data-ad-format="auto"

Awas Keliru! Berikut Daftar Kegiatan yang Harus Dihindari Setelah Makan

Setiap orang umumnya memiliki kegiatan yang sering mereka lakukan setelah makan. Dan biasanya kegiatan tersebut bergantung dengan waktu atau jam makan hingga dengan jenis makanan tertentu. Seperti misalkan, ada sebagian orang yang setelah menyantap sarapan pagi, memilih untuk bersantai sebentar sambil membaca koran atau mandi sebelum melakukan aktivitas.

Atau mungkin kebiasaan lain yang juga banyak dilakukan adalah dengan langsung tidur setelah menyantap makan. Biasanya kondisi seperti ini sering terjadi ketika seseorang telah menyantap makan siang dengan jumlah yang berlebih. Perut yang sudah terisi penuh membuat seseorang kehilangan energi yang pada akhirnya membuat mereka merasa kantuk yang sampai pada akhirnya mengantarkannya pada tidur yang pulas. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan setelah makan memang lumrah dan banyak dilakukan orang, hanya saja apakah anda sadar bahwa beberapa kegiatan tertentu yang anda lakukan setelah makan dapat berbahaya bagi kesehatan anda?

Apa sajakah kegiatan yang dapat berbahaya jika dilakukan setelah makan? Simak dibawah ini.

1. Merokok

Merokok adalah kegiatan yang paling sering dilakukan oleh seseorang setelah makan. Bukan saja para perokok aktif yang melakukannya, namun juga mereka yang tidak terlalu aktif dalam merokok seringkali melakukan hal yang sama dengan alasan rokok adalah penutup yang sempurna setelah makan. Namun tahukah anda merokok setelah makan diyakini dapat meningkatkan resiko penyakit kanker 10 kali lebih besar dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok. Hal ini disebabkan makanan yang anda konsumsi akan tercampur dengan zat berbahaya yang ada pada rokok dan dapat menimbulkan efek yang amat berbahaya untuk kesehatan. Untuk itu, sebaiknya pikirkan kembali saat anda akan merokok setelah makan, rasa dari rokok memang nikmat dihisap setelah makan namun kenikmatan ini tidak sebanding dengan penyakit yang akan menggerogoti tubuh anda.

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

2. Minum Minuman Dingin

Minuman dingin yang dihidangkan bersama dengan makanan dan disantap setelah makan memang terasa begitu nikmat apalagi jika ditenggak sewaktu udara panas. Namun ternyata, kebiasaan seperti ini malah akan mengganggu kesehatan anda. Hal ini terjadi ketika makanan yang baru saja anda konsumsi dan langsung tersiram dengan air dingin makan lemak atau minyak yang terkandung pada makanan akan menjadi beku dan mempersempit usus dalam tubuh hasilnya akan berimbas pada gangguan pencernaan. Nah, dengan demikian sebaiknya konsumsilah minuman hangat terutama setelah anda mengkonsumsi makanan berlemak.

3. Tidur

Selain dua poin diatas, kegiatan yang banyak dilakukan setelah makan adalah tidur. Jika anda salah satunya, sebaiknya segera hentikan kebiasaan tersebut. Setelah makan, lambung akan terisi penuh dengan makanan dan saat itu lambung akan bekerja mencerna makanan. Nah, apabila anda tidur ketika proses ini berlangsung, maka sistem pencernaan anda akan terganggu dalam proses penyerapan makanan. Selain itu, tidur setelah menyantap makan bisa menjadi sebab pokok timbulnya obesitas sebab lemak dan kalori akan menumpuk dalam tubuh.

4. Makan Buah

Mungkin selama ini kebanyakan dari anda mengganggap buah-buahan sebagai penutup makan yang begitu sehat. Namun pendapat para ahli justru menyatakan berbeda, yakni buah dapat mengganggu proses pencernaan. Hal ini disebabkan oleh buah-buahan mengandung karbohidrat buah yang biasanya diserap usus kecil. Buah-buahan yang disantap setelah makan pergerakannya akan dihambat oleh makanan yang anda konsumsi sebelumnya hingga proses pencernaanpun ikut terganggu yang pada akhirnya menyebabkan beberapa gangguan lambung seperti kembung, asam lambung dan diare.