Cara Mengolah Daging Untuk Ibu Hamil dengan Tepat dan Aman

Cara Mengolah Daging Untuk Ibu Hamil dengan Tepat dan Aman – Pada daging, baik daging ayam atau daging merah mengandung nutrisi yang diperlukan ibu hamil. Saat hamil, cara mengolah daging harus dilakukan dengan benar. Pasalnya, ibu hamil lebih berisiko mengalami infeksi bakteri dan parasit pada daging. Hal itu disebabkan karena selama masa kehamilan daya tahan tubuh ibu hamil menurun. Nah, berikut ini cara mengolah daging yang baik dan benar untuk ibu hamil.

Cara Mengolah Daging Untuk Ibu Hamil

Bahaya Jika Mengonsumsi Daging yang Tidak Diolah dengan Benar

Jika ibu hamil mengonsumsi daging setengah matang atau daging mentah, maka akan berisiko mengalami infeksi karena kandungan parasit dan bakteri pada daging. Kondisi ini tentu berbahaya untuk kehamilan. Nah, berikut ini beberapa bakteri yang bisa menimbulkan masalah kesehatan untuk ibu hamil.

  • Listeria. Dibandingkan orang pada umumnya, ibu hamil lebih berisiko mengalami listeriosis. Bahaya akibat listeriosis dapat menyebabkan keguguran, bayi meninggal dalam kandungan, kelahiran prematur, meningitis, bayi lahir dengan berat badan kurang serta bakteremia.
  • Salmonella. Mengonsumsi daging yang sudah terkontaminasi bakteri salmonella akan menyebabkan ibu hamil mengalami diare, demam tinggi, dehidrasi dan muntah. Kondisi ini dapat menyebabkan keguguran atau bayi lahir prematur.
  • Toksoplasma. Infeksi karena bakteri toksoplasma disebut dengan toksoplasmosis. Infeksi toksoplasma akan menyebabkan keguguran, kerusakan saraf dan bayi meninggal dalam kandungan.
  • E.coli. Infeksi bakteri ini akan dapat menyebabkan lapisan pembuluh darah rusak atau gagal ginjal.

Cara Mengolah Daging Untuk Ibu Hamil dengan Tepat dan Aman

Sangat penting mengolah daging dengan tepat untuk mencegah risiko ibu hamil mengalami infeksi. Anda harus teliti dalam memilih, menyimpan hingga memasak daging agar menghasilkan hidangan yang sehat dan tentunya aman dikonsumsi. Nah, berikut ini beberapa cara mengolah daging untuk ibu hamil.

Memilih Daging Segar

Cara Mengolah Daging Untuk Ibu Hamil

Saat membeli daging pastikan anda memilih daging yang kondisinya masih segar. Saat memilih daging, sebaiknya perhatikan beberapa tips ini.

  • Hindari memilih daging yang sudah mengalami perubahan warna, menjadi gelap atau kecoklatan.
  • Hindari memilih daging yang aromanya tidak sedap, teksturnya keras serta berlendir.
  • Hindari pula memilih daging yang kemasannya sudah rusak, robek atau bocor karena bisa saja daging sudah terkontaminasi oleh kuman.

Cara Menyimpan Daging yang Tepat

Cara Mengolah Daging Untuk Ibu Hamil

Setelah anda membeli daging, pastikan daging disimpan dengan tepat jika anda tidak langsung mengolah daging. Cara menyimpan daging yang tepat bisa dilakukan seperti berikut ini.

  • Daging yang sudah anda beli harus disimpan dalam wadah tertutup. Lalu masukan daging dalam lemari pendingin, suhunya sekitar 4 derajat Celcius.
  • Namun, apabila daging tidak akan diolah dalam waktu dekat atau lebih 4 hari setelah anda membelinya, sebaiknya daging didinginkan dengan suhu -18 derajat Celcius atau anda bisa menyimpannya dalam freezer.

Baca juga : Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Saat Hamil

Masak Daging Sampai Benar-Benar Matang

Cara Mengolah Daging Untuk Ibu Hamil

Saat memasak daging sangat penting untuk memastikan daging benar-benar matang seluruhnya. Bagian daging harus matang semuanya, jangan ada yang masih berwarna merah muda.

  • Masak daging dengan suhu hingga 65 derajat Celcius.
  • Sedangkan untuk daging giling ataupun daging ayam, sebaiknya dimasak dengan suhu 75 derajat Celcius.

Itulah cara mengolah daging untuk ibu hamil yang tepat dan aman. Pastikan selama hamil, ibu mengonsumsi makanan yang sehat dan diolah dengan cara yang tepat. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply