Bolehkah Ibu Hamil Minum Obat Masuk Angin (Tolak Angin)?

4.37/5 (193)

Kehamilan merupakan sebuah anugerah yang luar biasa indah untuk pasangan suami-istri yang memang telah mengidamkan hadirnya buah hati ditengah-tengah keluarganya.

Terlebih lagi untuk mereka pasangan yang telah lama menikah namun belum kunjung diberikan anugerah besar ini dari Sang Maha Kuasa. Tentu akan menjadi kebahagiaan yang tak terkira bagi kedua pasangan terebut saat dokter menyatakan bahwa pasangan anda dinyatakan positif tengah mengandung buah cinta anda yang selama ini telah dinanti-nanti.

Hal ini akan menjadi kabar yang menggembirakan untuk dibagi bersama dengan anggota keluarga lain terutama ibu dan mertua anda yang telah menantikan menimang cucu mereka dengan segera. Tentu saja, anda pun tak akan melewatkan memberikan kabar untuk teman-teman anda.

Kini kebahagiaan diwajah pasangan anda semakin tergambar nyata. Kasihnya untuk anda pun semakin nampak jelas tatkala segala hal yang anda lakukan seringkali menjadi kekhawatiran untuk sang suami. Bahkan mungkin sebagian besar suami akan dengan rela menggantikan peran istri melakukan pekerjaan rumah kecil saat anda mulai mengeluh kelelahan.

Sungguh menyenangkan memiliki kehamilan untuk anda yang telah menantikan hal ini sejak lama. Tak selang beberapa bulan lagi ada akan dapat menimang si buah hati dalam pelukan anda dan anda akan dapat melihat rupanya yang mungil dan merasakan aroma tubuhnya yang menggoda.

Namun tentunya berjalannya proses persalinan yang sehat dan lancar nanti akan bergantung pada bagaimana anda menjaga kehamilan yang bekualitas selama masa kehamilan anda. Untuk itulah, penting sekali melakukan segala hal dan mengupayakan banyak cara agar kehamilan yang sedang anda jalani saat ini dapat berjalan dengan baik tanpa masalah.

Mencukupi kebutuhan gizi dan nutrisi ibu hamil selama masa kehamilan adalah salah satu hal penting untuk menjaga agar tumbuh kembang si buah hati dalam kandungan anda dapat berjalan dengan baik dan tanpa kendala. Dengan begini maka perkembanganya akan terus berjalan dan mendukung kelahiran yang sempurna dan tanpa masalah.

Hal ini tentu saja menjadi dambaan dan impian untuk setiap ibu hamil yang akan menghadapi proses persalinan. Untuk itu, optimalkan segala hal dalam menjaga dan mengurus kehamilan anda agar kelahiran bayi anda dapat berjalan dengan baik.

Akan tetapi, meski segala hal dan upaya sudah dilakukan sedimikian rupa. Namun masalah rupanya selalu saja hadir dan enggan untuk pergi jauh. Meski ibu sudah melakukan segala upaya untuk mendukung perkembangan dan pertumbuhan janin dalam kandungan masalah lain seringkali muncul. Seperti salah satunya adalah masalah masuk angin. Kondisi yang satu ini hampir dialami oleh sebagian besar orang, tak terkecuali ibu hamil. Lantas apa sebenarnya masuk angin? Simak dibawah ini.

Apa Itu Masuk Angin?

Masuk angin adalah sebuah kondisi penyakit yang penyebabnya diakibatkan oleh terkumpulnya gas yang tidak merata dalam tubuh. Kondisi ini diyakini menjadi penyakit yang nyata, akan tetapi hingga sampai saat ini belum ada bukti medis yang mendukung klaim ini. Penyakit masuk angin sendiri umumnya memiliki gejala yang mirip dengan influenza dan penyebabnya sendiri hampir sama.

Penderita yang mengalami masuk angin umumnya membuat mereka merasa tidak nyaman. Hal ini dikarenakan kumpulan gas yang tidak merata dalam tubuh akan dapat membuat tubuh terutama bagian perut dan bagian punggung terasa nyeri dan begah.

Untuk mengatasi kondisi ini banyak orang akan melakukannya dengan kerok badan, yakni sebuah metode yang dilakukan dengan menggoreskan koin atau sebuah benda dengan permukaan halus pada bagian punggung. Metode ini diyakini ampuh untuk mengeluarkan angin tersebut dan membuat tubuh merasa lebih baik.

Ibu Hamil dan Masuk Angin

Mengingat kondisi penyakit ini bisa menyerang siapa saja, anda pun mungkin pernah dihadapkan pada kondisi penyakit yang satu ini saat hamil. Meski dikategorikan sebagai penyakit yang ringan, akan tetapi tetap saja bila kondisi ini dibiarkan begitu saja maka ibu hamil akan mungkin mengalami kondisi yang tersiksa dari gejala masuk angin yang dialaminya.

Nah, selain dengan menggunakan kerokan cara lain yang umum dilakukan untuk mengatasi kondisi masuk angin adalah dengan konsumsi obat masuk angin. Salah satu jenis obat yang umum untuk mengatasi masuk angin yang terkemuka adalah brand Tolak Angin.

Akan tetapi ketika kondisi ini terjadi dengan ibu hamil, maka penanganan masalah ini tidaklah dapat dilakukan dengan sembarang. Lalu apakah ibu hamil boleh mengkonsumsi tolak angin? Jawabannya akan dikupas dibawah ini.

Bolehkah Ibu Hamil Minum Tolak Angin?

Berbeda dengan orang yang tidak hamil, konsumsi obat-obatan akan mungkin aman dan disarankan untuk dikonsumi. Akan tetapi, tidak demikian dengan ibu hamil. Konsumsi obat yang sembarang pada ibu hamil akan dapat membahayakan kehamilan yang tengah dijalaninya. Hal ini dikarenakan tidak semua jenis obat baik dikonsumsi oleh ibu hamil mengingat ada beberapa obat yang memiliki dosis tinggi sehingga hal ini akan berdampak terjadap janin yang dikandungnya.

Tolak Angin merupakan produk yang diresepkan pada tahun 1930 untuk pertama kalinya guna mengatasi masuk angin. Tolak Angin sendiri merupakan zat aktif tanaman herbal yang tidak menyertakan kandungan patinya dari berbagai tanaman herbal sehingga bentuk dari Tolak Angin tidak berwarna kerus. Obat yang satu ini dapat dikosumsi saat perjalanan jauh atau kurang tidur.

Akan tetapi untuk ibu hamil kondumsi obat yang satu ini TIDAK direkomendasikan. Hal ini sesuai dengan yang tertera pada kemasan Tolak Angin cair itu sendiri. Jadi demikian, untuk anda yang sedang hamil dan hendak mengatasi masuk angin dengan obat herbal yang satu ini maka sebaiknya urungkan niatan anda mengkonsumsi obat herbal ini sebab akan dapat berbahaya untuk kehamilan anda.

Obat Masuk Angin yang Aman Untuk Ibu Hamil

Adapun selain mengkonsumi obat-obatan atau dengan menggunakan metode kerokan. Berikut ini beberapa obat masuk angin yang aman untuk ibu hamil.

  • Wedang Jahe

wedang jahe adalah salah satu minuman tradisional turun teurun masyarakat Indonesia yang dibuat dari jahe yang dicampur dengan air dan dijadikan saat panas. Minuman ini memiliki efek menghangatkan untuk tubuh. Selain itu ramuan tradisional ini pun akan cocok untuk obat masuk angin yang aman untuk ibu hamil. Konsumsi yang rutin terhadap minuman ini akan dapat meredakan masuk angin yang dirasakan. Tanpa kandungan bahan kimia dan efek samping yang berbahaya wedang jahe akan dapat menjadi obat yang ampuh untuk meredakan masuk angin.

  • Minyak Telon atau Minyak Kayu Putih

Obat masuk angin lain yang dapat digunakan untuk ibu hamil sebagai obat yang aman adalah dengan menggunakan minyak telon atau minyak kayu putih. Caranya, silahkan oleskan minyak kayu putih atau minyak telon ke seulruh badan terutama pada bagian perut dan punggung. Biarkan dan berbaringlah selama anda merasakan kinerja dari minyak ini. Perlahan masuk angin akan dapat diredakan dengan baik tanpa penggunaan obat-obatan yang berbahaya.

Demikian beberapa obat aman untuk ibu hamil yang mengalami masuk angin, semoga bermanfaat!

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel