Bolehkah Ibu Hamil Minum Minuman Isotonik?

4.53/5 (125)

Memasuki masa kehamilan adalah momen besar dalam kehidupan seorang wanita setelah upacara pernikahannya.

Tak heran bila momen yang satu ini akan menjadi momen yang tak terlupakan untuk sebagian besar wanita. Bertransformasi dari seorang gadis menjadi wanita dewasa dan akan siap menjadi seorang ibu dengan berbagai tantangan dan hal besar yang akan anda hadapi tentu menjadi hal yang cukup mendebarkan sekaligus menyenangkan.

Detik demi detiknya tentu menjadi saat-saat yang mengejutkan dan tak terduga. Akan tetapi mengetahui bagaimana menikmati setiap momen dari perjalanan panjang kehamilan ini akan menjadi hal yang membuat anda bisa merasakan bagaimana nikmatnya menjalani kehamilan.

Ada begitu banyak tantangan yang harus mampu dilalui oleh para ibu hamil, terutama tantangan di bulan-bulan pertama masa kehamilannya. Sebab pada masa ini ibu hamil akan dihadapkan pada banyak tantangan seputar tanda kehamilan yang muncul. Akan tetapi tidak perlu khawatir sebab tubuh pada akhirnya akan menyesuaikan dan berdaptasi pada kondisi hamil yang ibu jalani. Hanya saja umumnya beberapa tanda awal kehamilan seringkali memunculkan gejala yang menyiksa dan membuat ibu hamil dibuat tidak nyaman dengan kondisi ini.

Mual, muntah, pusing, tubuh menjadi mudah lelah, lemas, sakit kepala dan lain sebagainya adalah beberapa tanda awal kehamilan yang akan muncul minimal sampai bulan ketiga kehamilan. Tak sedikit ibu hamil yang dibuat kepayahan menahan gangguan kehamilan yang muncul secara tiba-tiba.

Seringkali mereka dibuat tidak nyenyak sewaktu tidur dan tidak nyaman saat melakukan aktivitas. Bila tidak kuat menghadapi gangguan ini tak sedikit ibu hamil yang mengalami stres karena tidak tahan dengan kondisi gangguan kehamilan yang menyerang.

Akan tetapi penting sekali untuk selalu menjaga kehamilan anda agar tetap sehat. Meskipun mual dan muntah menghalangi namun tetap saja asupan nutrisi dan gizi dalam tubuh harus tetap terjaga dengan baik guna mendukung perkembangan si janin dalam rahim ibu agar tetap sehat dan berjalan dengan lancar.

Ya, menjaga kehamilan merupakan sebuah kewajiban untuk seorang wanita yang tengah mengandung. Hal ini dikarenakan kehamilan yang sehat akan dapat menunjang proses kelahiran yang berkualitas. Anda tentu tidak ingin bila buah hati yang anda lahirkan ke dunia mengalami kelahiran yang bermasalah atau mengalami kecacatan akibat selama kehamilan anda tidak mampu menjaga asupan gizi dan nutrisi untuk buah hati anda, bukan?

Untuk itulah, penting sekali untuk ibu hamil mengetahui lebih banyak mengenai informasi tentang kesehatan kehamilannya tersebut. Dengan begini maka kehamilan yang dijalani oleh ibu hamil akan dapat lebih mudah tatkala anda mampu menentukan sendiri jenis asupan gizi dan nutrisi yang baik untuk tubuh dan si janin yang anda kandung.

Pada masa kehamilan adakalanya ibu hamil memiliki hasrat untuk melakukan atau mengkonsumsi beberapa jenis makanan tertentu. Pamali bila tidak diwujudkan, seringkali dilibatkan demi memenuhi keinginan ibu hamil akan suatu hal. Hanya saja yang jadi pertanyaan disini apakah hal tersebut aman dan boleh diberikan pada ibu hamil? Sebab berbeda pada saat sebelum hamil, kini ibu tak lagi bisa mengkonsumsi makanan dengan sembarangan.

Jenis asupan makanan yang ibu konsumsi bukan hanya untuk ibu sendiri melainkan akan pula didapatkan oleh si buah hati dalam kandungan anda. Dengan demikian pada saat anda mengkonsumsi jenis makanan atau minuman yang berbahaya maka dampak ini akan pula dirasakan oleh si janin.

Terus-terusan memberikan asupan makanan yang sembarang kedalam tubuh selama masa kehamilan tentu akan berpengaruh terhadap kesehatan si buah hati yang ibu kandung. Bahkan pada giliran terburuk, konsumsi makanan yang berbahaya akan dapat membuat ibu meningkatkan resiko kelahiran cacat atau abnormal. Sehingga demikian penting sekali untuk ibu hamil lebih selektif dalam memilih jenis makanan yang akan dikonsumsinya.

Sama halnya dengan yang terjadi pada beberapa konsumsi minuman kemasan yang banyak dijual dipasaran, terutama minuman isotonik. Rasa mual dan sering muntah yang terjadi pada ibu hamil seringkali membuat mereka merasa enggan mengkonsumsi air putih terus-menerus apalagi mengkonsumsinya dalam jumlah banyak dalam satu waktu.

Hal ini seringkali mengundang ibu hamil untuk  merasakan mual dan akhirnya mudah muntah. Sehingga demikian sebagai alternatif minuman dengan perasa yang lebih segar banyak dipilih agar ibu hamil dapat tetap mendapatkan asupa cairan dalam tubuhnya meski dengan mengkonsumsi cairan selain air mineral.

Sebut saja Pocari Sweat salah satu brand minuman kemasan yang cukup terkenal di Indonesia ini mengembangkan sayapnya dengan memproduksi minuman isotonic bertajuk Pocari Sweat. Minuman ini disebut-sebut menjadi salah satu minuman yang dapat menggantikan cairan ion tubuh yang hilang selama melakukan aktivitas sehingga mampu menghindarkan seseorang dari dehidrasi.

Kandungan ion dalam Pocari Sweat memang banyak dimanfaatkan orang untuk mengembalikan stamina setelah aktif melakukan banyak hal. Komposisinya yang mirip dengan cairan tubuh membuat minuman ini bisa mencegah dehidrasi yang terjadi sewaktu seseorang mengalami diare atau setelah berolahraga yang menguras banyak keringat.

Minuman yang satu ini memiliki rasa jeruk yang ringan dengan perpaduan sensasi manis yang tidak terlalu kentara. Sangat khas, sehingga minuman yang satu ini diterima dilidah orang Indonesia, buktinya banyak orang yang menggilai jenis minuman yang satu ini.

Akan tetapi yang jadi pertanyaan adalah selama hamil bolehkah seorang wanita mengkonsumsi jenis minuman ini? Apakah aman bila ibu hamil yang mengalami kesulitan mendapatkan cairan tubuh dari air mineral alami karena rasa mual yang sering dirasakan mengkonsumsi minuman isotonik jenis ini? Nah, untuk lebih jelasnya lagi mari kita simak dibawah ini.

Bolehkah Ibu Hamil Minum Pocari Sweat?

Kondisi kehamilan yang membuat tubuh seorang wanita menjadi lebih sensitif terhadap paparan dan ancaman penyakit terutama untuk si janin dalam kandungannya, membuat mereka dituntut untuk dapat memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi dengan baik.

Sayangnya, tidak semua jenis makanan yang tersedia dimasyarakat boleh dan aman dikonsumsi oleh ibu hamil sebab memiliki banyak kandungan zat yang kompleks didalamnya. Salah mengkonsumsi jenis makanan yang berbahaya akan membuat ibu hamil meningkatkan resiko tercemar atau terpapar dengan bakteri atau virus berbahaya yang dibawa oleh makanan tersebut.

Dampak ini tentu tidak hanya akan dapat dialami oleh ibu hamil saja melainkan pada bayi yang tengah dikandungnya. Untuk itu, selektifitas yang baik sewaktu memilih jenis makanan yang akan disantap adalah hal penting yang harus dilakukan.

Termasuk pada saat ibu hamil memilih jenis minuman yang akan dikonsumsinya. Lalu, apakah minuman isotonik seperti Pocari Sweat boleh dikonsumsi saat hamil? Jawabannya tentu boleh-boleh saja. Asalkan konsumsi terhadap minuman ini tidak dilakukan secara berlebihan dan masih dilakukan sesuai dengan kebutuhan.

Nah untuk mengetahui lebih lanjut apa saja kandungan yang terdapat dalam minuman isotonik ini, maka mari kita simak dibawah ini.

Kandungan dalam Pocari Sweat

Sebelumnya mari kita kenali terlebih dahulu jenis minuman isotonik yang satu ini. Pocari Sweat adalah salah satu minuman isotonik yang mulai di jajakan sejak tahun 1980 oleh sebuah perusahan minuman di Jepang. Minuman ini diklaim memiliki kandungan yang mirip dengan cairan tubuh sehingga berguna untuk menghidrasi tubuh agar terhindar dari kekurangan cairan.

Sebagaimana telah disebutkan diatas, minuman isotonik Pocari Sweat memiliki rasa jeruk yang cukup ringan dengan perpaduan rasa manis yang tidak terlalu kentara. Jelas sudah minuman menyegarkan ini disambut dengan baik oleh masyarakat Indonesia.

Sebagaimana dilansir dari situs resminya, minuman ini memiliki kandungan kotion dan anion yang begitu banyak yang amat bermanfaat untuk tubuh seperti Na+, Ca2+, Mg3+, K+ dan juga laktat. Komposisinya sendiri terdiri dari air, Asam nitrat, Natrium sitrat, Magnesium, Kalsium laktat dan masih banyak lagi.

Meski banyak yang menyebutkan bahwa minuman yang satu ini akan dapat berdampak negatif terhadap kandungan akan tetapi melihat dari kandungannya yang ada diatas kabar tersebut rupanya tidaklah sepenuhnya benar.

Hanya saja, konsumsi minuman ini sebaiknya tidak dilakukan terlalu berlebihan apalagi sampai mengganti minuman mineral dengan minuman isotonik ini sepenuhnya. Minuman Pocari Sweat boleh dikonsumsi namun dalam takaran yang wajar dan asupan air mineral tetap penting diberikan pada ibu hamil agar cairan dalam tubuhnya tetap dapat terpenuhi dengan baik.

Manfaat Konsumsi Minuman Isotonik Bagi Ibu Hamil

Komposisi yang mirip dengan cairan tubuh yang terdapat dalam minuman Pocari Sweat akan mungkin berguna untuk ibu yang mengalami mual mengkonsumsi air mineral. Untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi maka jenis minuman ini boleh dikonsumsi. Sebab dehidrasi yang dialami oleh ibu hamil saat mengandung bukanlah kabar yang baik dan akan mungkin membahayakan kesehatan ibu dan keselamatan si janin yang dikandung.

Nah, selain beberapa manfaat diatas mari kita simak lebih dalam apa saja manfat dari mengkonsumsi Pocri Sweat untuk kehamilan anda.

  • Mengganti Cairan Elektrolit dalam Tubuh

Tubuh yang melakukan banyak aktivitas terutama aktivitas yang berat yang dilakukan dibawah teriknya sinar matahari, akan membuat tubuh kehilangan cairan elektrolitnya yang dilepaskan lewat keringat maupun ion-ion tubuh. Bila kehilangan cairan ini tidak segera diganti dengan asupan cairan dalam tubuh maka dampaknya ibu hamil akan mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh.

Ketika kondisi kekurangan cairan terjadi maka tubuh tidak akan mampu menjalankan fungsinya sebagaimana mestinya. Alhasil tubuh akan terasa lemas, tanpa tenaga dan tidak berdaya. Itulah mengapa ibu hamil dianjurkan untuk tidak boleh sampai kehilangan cairan dalam tubuhnya. Cairan amat dibutuhkan dalam pembentukan plasenta serta ketuban dalam kandungan.

Dengan mencukupi kebutuhan cairan dengan menggunakan cairan isotonik untuk anda yang terkendala mengkonsumsi air mineral maka tubuh akan tetap terhidrasi dengan baik.

  • Menstabilkan Suhu Tubuh

Mengkonsumsi Pocari Sweat akan dapat membantu tubuh menyesuaikan suhunya dengan lebih baik, terutama saat ibu hamil mengalami demam. Tubuh yang kekurangan asupan cairan akan kehilangan kemampuannya untuk menurunkan suhu tubuhnya sewaktu demam. Untuk itu, perbaiki asupan cairan dalam tubuh anda dengan konsumsi minuman ini.

Selain itu, pada saat demam tubuh kita akan mengeluarkan cairan secara berlebihan sehingga akan rentan untuk anda mengalami dehidrasi apabila hal ini tidak segera ditangani dengan benar.

  • Menjaga Stamina Tubuh

Tubuh yang memiliki kandungan yang cukup akan cairan sesuai dengan porsinya akan dapat memberikan dampak yang positif pada sistem pencernaan dalam tubuh anda. Tubuh akan menjadi lebih optimal dalam menyerap sari-sari makanan sehingga ibu hamil berserta dengan si janin yang dikandungnya akan mendapatkan asupan nutrisi yang baik dan lebih optimal.

Pengonsumsian minuman isotonik jenis ini sebagai pengganti cairan tubuh ibu hamil tidak dipungkiri memang dibutuhkan sebab calon ibu yang mengalami kekurangan cairan atau yang juga disebut dengan dehidrasi akan mungkin mengalami bahaya yang cukup besar pengaruhnya, baik pada si ibu maupun janin yang dikandungnya.

Bahaya Dehidrasi Pada Ibu Hamil

Ibu hamil perlu mendapatkan pasokan yang cukup akan cairan dalam tubuhnya. Hal ini dikarenakan cairan bukan hanya diperlukan untuk menjalankan fungsi tubuh agar lebih fit dan prima. Namun semasa hamil, kebutuhan cairan diperlukan untuk menunjang pembentukan plasenta dan air ketuban dalam kandungan untuk mempersiapkan tempat bakal calon bayi si ibu.

Disamping itu kondisi kekurangan cairan atau dehirasi yang terjadi pada ibu hamil akan sangat berbahaya, dampaknya diantaranya adalah:

  • Resiko Kelahiran Bayi Cacat

Resiko pertama yang bisa didapatkan oleh ibu hamil yang mengalami kekurangan cairan tubuh adalah bagian rahim yang berbahaya. Kekurangan cairan yang terjadi pada ibu hamil akan mempengaruhi berkurangnya cairan ketuban pada rahim ibu hamil. Fungsi dari ketuban adalah untuk menghalang si janin dalam kandungan ibu agar tidak bersentuhan langsung dengan rahim ibu. Apabila kondisi ini terjadi maka hal ini akan dapat menyebabkan kelahiran cacat pada si kecil

  • Resiko Mengalami Demam

Kondisi kekurangan carian dalam tubuh ibu hamil akan dapat menyebabkan tubuh kehilangan kemampuannya untuk mengeluarkan panas. Dengan demikian kondisi ini dapat menyebabkan tubuh menghasilkan keringat dalam jumlah yang banyak. Ibu hamil yang tidak dapat mengimbangi tubuhnya dengan pasokan cairan yang cukup akan mungkin menaikan resiko terkena demam dan juga kondisi ini akan dirasakan oleh si kecil dalam rahim ibu.

Dengan demikianlah, penting sekali memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh ibu agar tubuh bisa menjalankan fungsi normalnya dengan baik. Bila ibu merasa kesulitan mengkonsumsi air mineral murni, maka konsumsi terhadap minuman isotonik seperti Pocari Sweat boleh digunakan hanya saja dalam jumlah yang tidak terlalu berlebihan.

  • Resiko Terjadinya Sembelit dan Kerusakan Ginjal

Dampak lain dari timbulnya dehidrasi pada ibu hamil yang tidak segera ditangani adalah timbulnya sembelit dan resiko kerusakan ginjal. Perlu diketahui massa tubuh manusia didominasi oleh air, maka apabila asupan air berkurang alam tubuh maka dampaknya akan mempengaruhi kesehatan si manusia itu sendiri.

Dampak buruk ini akan dirasakan oleh sistem pencernaan. Kekurangan cairan dalam tubuh ibu hamil akan membuat feses atau kotoran yang dikeluarkan sewaktu buang air besar akan menjadi lebih keras. Akibatnya ibu hamil akan mungkin dituntut untuk mengejan keras. Sebagaimana diketahui mengejan terlalu kuat pada ibu hamil akan berbahaya untuk kehamilan yang sedang dijalaninya.

Minuman isotonik memang tidak berbahaya dan boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. Selama si ibu tidak mengkonsumsi minuman tersebut dalam jumlah yang terlalu berlebihan. Asalkan dikonsumsi dalam jumlah yang cukup dan sesuai takaran, maka hal ini akan bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh.

Selain itu, hindarkan menjadikan minuman isotonik sebagai minuman utama dalam konsumsi sehari-hari sebab bagaimanapun air mineral adalam sumber cairan terbaik untuk tubuh anda. Untuk itu, upayakan bila anda tetap mendapatkan cairan dari air mineral murni.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel