Bolehkah Ibu Hamil Konsumsi Suplemen Penambah Darah?

4.63/5 (16)

Kehamilan tentu menjadi kabar yang menggembirakan dan menjadi hal yang dinanti oleh setiap wanita yang telah menikah.

Hadirnya momongan dalam rahim seorang wanita yang sudah bersuami akan senantiasa menyempurnakan kebahagiaan menjadi seorang istri dan sekaligus seorang calon ibu. Sehingga demikian tidak heran bila banyak pasangan suami isteri akan melakukan segala macam hal demi bisa segera mewujudkan impian besarnya melengkapi kebahagiaan kecil bersama dengan pasangan.

Sayangnya, tidak semua pasangan yang telah menikah diberikan kesempatan untuk menikmati dan mewujudkan dengan cepat impian menjadi orang tua. Tidak sedikit pasangan suami isteri yang dibuat harus menunggu bertahun-tahun setelah usia pernikahannya dan baru bisa mendapatkan keturunan. Bahkan ada sebagian pasangan lain yang harus rela mengubur dalam-dalam impian besarnya ini karena alasan tertentu.

Untuk itulah, bagi anda yang telah diberikan kepercayaan besar oleh Sang Maha Kuasa ini, sudah sepatutnya anda mensyukuri anugerah memiliki momongan dengan menjaga kehamilan anda agar tetap sehat dan berkualitas. Karena pastinya setelah penantian panjang selama kehamilan ini anda tentu menginginkan jika buah hati yang anda kandung selama 9 bulan lamanya bisa lahir kedunia dalam keadaan sehat dan sempurna tanpa kurang satu apapun.

Untuk mendapatkan kelahiran bayi yang sempurna seperti demikian tentu tidak didapat dengan mudah. Anda tidak bisa mengharapkan sepenuhnya jika kelahiran anda nanti akan baik-baik saja bila anda sendiri kurang mampu menjaga pola hidup yang sehat dan mencukupi kebutuhan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dan si janin yang ada dalam kandungan anda.

Tidak semua kelahiran bayi dapat berjalan dengan baik dan tanpa masalah. Apa yang anda lakukan dan anda konsumsi selama kehamilan tersebut akan menentukan sebaik mana kelahiran bayi anda saat momen persalinan tiba.

Untuk itulah, penting sekali memaksimalkan asupan gizi yang sehat dan menjalankan pola hidup yang baik sebab apa yang anda kosumsi akan berpengaruh secara langsung terhadap kesehatan anda dan perkembangan janin.

Adapun cara memaksimalkan asupan gizi dan nutrisi yang sehat kedalam tubuh adalah melalui konsumsi makanan yang sehat, seperti sayur dan buah. Jenis makanan sehat ini akan aman anda konsumsi meski dalam jumlah yang banyak.

 Tidak seperti konsumsi makanan lain yang sembarang dimana efeknya akan membuat anda mengalami masalah kesehatan tubuh ketika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak, konsumsi sayur dan buah bisa anda santap sesuai dengan porsi yang anda inginkan. Justru sebaliknya, bukan menimbulkan masalah konsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah akan membantu melancarkan perkembangan janin dalam kandungan anda sehingga tumbuh kembangnya terjaga dengan baik. Dengan begini maka resiko kehamilan bermasalah atau kelahiran cacat pada bayi akan bisa dihindari.

Sayangnya, tidak mudah menjalani kehamilan yang tanpa masalah. Seringkali seiring dengan kehamilan banyak hadir berbagai perubahan, baik dari segi fisik maupun mental pada ibu hamil. Munculnya tanda kehamilan seringkali membuat ibu hamil, terutama mereka yang baru saja mengalami kehamilan pertama mereka akan cenderung dibuat terkejut dengan hal ini.

Apalagi tanda kehamilan seperti mual dan muntah seringkali menjadi musuh utama yang membuat ibu hamil terkendala dalam mengkonsumsi aneka ragam makanan sehat untuk memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi untuk tubuh dan si janin dalam kandungannya.

Selain itu, masalah lain yang tak kalah membingungkan adalah timbulnya perasaan mudah lelah, letih dan lesu yang hebat yang cukup mengganggu aktivitas sehari-hari.

Ibu Hamil dan Anemia

Anda para ibu hamil yang sering merasakan gejala mudah lelah, lesu dan letih yang berkepanjangan bisa jadi mengalami anemia. Gangguan ini sendiri dikenal dengan gangguan yang terjadi apabila seseorang mengalami kekurangan sejumlah sel darah merah (hemoglobin) dalam darahnya yang berfungsi sebagai pembawa oksigen. Kondisi ini seringkali disebut dengan anemia.

Anemia pada umumnya bisa dialami oleh siapa saja. Akan tetapi, selama masa kehamilan gangguan yang satu ini bisa lebih mudah muncul. Bila tidak segera ditangani kondisi ini akan berbahaya dan memicu timbulnya komplikasi. Pada kondisi terburu anemia yang dibiarkan begitu saja akan dapat memicu timbulnya gangguan kesehatan dan menimbulkan persalinan pada bayi yang premature atau kelahiran ringan pada tubuh bayi baru lahir.

Nah, atas dasar inilah biasanya banyak orang termasuk ibu hamil akan mengusahakan untuk mengatasi kondisi ini dengan mengkonsumsi suplemen penambah darah yang saat ini banyak dijual dipasaran. Hanya saja, yang jadi pertanyaan penting disini, apakah boleh ibu hamil mengkonsumsi jenis suplemen tersebut selama masa kehamilan? Apakah ada dampak bahaya dari mengkonsumsinya? Untuk lebih jelasnya lagi mari kita simak pemaparan dibawah ini.

Kandungan Umum yang Terdapat dalam Suplemen Penambah Darah

Sebelum menjawab pertanyaan mengenai boleh atau tidaknya ibu hamil mengkonsumsi jenis obat yang satu ini. Akan lebih baik jika kita kenali terlebih dahulu kandungan apa saja yang umum terdapat dalam suplemen penambah darah tersebut. Dengan begini informasi komposisi pada suplemen tersebut akan menjadi bahan pertimbangan kuat untuk menjawab pertanyaan kali ini.

Suplemen penambah darah yang saat ini banyak dijual dipasaran, umumnya cukup beragam dan hadir dalam berbagai merk dan brand. Mulai dari brand biasa sampai dengan brand ternama yang sudah banyak dipasarkan lewat iklan di televisi, sebut saja salah satunya adalah Sangobion. Jenis suplemen penambah darah ini sudah cukup terkenal dan banyak diiklankan di televisi.

Dari situs resminya, brand yang satu ini mengklaim bahwa obatnya mengandung formula khsus yang disebut dengan Ferrous Gluconate, Cooper Sulfate dan Maganese Sufate yang amat diperlukan untuk membentuk sel darah merah yang berkualitas. Produk ini pun dilengkapi dengan kandungan vitamin C guna membantu mempermudah penyerapan zat besi. Selain itu, kandungan lain yang terdapat didalamnya adalah asam folat dan vitamin B12 yang baik untuk tubuh.

Bolehkah Ibu Hamil Konsumsi Suplemen Penambah Darah?

Nah, melihat kandungan dari salah satu suplemen penambah darah diatas, nampaknya anda bisa bernapas lega. Sebab sejauh ini, belum ada penelitian yang menyatakan larangan terhadap konsumsi suplemen penambah darah seperti Sangobion diatas. Dengan kata lain anda boleh mengkonsumsi suplemen Sangobion apabila anda terkena Anemia.

Bahkan untuk lebih meyakinkan anda terhadap konsumsi obat jenis ini, dari pihak produsen suplemen ini sendiri menyatakan bahwa suplemennya aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal ini tentunya secara tidak langsung dapat menjadi jaminan bahwa anda para ibu hamil aman untuk mengkonsumsi suplemen ini guna mengatasi anemia yang anda alami.

Hanya saja, demi menjamin kesehatan anda dengan lebih pasti, maka sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu mengenai dosis yang boleh anda konsumsi selama masa kehamilan. Dengan begini maka manfaat baik dari mengkonsumsi suplemen penambah darah ini dapat dirasakan dan berjalan dengan lebih baik.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel