Berpelukan Ternyata Juga Baik Untuk Kesehatan

1.    Menurunkan Tekanan Darah

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Bringham Young University di Salt Lake City menemukan bahwa berpelukan mampu membantu menurunkan tekanan darah tinggi anda. Karena memeluk bisa memicu produksi hormone positif yang juga membawa dampak positif bagi kesehatan tubuh kita. Pelukan yang disertai pijatan juga terbukti dapat membantu meningkatkan sel darah putih yang manberfungsi untuk melawan infeksi.

2.    Menciptakan Perasaan lebih Bahagia

Berciuman, berpelukan atau kegiatan lainnya yang berkenaaan dengan kontak fisik lainnya dapat meningkatkan level hormon oksitosin atau yang lebih dikenal dengan hormone ‘ikatan’. Sebagaimana dikutip dari penjelasan Dr. Renee Horowitz seorang ahli kesehatan seksual dari Farmington Hills, Michigan mengatakan dengan berpelukan. Maka tubuh akan melepaskan senyawa kimia seperti oksitosin yang mampu memicu perasaan bahagia muncul. Selain itu, memeluk atau dipeluk akan membuat anda merasa lebih bahagia, jauh lebih tenang, bahkan mampu mengurangi stress yang tengah merundung anda saat ini, serta rasa gugup dan panic anda saat anda akan berbicara di depan umum.

3.    Memberikan Kenyamanan

Dalam kondisi seseorang saat takut, sedih, kecewa atau kesal, sebuah pelukan bisa member rasa aman dan nyaman. Saat orang terkasih anda seperti sahabat, keluarga maupun kerabat dekat anda tengah menghadapi masalah, berikan ia sebuah pelukan agar mereka bisa merasa lebih tenang.

4.    Menekan Level Stres

Seorang pelatih management stress dan terapis Holistic yakni Chaterine A. Connors memaparkan bahwa dengan adanya kontak fisik dengan orang lain dapat mengurangi level stress. Penelitian lain yang dilakukan oleh University of Miami’s Touch Research Institute menjelaskan bahwa sebuah pelukan mempunyai manfaat medis yakni bisa mengurangi rasa sakit pada bagian kepala.

5.    Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sebagaimana dikutip dari mindbodygreen.com menyebutkan bahwa dengan pelukan akan meningkatkan system kekebalan tubuh. “Tekanan lembut pada bagian tulang dada dan dengan adanya peningkatan emosi mamapu mengaktifkan Dolar Plexus Chakra. Hormon ini akan merangsang kelenjar timus yang mengatur dan menyeimbangkan produksi sel darah putih dalam tubuh anda. Sehingga anda pun akan tetap bugar dan bebas dari penyakit.” Jelasnya.

Bahkan seorang penulis dan psikoterapis Virginia Satir dari Amerika mengatakan bahwa setiap harinya anda membutuhkan 12 pelukan setiap harinya dengan pembagian 4 pelukan untuk kebahagiaan, 8 pelukan lain untuk kesehatan, jelasnya. Itulah dia manfaat dari berpelukan, meskipun terkesan sederhana, ternyata hal tersebut bisa mendatangkan manfaat bagi kesehatan tubuh anda. Oleh karena itu mulai saat ini tebarkan kasih sayang dan pelukan untuk orang-orang yang anda sayangi.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel