Bayi Suka Muntah Habis Menyusui

Pertanyaan

Bidanku chayank…

babyku dah mao 3 bln. gendut, 7.5kg. klo mimi ASI suka muntah terus. bukan gumoh loh, mumun beneran. gmana ya caranya spy gak mumun terus. pdhal abis mimi ASI, aku udh tepok2 punggungnya . thanks:)

(Lotus)

 

Jawaban Bidanku.com

Aduh itu baby nya montok gitu yahhh ih  kayaknya lucu banget..pengen nyubi t rasanya..

Aduh  kasian baby nya muntah aja yah….

Dear lotus…

Kebiasaan muntah ini apakah sejak dari lahir??? Kayaknya nggak yah…karena baby-nya montok banget..mungkin akhir-akhir ini yah ??…

Ada beberapa faktor yang mungkin bisa menyebabkan muntah itu. Bisa ada karena ada masalah di sistem pencernaannya..bisa karena hipotermi atau kedinginan (apalagi sekarang lg musim hujan)…atau adanya ketidaksesuaian antara keinginan baby terhadapa asi dengan kapasitas lambungnya sendiri  yg bisa menyebabkan baby terlalu kekenyangan..

Jika gejala ini sejak lahir dan terus menerus setiap kali netek dan jika ada masalah di sistem pencernaan, sebaiknya segera konsultasikan hal ini dengan dokter..karena hal ini perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan penanganan yang serius..

Tapi jika gejalanya insidentil atau akhir2 ini..tips yg bisa dilakukan..jaga bayi agar selalu dalam kondisi hangat (sekali lg apalagi sekrg musim hujan), misal selalu olesi tubuhnya dengan minyak penghangat terutama daerah dada dan punggung, jgn dulu terlalu sering dimandikan, kalo perlu pake lampu penghangat pada saat udara dingin, karena, ingat  terus yah,..bahwa baby itu sangat sensitif..hal sekecil apapun bisa jadi berpengaruh pada baby termasuk ke sistem pencernaannya,….terus,…perhatikan baby ketika sedang menetek..jgn dibiarkan baby terlalu kekenyangan..karena segala sesuatu yg berlebihan juga jelek ada efek samping..

Habis menetek, betul, lakukan tepukan di punggung jgn terlalu keras usahakan hingga baby bersendawa…artinya sendawa tanda berarti semua asi sudah masuk lambung baby..usahakan setelh itu baby ditidurkan dgn posisi miring ke kekiri untuk menghindari jika terjadi muntah tidak terhisap kembali oleh baby yang bisa menyebabkan aspirasi, yg bisa berbahaya bagi baby…

Ok lotus..smoga bisa bantu..

Cium chayank buat si montok…

(Taken from thread bidanku.com at forum.detik.com –Forum kesehatan)

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel