulkan luka atau borok. Untuk itu, khusus untuk pasien penderita ini, sebaiknya segera mengatasi kapalan yang timbul dibagian kulit tubuh yang tentunya cara mengatasinya tersebut harus disertai dengan rekomendasi dari dokter, jangan menghilangkan kapalan sendiri.

Cara Mengatasi Kapalan

Cara terbaik untuk mengatasi sebuah masalah adalah dengan menghindari penyebab itu sendiri. Begitupun dengan kapalan, untuk menghindari dan mengatasi kapalan adalah dengan menghindari penyebab kapalan. Menghindari penyebabnya yakni dengan membatasi aktifitas-aktifitas yang mampu memicu penebalan kulit seperti mengendarai motor yang intens, menggunakan sepatu setiap hari dan seharian penuh dan lain-lainnya. Lantas bagaimana jika kapalan itu sudah terlanjur muncul dibagian kulit tubuh? Bagaimana cara mengatasinya.

  1. Rendam kaki dengan menggunakan air hangat setelah mandi selama kurang lebih 20 menit. Setelah itu, gosok-gosok area kapalan dengan menggunakan batu apung.
  2. Jangan sekali-kali menggunting kapalan sendiri menggunakan pisau atau gunting. Hal ini untuk menghindari infeksi akibat alat-alat yang belum tentu steril yang anda gunakan. Apabila timbul luka dibagian kapalan, maka hal ini akan serta merta menyulitkan anda dikemudian hari.
  3. Berikan pelembap pada bagian tangan atau kaki yang sering meakukan aktifitas yang dapat menimbulkan tekanan dan gesekan.
  4. Berikan cairan yang mengandung asam salisilat (callusol) secukupnya pada area kapalan. Anda bisa mengaplikasikannya menggunakan kasa. Gunakan ritual ini secara rutin dan ganti kasa 2 kali sehari.

Berikut adalah beberapa cara mengatasi kapalan. Jika kapalan terasa amat menyakitkan atau meradang dan membengkak ada baiknya segera temui dokter untuk memeriksakan kesehatan anda. Selain itu bagi para penderita diabetes melitus, saat hendak melakukan penanganan kapalan ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu kedokter. Kulit putih mulus dan sempurna tentunya menjadi dambaan siapa saja, untuk itu menghilangkan kapalan adalah salah satu cara mendapatkan kulit putih dan halus.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply