Bolehkah Ibu Hamil Makan Daun Pepaya?

4.61/5 (161)

Makanan dan gizi adalah dua hal yang saling berkaitan untuk ibu hamil.

Mencukupi kebutuhan gizi dan nutrisi dalam tubuh ibu hamil adalah hal yang penting guna menunjang tumbuh kembang si janin dalam rahim ibu. Terjaganya asupan dua zat ini dalam kandungan akan dapat mendukung tumbuh kembang fisik dan organ dalam lain pada janin sehingga tumbuh sesuai dengan porsinya.

Sebaliknya, ibu hamil yang tidak mampu mencukupi kebutuhan gizi dengan baik akan dapat berpengaruh. Bukan hanya terhadap janin yang tengah dikandungnya, hal ini pun akan mungkin menimbulkan masalah kehamilan dan kesehatan untuk si ibu. Untuk itulah, penting sekali mencukupi asupan gizi dan nutrisi lewat makanan yang sehat. Sehingga dari sinilah muncul anjuran diet sehat untuk ibu hamil.

Akan tetapi diet disini maknanya jauh berbeda dengan diet yang seringkali dilakukan oleh banyak orang pada umumnya. Jika biasanya orang yang tidak hamil banyak melakukan diet dengan mengurangi asupan makanan untuk menurunkan berat badan. Pada diet kehamilan diartikan ibu hamil perlu menjaga dan mengurangi konsumsi makanan yang berbahaya yang akan membahayakan kehamilannya.

Sebaliknya, ibu hamil dituntut memperbanyak konsumsi makanan sehat yang memiliki kandungan yang baik untuk janin dan kesehatannya. Hal ini tentu difungsikan agar zat yang terdapat dalam makanan yang berbahaya tidak masuk kedalam tubuh dan akan mempengaruhi kesehatan dan perkembangan janin dalam rahim si ibu.

Untuk itulah, penting sekali bagi ibu hamil untuk selalu mencukupi kebutuhan gizi tersebut dari banyak mengkonsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah. Jenis makanan ini memiliki banyak kandungan gizi, nutrisi dan serat yang baik untuk kesehatan ibu hamil dan menunjang perkembangan janin dalam kandungan ibu hamil. Meski dikonsumsi dalam jumlah yang banyak, makanan ini akan aman dan tidak memiliki efek samping. Berbeda halnya dengan makanan yang memiliki zat berbahaya didalamnya yang apabila dikonsumsi oleh ibu hamil maka dampaknya akan pula dirasakan oleh si jabang bayi.

Nah, pada saat hamil mengkonsumsi zat besi adalah yang perlu dilakukan oleh ibu hamil agar si janin dapat berkembang dengan baik. Tidak hanya sebagai pembentuk sel darah merah, peranan zat besi juga amat diperlukan guna mengatasi kondisi kurang darah atau yang dikenal dengan anemia yang kerap kali melanda ibu hamil.

Nah, satu dari sekian banyak jenis makanan yang memiliki kandungan zat besi, daun pepaya adalah salah satu jenis makanan dengan kandungan zat besi yang cukup tinggi. Selain itu, daun pepaya tentunya cukup mudah untuk dijumpai di sekitar tempat tinggal anda. Terutama mereka yang tinggal dikawasan atau daerah yang masih asri dengan tanaman hijau, jenis daun ini akan dengan mudah ditemukan.

Rasa pahit yang terdapat pada daun pepaya rupanya tidak membuat orang berhenti menikmati sajian daun yang satu ini. Bahkan sebagian menganggap rasa pahit inilah yang membuat sajian ini menjadi lebih lezat. Banyak orang mengolah daun pepaya menjadi aneka ragam makanan yang lezat dengan pengolahan yang berbeda. Mulai dari dibuat lalapan, dimasak menjadi ayur atau bahkan ditumis dan dipadukan berama dengan bahan pelengkap lainnya sehingga tersaji menjadi hidangan yang enak.

Bagi sebagian orang daun pepaya bisa menjadi santapan yang lezat dan menggoda selera makan. Akan tetapi untuk ibu hamil yang hendak mengkonsumsi sajian ini biasanya mereka akan dibuat was-was dan merasa khawatir. Apalagi mengingat adanya anggapan yang menyatakan daun pepaya akan dapat menimbulkan masalah untuk kehamilan.

Lalu benarkah demikian? Lantas bolehkah ibu hamil mengkonsumsi daun pepaya? Untuk lebih jelasnya lagi mari kita bahas lebih dalam beberapa penjelasan dibawah ini.

Bolehkah Ibu Hamil Mengkonsumsi Daun Pepaya?

Banyaknya mitos dan anggapan yang tersebar dimasyarakat mengenai larangan pada ibu hamil yang mengkonsumsi jenis makanan ini membuat ibu hamil enggan menikmatinya, meski rasa dari daun ini lezat ketika dimasak.

Akan tetapi rupanya secara klinis, mengkonsumsi daun pepaya semasa kehamilan dalam batas yang wajar bukanlah hal yang berahaya baik untuk ibu hamil maupun janin yang sedang dikandunganya. Bahkan dilihat dari manfaat dan kandungannya ada begitu banyak manfaat yang mencengangkan yang terdapat dari daun pepaya.

Hal inilah yang membuat daun pepaya cukup dianjurkan dikonsumsi oleh ibu hamil namun dengan porsi yang tidak berlebihan. Lalu apa sajakah manfaat dari mengkosumsi daun pepaya untuk ibu hamil? Simak dibawah ini.

Manfaat Daun Pepaya Untuk Ibu Hamil

Sebenarnya bila ditelaah lebih dalam ada begitu banyak manfaat yang bisa dirasakan dari mengkonsumsi daun pepaya selam masa kehamilan. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya.

  • Mencegah Anemia

Wanita yang sedang hamil kerap kali mengalami anemia atau sebuah kondisi dimana mereka mengalami kurang darah sebab kekurangan asupan zat besi dalam tubuhnya. Mengkonsumsi daun pepaya akan dapat menjad solusi yang cerdas dan aman. Hal ini dikarenakan daun pepaya memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Sehingga demiian dengan makan daun pepaya akan dapat menanggulangi permasalah anemia pada ibu hamil sebab makanan ini memiliki kandungan zat besi yang tinggi.

  • Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Manfaat lain yang juga dapat dirasakan dari mengkonsumsi daun pepaya selama masa kehamilan adalah meningkatkan metabolisme tubuh dengan baik. Sebagaimana kita ketahui semasa kehamilan ibu hamil akan cenderung mengalami penurunan metabolisme yang cukup signifikan. Hal ini akan dapat memudahkan kuman, virus dan bakteri masuk kedalam tubuhnya. Daun pepaya menjadi salah satu jenis sayuran yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi yang dapat meningkatkan sistem imunitas ibu hamil dengan lebih baik.

  • Mengatasi Sembelit Pada Calon Ibu

Adanya kondisi hormonal yang berubah-ubah yang melanda ibu yang tengah hamil akan dapat mempengaruhi gerak peristaltik otot-otot usus sehingga kondisi ini akan mungkin menyebabkan sembelit terhadap ibu hamil. Akan tetapi dengan mengkonsumsi daun pepaya saat hamil akan dapat membantu usus untuk mencerna lemak dan protein agar tidak timbul keluhan sembelit pada ibu hamil.

Itulah dia beberapa manfaat baik yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi daun pepaya selama masa kehamilan.

Pada dasarnya mengkonsumsi daun pepaya bukanlah hal yang dilarang selama masa kehamilan akan tetapi sebaiknya ibu hamil tidak mengkonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan sebab segala sesuatu yang berlebihan umumnya tidak akan dapat berdampak dengan baik.

Konsumsi terhadap daun papaya boleh dilakukan selama porsinya tidak berlebihan. Selain itu, perhatikan pula kebersihan dan cara pengolahan daun papaya yang anda masak menjadi hidangan makanan.

Jangan memasak hidangan ini terlalu matang atau masih mentah. Asal empuk saja sudah cukup agar kandungan vitamin didalamnya tidak terbuang pada saat anda memasaknya terlalu matang. Nah, bagaimana setelah mengatahui manfaat dari daun papaya ini, apakah anda masih ragu untuk menyantap hidangan lezat yang kaya akan gizi dan nutrisi ini?

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply