5 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Saat Hamil

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Saat Hamil – Keluhan yang dialami saat hamil tidak sebatas pusing, mual dan muntah saja. Biasanya beberapa keluhan lain dialami oleh ibu hamil yang dapat mengganggu kenyamanan, salah satunya hidung tersumbat.

Kondisi hidung tersumbat ketika hamil dapat disertai dengan gejala lainnya seperti hidung berlendir serta sering bersin. Kondisi ini secara medis disebut dengan pregnancy rhinitis. Kondisi ini disebabkan karena hormon esterogen yang mengalami peningkatan.

Nah, untuk mengatasi kondisi ini anda bisa melakukan beberapa perawatan di bawah ini. Namun, jika kondisi tidak kunjung membaik sebaiknya anda berkonsultasi pada dokter untuk dapatkan penanganan yang tepat.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Saat Hamil

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Saat Hamil

Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membantu mengurangi tidak nyaman karena rhinitis.

Membersihkan Saluran Hidung

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Saat Hamil

Cara mengatasi hidung tersumbat bisa dilakukan dengan membersihkan saluran hidung. Saluran hidung bisa dibersihkan dengan menggunakan bilasan dari campuran air garam yang bermanfaat untuk mengeluarkan lendir.

  • Caranya yaitu silakan pada baskom bersih campurkan air hangat sebanyak 250 hingga 500 ml dengan ¼ atau ½ sdt garam, serta sedikit baking soda.
  • Kemudian berdiri depan wastafel, kepala diposisikan miring pada salah satu sisi. Sedikit campuran air tersebut silakan tuangkan pada telapak tangan, lalu masukan pada salah satu lubang hidung dengan bergantian. Kemudian buang dalam wastafel.
  • Anda bisa melakukan cara ini dengan berulang hingga hidung terasa lebih nyaman.
  • Selain itu, anda juga bisa membersihkan hidung dengan produk yang dibeli di apotek.

Mandi Menggunakan Air Hangat

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Saat Hamil

Mandi dengan menggunakan air hangat memang akan membuat nyaman. Selain itu, mandi air hangat juga akan membantu mengatasi rhinitis ketika hamil.

  • Caranya yaitu silakan siapkan air hangat. Lalu anda bisa mandi seperti biasanya.
  • Kemudian ketika mandi air hangat anda bisa membasuh wajah dengan menggunakan waslap yang sebelumnya sudah dicelupkan dalam air hangat. Dengan cara ini akan membantu mengatasi hidung tersumbat.

Hindari Penyebeb Alergi

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Saat Hamil

Gejala rhinitis bisa diredakan dengan cara menghindari hal-hal yang dapat memicu alergi, seperti berikut ini.

  • Hindari pemicu alergi seperti polusi udara, asap rokok dan paparan bahan kimia.
  • Penting untuk menjaga kebersihan lingkungan seperti debu dan kotoran yang menempel,  terutama di kamar tidur.
  • Ketika membersihkan ruangan atau beraktivitas di luar sebaiknya anda menggunakan masker untuk menghindari paparan debu, asap rokok dan polusi.

Baca juga : Tips Mengatasi Sinusitis Pada Ibu Hamil dengan Alami dan Mudah

Menggunakan Pelembab Udara

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Saat Hamil

Menjaga kelembaban udara di rumah dengan memakai humidifier. Selain itu, juga akan dapat membantu meredakan tidak nyaman yang disebabkan karena rhinitis.

  • Letakan humidifier di dalam kamar tidur supaya tidur anda tetap nyaman dan nyenyak.
  • Anda juga bisa tidur dengan menggunakan beberapa bantal yang ditumpuk agar lebih nyaman.

Olahraga Ringan

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Saat Hamil

  • Cara lainnya yang dapat dilakukan untuk mengatasi hidung tersumbat yaitu olahraga ringan. Lakukan olahraga yang aman untuk ibu hamil.
  • Sebelum melakukan olahraga, alangkah lebih baik jika anda melakukan konsultasi terlebih dahulu pada dokter. Tanyakan pada dokter jenis olahraga apa saja yang aman bagi ibu hamil.
  • Untuk mencegah terkena polusi udara, sebaiknya hindari melakukan olahraga di luar ruangan. Sebab akan dapat menyebabkan saluran hidung terganggu dan memperburuk kondisi anda.

Kondisi hidung tersumbat saat hamil tentu akan mengganggu kenyamanan. Hindari mengonsumsi obat-obatan dengan sembarangan. Untuk mendapatkan penanganan yang tepat sebaiknya anda konsultasi pada dokter.

Leave a Reply