data-ad-format="auto"

Bolehkah Ibu Hamil Makan Buah Kelengkeng?

Semua wanita yang tengah mengandung tentu mengharapkan bahwa calon buah hatinya dapat lahir ke dunia dalam keadaan sehat dan sempurna.

Tidak ada orangtua yang menginginkan bayi mereka lahir dalam keadaan yang mengkhawatirkan dan dipenuhi dengan segala macam keluhan kesehatan. Akan tetapi, tentu tidak semua proses kelahiran dapat dijalani dengan mudah dan tanpa kendala. Diperlukan sebuah usaha dan proses yang panjang untuk anda bisa mendapatkan kelahiran anak yang sehat dan sempurna.

Untuk itulah, menjaga kehamilan yang berkualitas adalah hal penting yang perlu dilakukan. Memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi selama masa kehamilan adalah hal yang akan menunjang perkembangan dan pertumbuhan janin agar berjalan dengan lebih baik. Dengan begini maka kemungkinan bayi yang sehat dan lahir dengan sempurna akan lebih besar.

Bayi dalam kandungan anda hanya akan dapat bertumbuh dan berkembang ketika nutirisi dan gizi dalam tubuh anda terpenuhi dengan baik. Untuk itu, asupan makanan sehat dengan kandungan gizi yang banyak adalah asupan terbaik yang dibutuhkan oleh janin.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Berbeda halnya dengan ibu hamil yang kurang mampu memenuhi asupan nutrisi dan gizi maka mungkin perkembangan janin dalam rahimnya akan mengalami kendala. Hal ini pada umumnya dapat berpengaruh terhadap berat tubuh bayi saat lahir yang kecil.

Anda tentu tidak menginginkan bila hal ini terjadi bukan? Untuk itulah, penting sekali menjalankan diet selama masa kehamilan. Selain akan dapat mengatur berat tubuh anda. Diet kehamilan umumnya lebih mengutamakan asupan makanan yang sehat dan bernutrisi tinggi sehingga kebutuhan gizi dalam tubuh anda akan dapat dipenuhi dengan baik.

Sayangnya, tidak semua ibu hamil dapat memenuhi kebutuhan dua zat tersebut dalam tubuhnya dengan baik. Umumnya kurangnya sumber informasi yang baik dalam mengenali jenis makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi selama masa kehamilan membuat ibu hamil kebingungan menentukan jenis makanan apa yang akan mereka konsumsi.

Hal ini pada akhirnya membuat ibu hamil terjebak dengan mengkonsumsi jenis makanan yang sama selama masa kehamilan. Kondisi ini tentu saja akan dapat menimbulkan kebosanan dalam diri ibu hamil terhadap makanan yang ia santap. Betapa tidak, menyantap jenis makanan yang sama dalam waktu yang lama akan mungkin membuat ibu hamil yang dilanda dengan keluhan kehamilan seperti mual dan muntah akan merasa lebih tersiksa.

Padahal, bila ibu hamil menggali lebih banyak informasi ada cukup banyak varian makanan yang aman dan boleh dikonsumsi oleh ibu hami selama masa kehamilannya. Selain mensiasati agar ibu hamil tidak bosan dengan jenis makanan yang itu-itu saja. Berbagai asupan nutrisi dan gizi yang lebih beragam pun akan bisa anda dapatkan.

Akan tetapi, tentunya hati-hati dalam menyantap berbagai makanan yang hendak anda masukkan kedalam mulut. Sebab tidak semua jenis makanan boleh dan aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Menjadi selektif dalam memilih jenis makanan dan minuman yang akan dikonsumsi adalah tindakan yang bijak dilakukan oleh ibu hamil untuk menjaga kesehatannya dan mencukupi kebutuhan nutrisi dalam tubuhnya sehingga tumbuh kembang janin akan bisa berjalan dengan baik.

Sayangnya, banyaknya rumor dan mitos yang beredar dimasyarakat tentang larangan ibu hamil menyantap berbagai jenis makanan tertentu semakin membuat ibu hamil merasa takut dan khawatir menyantap jenis makanan yang baru. Alhasil, kondisi ini membuat ibu hamil berpikir beberapa kali sebelum menyantap jenis makanan tersebut.

Sama halnya dengan konsumsi buah kelengkeng. Banyak mitos yang melarang ibu hamil untuk mengkonsumsi buah yang satu ini. Hal ini tentu saja membuat ibu hamil merasa khawatir saat hendak menyantap buah ini. Padahal sebelumnya mereka adalah seorang penggemar buah kelengkeng dan sangat menyukai jenis buah yang satu ini.

Mitos Buah Kelengkeng Pada Ibu Hamil

Banyak mitos yang menyeruak dimasyarakat dan membuat ibu hamil dilarang mengkonsumsi jenis buah yang satu ini. Dalam mitos Jawa sendiri menyebut jika kelengkeng untuk ibu hamil adalah salah satu buah yang amat dipantang sebab akan dapat membuat ibu hamil mengalami kendala pada saat proses persalinan, yakni si buah hati yang sulit dilahirkan.

Sebagaimana disebutkan diatas, setiap ibu hamil tentu dibuat tegang menanti hari kelahiran tiba. Dan pada saat hari yang telah dinanti tiba namun pada akhrinya kelahiran yang dihadapi mengalami banyak kendala maka mungkin ini akan menjadi mimpi buruk untuk setiap ibu hamil.

Lalu benarkah demikian? Apakah ibu hamil dilarang mengkonsumsi buah kelengkeng? Nah, untuk lebih jelasnya mari kita kupas lebih lugas tentang masalah ini.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Buah Kelengkeng?

Mitos yang beredar seperti disebutkan diatas sebenarnya adalah sebuah kesalahan yang besar yang sama sekali tidak berdasar pada ilmu pengetahuan yang jelas. Sebaliknya, konsumsi buah kelengkeng adalah hal yang baik untuk dikonsumsi seorang wanita selama masa kehamilan.

Menurut sebuah penelitian, ibu hamil yang senang mengkonsumsi buah kelengkeng pada dasarnya tidak perlu merasa khawatir atau takut dengan masalah ini. Sebab hingga sampai saat ini tidak ditemukan masalah atau bahaya yang terkandung pada buah kelengkeng.

Sebaliknya, ada begitu banyak manfaat dan khasiat yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi buah bulat kecil dengan biji hitam dibagian dalamnya. Jadi demikian, untuk anda ibu hamil yang tergoda untuk menyantap buah kelengkeng maka silahkan ambil buah kelengkeng dalam genggaman anda dan nikmati sesuka anda. Tak perlu merasa takut atau risau bila kondisi ini akan dapat berpengaruh terhadap kehamilan anda. Sebab pada dasarnya konsumsi buah ini aman dan boleh-boleh saja.

Manfaat Buah Kelengkeng Untuk Kehamilan

Nah, selain beberapa manfaat diatas ada cukup banyak manfaat yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi buah kelengkeng selama masa kehamilan. Ingin tahu seperti apa manfaatnya? Simak dibawah ini.

1. Mengatasi Rasa Lemas

Wanita yang sedang hamil umumnya seringkali dilanda masalah atau keluhan kehamilan seperti mudah merasa lemas dan pusing. Hal ini dikarenakan pergejolakan hormon yang terjadi pada ibu hamil membuat staminanya mudah lesu dan tak bersemangat. Akan tetapi, kandungan glukosa dan surkosa yang ada dalam buah kelengkeng akan dapat mengatasi kondisi ini. Sebab manfaat dari dua bahan ini akan dapat meningkatkan stamina ibu hamil dengan baik.

Nah, untuk anda yang seringkali cepat merasa lemas dan tidak bersemangat menjalani kehamilannya. Anda disaranakan utuk mengkonsumsi buah yang satu ini baik sebagai cemilan atau dijadikan sebagai buah pencuci mulut. Selain itu, konsumsi buah yang satu inipun akan dapat mengatasi masalah susah tidur pada malam hari yang umumnya seringkali dihadapi oleh ibu hamil.

2. Menjadi Sumberi Vitamin

Kandungan vitamin A dan C yang adalah dalam buah kelengkeng akan dapat bermanfaat dengan sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada ibu hamil. Daripada mengkonsumsi suplemen vitamin di apotek, buah yang satu ini tentu lebih alami dan lebih aman untuk dikonsumsi. Selain itu, buah alami tentu tidak akan memberikan efek samping berbahaya untuk tubuh anda.

3. Mengtasi Susah Buang Air Kecil

Organ perut yang sering turun selama masa kehamilan, terutama pada mereka yang seringkali bekerja dengan beban berat akan mungkin mengalami susah buang air kecil. Gejala seperti ini tentu saja akan mengganggu dan menimbulkan perasaan yang tidak enak. Akan tetapi, dengan mengkonsumsi buah kelengkeng anda bisa mengatasi kondisi ini dengan perlahan dan lebih alami.

Loading...

Follow us