Campak Pada Anak – Penyebab, Gejala dan Cara Mengobatinya! – Bidanku.com

Pengertian Campak Pada Anak

Campak pada anak merupakan suatu penyakit yang menunjukan gejala seperti ruam pada seluruh tubuh. Kondisi ini sangat menular. Campak pada anak dapat mengarah pada komplikasi yang terjadi lebih serius, bahkan sangat mengganggu. Pada umumnya, gejala campak pada anak dapat muncul selama satu sampai dua minggu setelah tubuh terinfeksi.

Campak Pada Anak – Penyebab, Gejala dan Cara Mengobatinya!

Penyebab campak

Penyakit tersebut disebabkan oleh virus yang sangat menular. Virus yang menyebabkan penyakit ini mampu bertahan di udara, dan permukaan lebih dari 2 jam. Itu sebabnya, apabila anda menyentuh barang yang terkena percikan orang terinfeksi virus ini, anda dapat terinfeksi.

Virus ini juga mampu ditularkan oleh orang yang terinfeksi dari kurang lebih 4 hari. Sebelum timbulnya gejala sampai empat hari setelah gejala yang mulai mereda. Apabila penyakit ini tidak ditangani dengan segera, mampu menyebabkan penyakit endemik. Seperti menyebabkan banyak kematian, terutama pada kalangan anak-anak yang kekurangan asupan gizi.

Apa saja gejala yang muncul?

Campak adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh virus. Munculnya ruam pada seluruh tubuh merupakan gejala yang sangat menular. Berikut gejala campak yang umum terjadi.

  • Mata memerah serta sensitif terhadap cahaya
  • Gejala serupa dengan pilek, batuk kering, sakit tenggorokan serta hidung beringus.
  • Tubuh mudah lemas dan letih
  • Demam yang tinggi
  • Diare
  • Mual dan muntah
  • Kehilangan nafsu makan
  • Bercak kecil berwarna putih pada area mulut dan tenggorokan

Faktor resiko campak

Pada umumnya, penularan campak dapat terjadi melalui percikan cairan dari pengidap campak yang keluar ketika bersin dan batuk. Siapapun yang terkena percikan cairan tersebut akan terinfeksi campak. Virus campak mampu bertahan selama beberapa jam dan menepel pada benda-benda.  Faktanya, campak lebih sering menginfeksi anak-anak yang berusia di bawah lima tahun atau balita.

Seseorang akan rentan terkena virus ini apabila dirinya belum mendapatkan vaksinasi campak. Penyakit ini merupakan suatu penyakit yang harus di waspadai. Meskipun jumlah pengidap campak ini tidak terlalu banyak. Komplikasi yang disebabkan oleh virus ini pada umumnya adalah bronkitis, infeksi paru, dan infeksi otak.

Seseorang akan dengan mudahnya beresiko mengalami komplikasi apabila:

  • Bayi berusia dibawah satu tahun
  • Orang yang mempunyai penyakit kronis sebelumnya
  • Orang yang mempunyai sistem kekebalan tubuh yang lemah

Bercak dan ruam yang berwarna cokelat akan muncul pada area kulit, setelah beberapa hari. Urutan dari munculnya bercak tersebut, pada belakang telinga, sekitar kepala, serta leher. Ruam yang terjadi pada akhirnya akan menyebar ke seluruh tubuh.

Diagnosis campak

Diagnosis penyakit campak ini akan ditentukan berdasarkan dengan gambaran klinis. Dokter terlebih dahulu akan melakukan pemeriksaan fisik, serta menanyakan gejala yang dialami oleh penderita. Akan tetapi, pada kasus-kasus tertentu dokter akan melakukan suatu pemeriksaan penunjang. Pemeriksaan penunjang yang dilakukan seperti pemeriksaan darah secara lengkap, pemeriksaan antibodi terhadap campak, serta fungsi hati.

Pencegahan campak

Campak juga dikenal sebegai rubella atau campak merah. Pada saat ini, telah tersedia jenis vaksin untuk mencegah penyakit infeksi virus ini. Vaksin yang digunakan untuk campak termasuk pada bagian dari MMR. Vaksin tersebut adalah suatu vaksin gabungan untuk gondongan, campak serta campak jerman.

Vaksinasi MMR dapat diberikan sebanyak dua kali. Saat pertama diberikan pada anak berusia 15 bulan. Kemudian berikutnya di berikan lagi saat anak sudah berusia 5 sampai 6 tahun, atau sebelum masuk sekolah dasar. Vaksin ini mempunyai fungsi yang sangat penting untuk mencegah virus campak.

Pengobatan campak

Beberapa pengobatan dapat anda lakukan di rumah untuk mengatasi campak. Seperti:

  • Mengkonsumsi banyak air putih
  • Menjaga kualitas tidur
  • Perbanyak istirahat
  • Hindari terkena paparan sinar matahari selama mata masih sensitif terhadap cahaya
  • Mengkonsumsi obat penurun demam
  • Mengkonsumsi obat pereda nyeri jika diperlukan

Kapan harus ke dokter?

Apabila beberapa cara untuk mencegah campak diatas tidak berhasil. Segera bawa konsultasi ke dokter, untuk mengetahui penyebab. Serta mendapatkan penanganan dan perawatan yang tepat. Selain itu, anda harus segera hubungi dokter apabila anak menunjukan gejala-gejala:

  • Demam tinggi yang semakin parah
  • Anak sulit untuk dibangunkan
  • Linglung
  • Sesak nafas
  • Sakit kepala yang sangat parah
  • Mengeluarkan cairan berwarna kuning dari mata
  • Terlihat sangat pucat
  • Lemah, lunglai
  • Sakit pada telinga

Cara alami mengobati campak

Berikut ini merupakan bahan-bahan alami yang dapat anda pilih. Bahan-bahan tersebut mampu menghilangkan campak dengan cepat.

Daun Jarak

bahan alami obat campak - Bidanku.com

Daun jarak dapat digunakan untuk mengobati campak yang terjadi. Zat aktif yang terdapat dalam daun jarak, dapat membuat luka yang disebabkan oleh campak cepat kering. Anda dapat menggunakan nya dengan cara meremas daun jarak kedalam air hangat. Kemudian anda gunakan untuk mandi.

Kunyit dan madu

Kandungan yang terdapat di dalam kunyit adalah antiseptik serta antioksidan. Kandungan tersebut sangat efektif untuk obat campak. Anda dapat menambahkan madu kedalam segelas susu hangat, kemudian tambahkan 1 sendok makan kunyit yang telah dihaluskan. Kombinasi yang di ramu lain nya adalah kunyit dengan biji asam jawa.

Kunyit juga dapat dicampurkan dengan jus labu dan madu. Kemudian anda minum airnya. Madu dilengkapi dengan kandungan vitamin B2 serta vitamin B6, yang berfungsi intuk pencegahan penyakit kulit. Selain itu, asam pantotenat serta biotin dalam kandungan madu mampu mengobati herpes dan eksim.

Biji nangka

bahan alami obat campak - Bidanku.com

Biji nangka juga mampu mengobati campak yang di derita. Anda dapat membuat ramuan ini dengan cara merebus biji nangka sampai mendidih. Kemudian anda saring dan tiriskan. Anda dapat meminum rebusan biji nangka tersebut sebanyak 2 kali sehari. Pagi dan sore secara teratur.

Terong

Terong mempunyai kandungan antioksidan didalamnya. Kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C dan Zinc di dalamnya juga mampu menyembuhkan campak lebih cepat. Anda dapat mengkonsumsi 1 gram biji terong. Anda lakukan secara rutin 3 kali sehari.

Air kelapa

Air kelapa muda sangat bermanfaat untuk menetralkan racun di dalam tubuh. Enzim serta antidotum yang terkandung di dalam air kelapa mampu memberi perlindungan kepada tubuh. Serta mencegah virus.

Baca Juga : Campak Beruang Pada Bayi

Virus campak mampu menyerang saluran pernafasan

Virus campak dapat menyebar melalui udara dan secret orang yang sudah terinfeksi. Anak-anak akan rentan terkena campak. Virus yang terhirup oleh orang sehat akan menyerang sel epitel yang terdapat pada saluran pernafasan. Hal tersebut akan menyebabkan kerusakan pada rambut halus, yang melindungi saluran tersebut.

Saluran pernafasan yang mengalami kerusakann akan menyebabkan gejala prodromal. Gejala yang muncul seperti batuk, dan pilek kurang lebih selama tiga hari. Kemudian virus tersebut akan masuk kedalam sirkulasi darah. Kondisi inilah yang menyebabkan penderita merasakan demam.

Akan muncul bercak merah secara bertahap, dari belakang telinga sampai ke seluruh tubuh. Virus campak akan membutuhkan waktu kurang lebih 8-12 hari untuk dapat menimbulkan beberapa gejala. Virus campak juga mampu berkembng biak dalam jaringan limfoid dan organ lain nya. Seperti pada limpa, timus, kelenjar getah bening, serta pada tonsil. Dalam beberapa kasus, virus ini terdapat pada bagian organ pada kulit, paru-paru, hati bahkan pada saluran pencernaan.

Leave a Reply