7 Tips untuk Mengurangi Nyeri Kontraksi

5/5 (6)

1. Berendam dalam air

Membenamkan diri Anda dalam air yang hangat ketika akan menjalani persalinan terbukti cukup efektif untuk mengurangi rasa nyeri akibat kontraksi. Hal ini dikarenakan ketika Anda duduk dengan rileks dalam bathtub, otot-otot tubuh Anda akan mengendur karena hangatnya air. Jika di rumah sakit tempat Anda bersalin terdapat bathtub, Anda bisa mencoba untuk menyirami perut dengan air hangat dengan lembut menggunakan shower. Tekanan lembutnya akan memberikan efek nyaman bagi perasaan nyeri di bagian punggung bawah.

2. Ciptakan suara

Ibu hamil sering merintih atau mengeluarkan suara ketika ia tengah merasa sangat kesakitan menjelang persalinan. Rilekskan pundak dan ciptakan suara rendah nan dalam agar napas Anda lebih ringan serta agar otot-otot panggul yang menegang menjadi mengendur. Bisa juga bernyanyi, berhitung, atau mengulang kata-kata dari bahan bacaan. Hal ini bertujuan untuk mengalihkan Anda dari rasa nyeri tersebut.

3. Atur posisi tubuh

Melakukan kegiatan yang tidak melawan gravitasi bumi akan membantu mengurangi rasa nyeri  Anda, contohnya dengan membuka panggul. Anda bisa duduk dengan santai menyandarkan diri pada dinding atau pada suami. Cara ini sangat populer di kalangan ibu hamil untuk mencegah adanya intervensi lain yang bisa saja terjadi. Namun biasanya dokter akan mencegah Anda melakukan gerakan yang terlalu sering karena akan riskan untuk kondisi bayi Anda.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply