data-ad-format="auto"

4 Hal Penting yang Harus Diketahui Saat Mengganti Popok Balita

Ketika bayi berusia sekitar 24 bulan, biasanya bayi telah memiliki kemampuan fisik dan bahasa yang dibutuhkan untuk berlatih ke kamar kecil. Namun meski demikian, popok masih saja menjadi kebutuhan pokok yang tidak terpisahkan bagi kebanyakan bayi dengan usia 2 tahun ke atas.

Berikut 4 hal penting yang harus diketahui ketika mengganti popok balita

1. Pilihlah Lokasi Penggantian Popok yang Benar

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

Seorang balita yang berganti popok dimeja kecil tempat biasa ia mengganti popoknya dulu, mungkin akan sering menggeliat, ketika banyak pergerakan dari si balita, maka beban pada meja yang ia tumpangi akan semakin besar yang membuat meja yang ia tumpangi menjadi tidak sepadan dengan resiko jatuhnya. Untuk itulah, lebih baik ganti dengan alas di lantai. Selain itu, menggantinya dilantai akan mempermudah anda. Namun sebaiknya, pilihlah lokasi penggantian popok yang pantas, anda mungkin sudah terbiasa dengan popok yang sudah penuh, sampai-sampai melupakan jika tak semua orang disekitar anda sama terbiasanya dengan anda. (Baca : Tips Mengganti Popok Bayi yang Aktif)

2. Perhatikan Ukuran Popok Berubah dengan Cepat

Sebelum anda memutuskan untuk membeli persediaan popok yang super banyak, ada baiknya pastikan terlebih dahulu jika anda mendapatkan ukuran popok yang sesuai dengan ukuran balita anda. Anak-anak tumbuh dalam tingkatan yang tidak sama dimana penilaian berdasarkan berat tubuh akan lebih sesuai dibandingkan dengan usia dalam menentukan ukuran popok. Untuk itu, ada baiknya simpan dan ketahui berat bobot bayi sebelum memutuskan memborong popok bayi. Jika anda belum yakin dengan berat tubuh bayi anda, ada baiknya lakukan penimbangan dirumah. Apabila bayi belum bisa berdiri tegak diatas timbangan, timbang berat badan anda dan bandingkan dengan berat badan ketika menggendongnya

3. Segera Atasi Jika Timbul Ruam

Jika balita yang mengenakan popok kemudian timbul ruam merah akibat iritasi, perlakukan hal yang sama seperti saat ia masih kecil. Segera oleskan dengan salep anti ruam. Selain itu, amati pula pertanda kemungkinan infeksi seperti demam, bisul, ruam yang menyebar keluar popok. Jika anda menemukan salah satunya, ada baiknya segera tanyakan obatnya ke dokter.

4. Jangan Abaikan Popok yang Kotor

Saat popok basah tak mengganggu anak, biasanya orang tua cenderug akan membiarkannya lebih lama. Apalagi komponen gel penyerap yang ada pada popok dapat menjaga cairan agar tidak merembes ke bagian bawah bayi. Hal ini malah membuat kita semakin keenakan membiarkan anak yang tidak mengeluh dengan popok basahnya. Namun hal ini, sebenarnya keliru, popok yang basah masih tetap bisa menyebabkan ruam muncul pada bayi. Untuk itulah, sebaiknya jangan abaikan popok yang basah, meskipun anak tak merasa terganggu karenanya.

Itulah dia 4 hal yang penting yang harus diperhatikan ketika mengganti popok balita. Mengganti popok kerap kali menjadi kegiatan yang kurang disenangi bayi. Membuatnya menjadi kegiatan yang menyenangkan dan mengasyikan untuk bayi adalah strategi yang harus anda lakukan. Ajaklah bayi berbicara dan mengobrol selama penggantian popok berlangsung agar ia menjadi lebih tertarik atau berikan ia mainan yang disukainya agar ia menjadi diam dan asyik dengan apa yang ia pegang. 

Loading...

Populer di Dunia Bayi

1500+ Rangkaian Nama-Nama Bayi Laki-Laki Islami Modern

Mendapatkan kehamilan memang merupakan salah satu berkah yang luar biasa yang di berikan…

Nama-Nama Bayi Perempuan Islami

Nama adalah doa dan nama juga bisa menjadi pengharapan orang tua kepada anak. Oleh karena…

Cara Ampuh Menaikan Berat Badan Bayi

Pada umumnya bayi dilahirkan dengan berat badan dan ciri yang berbeda satu sama lainnya,…
Default Image

Bayi Muntah Setelah Diberi ASI

sumber : KuliahBidan Gumoh dan muntah sering kali terjadi hampir setiap pada bayi. Gumoh…
Default Image

Mengenal Tanda-Tanda Pertumbuhan Gigi Bayi

Setiap bayi akan memiliki masa pertumbuhan gigi yang berbeda-beda, namun biasanya awal di…

Follow us