data-ad-format="auto"

ASI Meningkatkan Kecerdasa Anak

Asi merupakan salah satu makanan sekaligus minuman yang memberikan sumber gizi yang sempurna dalam kebutuhan perkembangan dan pertumbuhan bayi anda. Selain itu penelitian menemukan manfaat asi bagi perkembangan kecerdasaan anak anda. Penelitian yang di lakukan di Amerika Serikat menunjukan kandungan gizi dari asi memberikan manfaat dalam mempercepat pertumbuhan otak hingga tiga puluh persen pada anak anda. Pemerintah Indonesia sangat mendukung dalam pemberian asi selain berhubungan dengan aspek kesehatan bayi, pemberian asi akan membantu meningkatkan sumber daya di masa depan. Bayi yang mendapatkan asi secara ekskulisif selama enam bulan pertama akan mengalami pertumbuhan yang optimal pada bagian otak dan dapat mengendalikan kemampuan anak anda di kemudian hari, salah satunya adalah kemampuan dalam bahasa, pemahaman dan juga emosi.

Sangat disarankan untuk anda memberikan asi ekskusif pada bayi anda, penelitian menemukan perbedaan otak pada bayi yang mendapatkan asi dengan bayi yang diberikan susu formula. Dari penelitian tersebut ditemukan adanya perbedaan pada struktur otak bayi dimana bayi yang memperoleh asi  dapat menunjukan hasil yang optimal dibandingkan bayi yang hanya diberikan susu formula. Perbedaan yang sangat terlihat jelas adalah struktur otak bayi anak anda yang di usia 2 tahun, pertumbuhan bayi yang diberikan asi akan membentuk pertumbuhan 20 hingga 30 persen pada area putih di otak sedangkan yang diberikan susu formula hanya berkembang dibawah 20 persen. Struktur otak bayi disebut juga dengan serabut myelin terdiri dari serabut saraf yang berwarna putih panjang, menghubungkan berbagai area ke otak sehingga akan membantu dalam proses belajar anak anda.

Selain itu penelitian didukung oleh hasil scan MRI dengan kemampuan kognitif dimana kemampuan dalam menggunakan bahasa akan lebih optimal pada bayi yang diberikan asi, tidak hanya kemampuan bahasa beberapa kemampuan yang berhubungan dengan motorik dan visual dapat tumbuh optimal sehingga bayi yang diberikan asi akan memperoleh hasil yang lebih baik dibanding dengan bayi yang hanya diberikan susu formula. Bagi anda yang mempunyai kesibukan di luar rumah sebaiknya memberikan asi perah dengan metode yang tepat. Penelitian menemukan adanya perkembangan yang optimal, terutama dalam gerakan dan kordinasi di otak berhubungan pula dengan pemberian asi tidak hanya dalam asi ekslusif akan tetapi ketika bayi anda mendapatkan makanan pendamping asi, anda masih dapat memberikan asi dengan porsi yang berbeda dari pemberian asi ekslusif.

Berikan asi pada bayi anda yang baru lahir selain dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan otak anda. Asi memberikan manfaat yang luar biasa untuk menjaga daya tahan tubuh bayi anda. Mengingat bayi anda masih sangat rentan terhadap beberapa penyakit yang disebabkan oleh mikroorganisme di lingkungan barunya hingga membutuhkan antibodi yang dapat melindunginya. Asi merupakan imun alami yang dapat diberikan pada bayi anda untuk melindunginya dari infeksi. Dengan demikian bagi anda yang memiliki kesibukan di luar rumah (kantor atau urusan dinas) sempatkan untuk memberikan yang terbaik bagi tumbuh kembang bayi anda. Kandungan asi akan membantu dalam pertumbuhan bayi secara optimal , bayi yang diberikan asi akan mendapatkan imun alami dari ibu selain itu dapat membantu dalam perkembangan kemampuan baik secara bahasa, motorik dan juga emosi yang akan menunjang kemampuannya di kemudian hari.

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

Loading...

Populer di Dunia Bayi

1500+ Rangkaian Nama-Nama Bayi Laki-Laki Islami Modern

Mendapatkan kehamilan memang merupakan salah satu berkah yang luar biasa yang di berikan…

Nama-Nama Bayi Perempuan Islami

Nama adalah doa dan nama juga bisa menjadi pengharapan orang tua kepada anak. Oleh karena…

Cara Ampuh Menaikan Berat Badan Bayi

Pada umumnya bayi dilahirkan dengan berat badan dan ciri yang berbeda satu sama lainnya,…
Default Image

Bayi Muntah Setelah Diberi ASI

sumber : KuliahBidan Gumoh dan muntah sering kali terjadi hampir setiap pada bayi. Gumoh…
Default Image

Mengenal Tanda-Tanda Pertumbuhan Gigi Bayi

Setiap bayi akan memiliki masa pertumbuhan gigi yang berbeda-beda, namun biasanya awal di…

Follow us