data-ad-format="auto"

Bolehkah Ibu Hamil Konsumsi Buah Melon?

Konsumsi makanan selama kehamilan adalah hal yang perlu diperhatikan dengan baik.

Sebab apa yang anda konsumsi saat ini bukan lagi akan berpengaruh untuk tubuh anda saja. Hadirnya janin dalam rahim anda, membuat asupan kedalam tubuh akan juga dirasakan oleh si buah hati. Selain itu, untuk menunjang tumbuh kembangnya dengan baik seorang janin akan membutuhkan asupan nutrisi dan gizi yang baik dari tubuh ibunya. Sehingga demikian, penting sekali untuk ibu hamil menjalankan diet kehamilanya dengan baik dan tepat.

Jangan salah mengartikan diet kehamilan, sebab diet yang dimaksud bukanlah diet yang dilakukan dengan membatasi jumlah asupan makanan dan mengkonsumsi sedikit makanan seperti yang banyak dilakukan pada saat ingin menurunkan berat badan. Selama masa kehamilan, seorang wanita tentu membutuhkan asupan makanan yang banyak. Akan tetapi, makanan yang dimaksud bukanlah jenis makanan yang sembarang dan bisa seenaknya anda masukkan kedalam mulut.

Makanan sehat dan segala jenis makanan dengan kandungan nutrisi dan gizi yang berlimpah adalah jenis asupan yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Untuk itulah, penting sekali bagi ibu hamil untuk dapat mencukupi asupannya dengan baik dan tepat.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Nutrisi dan gizi yang tercukupi dengan baik selama masa kehamilan akan dapat memberikan pengaruh yang baik. Selain tubuh yang terasa lebih sehat, perkembangan janin dalam kandungan anda pun tidak akan terkendala. Dengan begini maka resiko kemungkinan bayi lahir cacat atau tidak sempurna akan dapat dihindari.

Sayangnya, banyak ibu hamil yang masih kebingungan mendapatkan asupan dari jenis makanan yang sehat untuk tubuhnya. Apalagi saat ini banyak rumor dan mitos yang memperparah alasan mengapa ibu hamil tidak mengkonsumsi jenis makanan tersebut. Padahal jenis makanan tersebut sebenarnya adalah jenis makaan sehat yang memiliki kandungan gizi dan vitamin yang banyak yang nyatanya dibutuhkan untuk perkembangan janin dalam kandungan anda.

Melewatkan konsumsi terhadap jenis makanan tersebut akan mungkin membuat ibu hamil dibuat rugi. Betapa tidak, asupan vitamin dan nutrisi tersebut harusnya bisa dinikmati malah dihindari. Hal ini tentu saja akan membuat ibu hamil banyak melewatkan khasiat dan manfaat dari aneka ragam makanan yang sehat.

Nah, melihat kasus yang seperti ini maka penting sekali untuk ibu hamil menggali informasi lebih dalam seputar menjalani kehamilan yang sehat dan memperhatikan jenis makanan dan minuman sehat yang boleh dan tidak boleh untuk dikonsumi selama masa kehamilan. Dengan begini, informasi tersebut akan menjadi bekal untuk ibu hamil dapat menjalani kehamilan yang lebih berkualitas.

Buah Melon Untuk Kehamilan

Konsumsi buah-buahan selama masa kehamilan adalah hal yang baik dan dianjurkan untuk dikonsumsi. Konsumsi terhadap makanan ini termasuk kedalam kategori makanan sehat sebab buah dan sayur pada umumnya adalah makanan yang tidak mengandung pengawet berbahaya dan tidak pula mengandung bahan-bahan kimia yang berbahaya. Dengan demikian, konsumsi terhadap sayur dan buah-buahan pada umumnya adalah hal yang baik dibandingkan konsumsi terhadap jenis makanan lainnya yang kurang sehat.

Salah satu jenis buah yang nikmat untuk dikonumsi adalah jenis buah melon. Sajian buah ini adalah jenis buah yang lezat dengan sari manis yang alami dan daging buah yang renyah dan kenyal. Menikmati buah melon akan bisa anda santap kapan saja dan dimana saja. Selain itu, hidangan buah ini bisa disajikan menjadi rujak, salad dan masih banyak lagi.

Apalagi diolah menjadi es buah dengan paduan es batu didalamnya akan tentu saja membuat hasrat dahaga kita dapat terpeuhi dengan baik dengan sajian ini.

Akan tetapi, sayangnya belakangan mencuat kabar bahwa konsumsi buah melon dilarang untuk ibu hamil dan dianggap sebagai jenis makanan yang akan membahayakan kehamilan. Dengan seiring munculnya pemberitaan ini anda para ibu hamil tentu akan berpikir dua kali sebelum menikmati buah yang satu ini. Akan tetapi, benarkah demikian? Apakah ibu hamil boleh mengkonsumsi buah melon? Nah, untuk lebih jelasnya lagi mari kita simak beberapa hal dibawah ini.

Bolehkah Ibu Hamil Konsumsi Buah Melon?

Menyeruaknya kabar mengenai larangan pada ibu hamil untuk tidak mengkonsumsi buah melon tentu menuai kekhawatiran pada banyak orang, terutama para ibu hamil. Akan tetapi, hingga sampai saat ini belum ada pernyataan medis yang membenarkan bahwa konsumsi buah ini akan berbahaya untuk ibu hamil.

Justru sebaliknya, konsumsi terhadap buah yang satu ini adalah hal yang baik dan dianjurkan. Buah melon memiliki segudang manfaat dan khasiat yang begitu besar untuk kesehatan ibu hamil dan manfaat ini pun bisa dirasakan oleh si janin dalam kandungan ibu.

Jadi demikian, konsumsi terhadap buah yang satu ini pada dasarnya bukanlah menjadi larangan. Ibu hamil boleh dan bahkan dianjurkan untuk menikmati buah ini selama masa kehamilan. Tentunya, manfaat buah melon akan jauh lebih baik daripada mengkonsumsi buah-buahan dengan rasa yang asam yang akan mungkin menimbulkan sakit lambung atau sakit perut.

Manfaat Buah Melon Untuk Kehamilan

Nah, selain beberapa manfaat diatas. Adapula lebih banyak manfaat dari mengkonsumsi buah melon selama masa kehamilan. Beberapa manfaat tersebut diantaranya adalah:

1. Mengatasi Rasa Mual yang Berlebihan

Manfaat yang pertama yang bisa dirasakan oleh ibu hamil yang mengkonsumsi buah melon dengan rajin dan teratur adalah buah ini dapat menjadi penawar rasa mual yang berlebihan. Seperti yang kita ketahui bahwa rasa mual adalah salah satu masalah kehamilan yang umum dialami oleh ibu hamil. Untuk itulah, tidak perlu merasa takut atau khawatir ketika mencicipi buah yang satu ini karena buah melon tidak memberikan pengaruh buruk untuk kesehatan.

2. Mencegah Dehidrasi

Kandungan air yang banyak dalam buah melon akan dapat menyegarkan dahaga dan memberikan asupan cairan untuk tubuh anda. Hal ini penting sekali terutama ketika cuaca diluar ruangan sedang terik yang dapat memberikan resiko dehidrasi. Kondisi dehidrasi yang terjadi pada ibu hamil bukanlah hal yang menyenangkan. Untuk itu, konsumsi buah melon akan mengatasi kondisi ini.

3. Mengatasi Sembelit

Sembelit adalah gangguan kehamilan yang juga umumnya sering terjadi, terutama pada usia kehamilan awal. Ibu hamil yang merasakan sembelit pada umumnya akan mengalami kondisi yang tidak nyaman dan menjengkelkan. Nah, konsumsi buah melon akan memberikan alternatif untuk anda mengatasi masalah sembelit yang dialami.

4. Menormalkan Tekanan Darah

Melon memiliki kandungan jumlah kalium yang cukup tinggi. Kalium akan dapat berperan untuk mengatur sistem tekanan darah. Manfaat melon akan baik untuk mencegah timbulnya hipertensi atau tekanan darah yang tinggi maupun darah yang rendah. Selain itu, melon juga memiliki kanudngan yang dapat mencegah kerusakan sistem tekanan dan pembekuan darah.

Demikianlah beberapa hal yang dapat disampaikan dari bolehkah ibu hamil mengkonsumsi buah melon. Semoga bermanfaat dan memberika informasi yang cukup yang anda butuhkan.

Loading...

Follow us