Tips Mengganti Popok Bayi yang Aktif

Mengganti popok secara berkala dapat mencegah dari ruam popok sehingga kulit bayi akan tetap kering. Cek kondisi popok anda secara rutin, mengganti popok dapat dilakukan minimal 2-3 jam sekali.Meskipun demikian sebagian ibu seringkali mengeluhkan karena benar-benar sulit mengganti popok yang disebabkan bayi yang terlalu aktif. Pertanyaan yang terkadang timbul adalah apakah kemampuan anda dalam mengganti popok bayi yang kurang terampil atau dikarenakan bayi anda yang hiperaktif?

Sebaiknya jangan dulu anda berasumsi bahwa bayi anda hiperaktif dikarenakan pada dasarnya mengganti popok membutuhkan keterampilan dan kesabaran tersendiri. Bayi yang kini memiliki kemampuan begitu menarik, menantang, disentuh dan juga mengeksplorisasi maka dorongan inilah yang sangat besar sehingga sulit untuk membuatnya tenang.

Berikut adalah tips mengganti popok pada bayi yang aktif :

1. Anda dapat memberikan beberapa kegiatan yang menarik sebelum mengganti popok. Misalnya dengan menyanyi sehingga menarik perhatiannya.

2. Kedua anda dapat menjepit mainan favorit anak anda di mulut sehingga bayi berusaha merebut mainan tersebut. Ganti mainan sewaktu waktu untuk menghindari rasa bosan pada anak anda.

3. Selain itu anda dapat meletakan mainan di samping bayi anda sehingga menarik perhatiannya.

4. Kemudian anda dapat menggerakan jari turun naik pada bagian kaki dan perut sehingga bayi anda tertawa dan dapat mengganti popok bayi anda dengan mudah .

5. Anda dapat menghadirkan gerakan wajah yang lucu ketika mengganti popok bayi anda tetapi ketika membersihkan bokongnya sebaiknya jangan dilakukan.

6. Lakukan pergantian yang cepat sehingga dapat melakukannya dalam waktu yang singkat dan mengalihkan bayi anda dengan segera.
Sedangkan apabila bayi anda masih tidak mau diam maka gunakan lantai dengan matras yang empuk sehingga dapat menghindari luka atau terjatuh ketika sedang mengganti popoknya. Siapkan pula semua perlengkapan dalam jangkauan tangan anda sehingga ketika diperlukan tidak terlalu jauh dan terlalu lama menggunakannya.   

Dengan demikian  bagi anda yang kini mempunyai anak yang aktif dan kesulitan mengganti popok lakukan trik diatas sehingga membantu anda dalam mengatasi penggantian popok dan ruam popok yang seringkali terjadi pada bayi. Setelah anda selesai maka anda dapat meletakan bayi anda di tempat yang aman kemudian memasukan popok kotor ke dalam keranjang, cucilah tangan anda apabila diperlukan anda dapat menggunakan cairan antiseptik.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel