Bolehkah Ibu Hamil Makan Buah Sirsak?

4.35/5 (17)

Masyarakat Indonesia mungkin sudah tidak lagi asing dengan buah yang berduri dan rasa asam yang khas.

Ya, meski cukup banyak ragam buah berduri yang hadir di Indonesia, nyatanya ketajaman penglihatan dan indera penciuman yang baik membuat masyarakat Indonesia tidak pernah kebingungan dengan aneka buah-buahan yang melimpah yang dimilikinya.

Contohnya saja ketika anda dihidangkan buah hijau, berduri, dengan biji hitam yang khas ini sudah pasti anda bisa menebak buah yang satu ini dengan mudah. Ya, buah sirsak memang menggoda dan begitu khas. Meski terkadang bila tidak melihat rupa dan mencium baunya, ciri-ciri buah ini hampir mirip dengan buah durian namun saat disajikan menghirup aromanya saja anda akan kenal dengan buah yang satu ini.

Di tanah air sendiri, buah sirsak dikenal sebagai buah yang lezat dengan aksen asamnya yang menyegarkan. Selain itu, bila buah ini diolah menjadi jus yang lezat maka akan sulit rasanya menolak godaan kesegaran dari buah yang satu ini.

Namun tahukah anda? Dibalik keasaamannya ini rupanya buah sirsak menyimpan sejuta manfaat dan segudang kandungan yang cukup mencengangkan, dimana kandungan tersebut baik untuk kesehatan tubuh kita.

Kandungan dalam Buah Sirsak

Buah sirsak memiliki kandungan yang tinggi akan glukosa dan fruktosa. Disebut-sebut terdapat sekitar 81,9 persen hingga mencapai 93,6 persen kadar gula yang terdapat dalam buah sirsak. Adapun kandungan vitamin yang terdapat dalam buah sirsak yakni 20 mg per 100 gram buahnya mengandung vitamin C yang melimpah.

Perlu diketahui peranan vitamin C dalam tubuh akan dapat menjadi antioksidan yang baik untuk mencegah tubuh dari resiko kanker. Selain itu, kandungan yang terdapat didalamnya pun dipercaya mampu menunda penuaan dini yang terjadi pada kulit. Wah…wah… ini berarti konsumsi terhadap buah ini bisa membuat kita awet muda. Untuk itu, tidak ada salahnya mulai menghadirkan jenis buah ini di meja makan untuk disantap setelah konsumsi makanan utama bersama dengan keluarga.

Meski bisa dikonsumsi dengan bebas oleh semua orang, namun pengonsumsian buah ini selama kehamilan juga dapat mengundang kontroversi yang cukup besar lho. Banyak masyarakat yang mengatakan bahwa konsumsi terhadap buah ini dilarang dilakukan oleh ibu hamil. Menurut para ahli mengungkapkan bahwa ibu hamilpun menghindari mengkonsumsi buah ini. Lantas bagaimana bisa?

Nah, hal ini mungkin akan membuat anda para ibu hamil yang akan mengkonsumsi buah ini menjadi bimbang dan ragu. Selain itu, anda mungkin pernah atau sering diomeli oleh orangtua atau ibu mertua anda saat ingin mencicipi buah yang satu ini. Lantas bagaimana sebenarnya mengenai hal ini? Bolehkah ibu hamil mengkonsumsi buah sirsak? Untuk menjawab pertanyaan anda maka mari kita simak penjelasan dibawah ini.

Bolehkah Ibu Hamil Mengkonsumsi Buah Sirsak?

Tidak banyak ibu hamil yang mengetahui bahwa buah sirsak ternyata memiliki kandungan dan manfaat yang baik untuk ibu hamil. Beberapa manfaat baik tersebut, termasuk kedalam meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah wasir, memperlambat penuaan dini dan masih banyak lagi.

Akan tetapi ibu hamil tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi buah ini selama masa kehamilan dalam jumlah yang banyak. Hal ini dikarenakan buah sirsak akan dapat berbahaya apabila dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan sebab dapat menimbulkan muntah dan menekan sistem kardiovaskular. Bukan hanya itu, buah sirsak pun akan dapat menyebabkan kontraksi pada rahim ibu hamil yang membuatnya tidak direkomendasikan dikonsumsi oleh ibu hamil.

Selain itu, rasa asam dari buah yang satu ini akan dapat menyebabkan timbulnya asam lambung yang meningkat sehingga dapat menimbulkan rasa mual dan muntah yang lebih parah selama kehamilan. Nah, untuk mengetahui bahaya lain dari buah sirsak yang dikonsumsi selama kehamilan maka mari simak beberapa hal dibawah ini. Baca juga: Bagaimana Mengenali Ciri-Ciri Orang Hamil? Ini 27 Tanda Umumnya

Bahaya Buah Sirsak Selama Hamil

  • Kandungan glukosa dan fruktosa yang mendominasi buah sirsak pada umumnya tidak akan baik untuk ibu hamil. Kandungan dua zat ini akan dapat menimbulkan masalah kesehatan pada ibu hamil seperti timbulnya diabetes. Bila kondisi ini terjadi pada ibu hamil, maka akan besar kemungkinannya si bayi pun mengalami kondisi yang sama dengan terserang diabetes saat usianya lebih tua.
  • Buah sirsak memiliki kandungan folat yang dampaknya akan berbahaya untuk janin bila dikonsumsi. Asupan folat yang berlebihan apabila dikonsumsi dan dicerna oleh tubuh maka akan membuat tubuh kehilangan berbagai mineral yang telah dimilikinya. Kondisi kehilangan banyak mineral dalam tubuh akan dapat beresiko terhadap kecacatan bayi baru lahir. Sementara itu, bila dikonsumsi saat usia hamil muda maka dampaknya akan berpengaruh pada terjadinya keguguran.
  • Buah sirsak memiliki kandungan lemak yang tinggi yang akan menyulitkan ibu hamil pada saat melahirkan. Lemak yang tinggi dalam tubuh ibu hamil akan dapat menutupi jalan jahir pada saat ibu hamil menghadapi masa persalinannya. Hal ini tentu akan menjadi tantangan besar untuk anda ibu hamil yang ingin menjalani proses persalinan dengan metode yang normal tanpa operasi caesar.

Itulah dia beberapa ulasan dari bahaya mengkonsumsi buah sirsak yang dilakukan selama masa kehamilan. Pada intinya kandungan fruktosa dan glukosa yang tinggi yang terkandug dalam buah sirsak kan dapat berpengaruh besar terhadap kehamilan ibu termasuk kesehatan anda sendiri salah satunya kondisi ini akan dapat menimbulkan diabetes yang menurun pada buah hati anda.

Nah, agar dapat terhindar dari pengaruh konsumsi sirsak yang memiliki kandungan gula yang tinggi, berikut ini adalah beberapa hal yang dapat anda lakukan.

Tips Terhindar Dari Dampak Kadar Gula yang Tinggi Pada Buah Sirsak

  • Ikuti kegiatan senam hamil atau olahraga ringan lainnya yang aman dan memang diperuntukan untuk ibu hamil. Beberapa kegiatan yang aman dilakukan oleh ibu hamil diantaranya adalah berjalan, berenang atau melakukan kegiatan lainnya yang aman. Hal ini akan dapat berdampak baik, selain membuat tubuh menjadi lebih segar olahraga pun akan bermanfaat untuk membakar lemak dan kalori dalam tubuh anda.
  • Memperbanyak konsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah adalah hal yang penting dilakukan selama kehamilan. Selain bermanfaat untuk mendukung perkembangan janin dalam kandungan. Asupan sayuran dan makanan sehat lainnya akan dapat membantu anda melancarkan pencernaan sehingga keluhan sembelit bisa dihindari.
  • Mengurangi konsumsi makanan yang memiliki kadar gula yang tinggi adalah hal penting dalam menghindarkan resiko diabetes pada tubuh anda. Selain itu, hal ini pun akan dapat menghindarkan anda dari resiko obesitas atau kelebihan berat badan yang akan berpengaruh besar terhadap kesehatan. Seperti yang kita ketahui kondisi terlalu banyak lemak dalam tubuh akan mungkin menutupi jalan lahir pada bayi.

Demikian beberapa hal yang dapat disampaikan dari bolehkah ibu hamil makan buah sirsak? Pada intinya konsumsi buah ini untuk ibu hamil akan berbahaya terutama bila dilakukan dalam porsi yang banyak. Akan tetapi bila anda terpaksa mengkonsumsi buah ini karena beberapa alasan tertentu seperti ngidam, maka sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu masalah ini dengan dokter.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel