data-ad-format="auto"

20 Cara Menghilangkan Bau Keputihan Secara Alami, Mudah & Ampuh

Keputihan menjadi satu kondisi yang kerap dialami oleh banyak wanita. Hampir setiap wanita mengalami yang namanya keputihan. Hanya saja yang membedakan natara keputihan yang normal dan juga tidak normal. Seperti kita tahu bahwa keputihan normal tidak akan menimbulkan berbagai masalah pada sistem reproduksi dan dianggapnya sebagai kondisi yang cukup wajar. Namun berbeda dengan keputihan yang tidak normal dimana menjadi sebuah kondisi yang patut untuk diwaspadai karena dapat menjadi indikasi dimana adanya penyakit yang serius pada organ reproduksi wanita.

Selain menjadi sebuah ancaman bagi wanita, keputihan juga menimbulkan beberapa masalah seperti misalnya bau yang tidak sedap. Timbulnya rasa bau pada keputihan tentu membuat sebagian besar wanita menjadi sangat tidak nyaman. Bagaimanapun juga, vagina yang bau bisa menyebabkan seorang wanita menjadi tidak percaya diri terlebih ketika sudah menikah. Bau yang terjadi pada vagina tentunya dapat disebabkan oleh beberapa faktor, tidak terkecualli keputihan yang cukup parah.

Keputihan yang terjadi pada vagina tentunya dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Vagina yang bau disertai dengan gejala lain tentunya menjadi hal yang harus diwaspadai. Tentunya, terdapat beberapa gangguan dan juga masalah kesehatan yang terjadi pada daerah kewanitaan. Namun, jika bau yang terjadi pada vagina sangat menyengat dan juga tidak sedap. Maka, Anda tentunya wajib untuk mencari cara untuk menghilangkan bau tidak sedap secara alami.

Cara Menghilangkan Bau Keputihan Secara Alami

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

Menjaga kebersihan dan juga kesehatan vagina tentu menjadi hal yang benar-benar harus Anda lakukan. Bagaimanapun juga, menjaga daerah kewanitaan tetap bersih menjadi hal yang penting. Hal ini dikarenakan jika tidak dijaga dan dirawat dengan benar, maka akan menimbulkan beberapa dampak yang tentu akan berbahaya bagi kesehatan organ intim.

Cara membersihkan alat reproduksi wanita memang terbilang susah susah gampang. Hal ini dikarenakan organ intim wanita memang sangat rentan terserang infeksi jamur ataupun virus. Jika tidak dirawat dan dibersihkan dengan baik, tentu akan memberikan dampak yang cukup buruk bagi kesehatan organ reproduksi Anda. Cara untuk membersihkan vagina tentunya bisa juga dengan cara yang alami dimana menjadi cara yang paling aman untuk dilakukan. Berikut ini kami sajikan cara membersihkan vagina secara alami yang bisa Anda lakukan sekarang juga!

Gunakan bawang putih

Bawang putih memang menjadi salah satu bumbu dapur yang memiliki rasa khas dan cenderung menyengat. Namun, ternyata bawang putih memiliki kandungan yang dapat digunakan untuk membersihkan vagina. Cara yang dapat Anda lakukan, sediakan satu siung bawang putih yang segar dan dikupas terlebih dahulu. Kemudian, gunakan kain katun tipis sebagai pembungkusnya. Jangan lupa untuk memasang tali kecil pada bawang putih yang telah dibalut dengan kain. Kemudian, lanjutkan dengan memasukkan ke dalam vagina dan tinggalkan semalaman. Ketika esok paginya, baru dilepas dengan menarik tali kecil tadi. Lakukan cara ini dengan sangat hati-hati untuk menghindari lecet atau rasa sakit ketika memasukkannya ke dalam vagina. Selain itu, bawang putih juga memiliki khasiat untuk mencegah peradangan dan juga infeksi.

Gunakan klorofil

Dalam hal ini klorofil yakni berbentuk cairan yang mampu menjadi deodorant alami dimana sangat aman digunakan untuk Anda yang mengalami bau keputihan dan tidak sedap. Anda tentunya cukup dengan mengonsumsi 1 sendok makan klorofil cair yang sudah dicampur dengan 8 ons air putih. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi 1 buah kaplet tablet klorofil setiap malam dan 1 pada waktu pagi hari secara rutin. Untuk itu, dijamin keputihan bisa hilang dengan sendirinya.

Gunakan cuka apel

Cuka apel memang terkenal sebagai bahan alami yang bisa digunakan untuk perawatan wajah dan juga tubuh. Selain itu, cuka apel juga ternyata mampu membersihkan dan menghilangkan bau yang tidak sedap pada vagina. Cara yang dapat Anda lakukan yakni dengan mencampurkan cuka apel dengan air mandi Anda. Lalu, berendam di sana sekitar 20 menit. Setelah itu, konsumsilah air cuka apel setidaknya sehari 2 kali dengan mencampurkan cuka apel dan air minum.

Gunakan cuka putih

Sama halnya dengan cuka apel, cuka putih tentunya mmeberikan peranan yang sangat penting dalam menghilangkan bau tidak sedap pada vagina Anda. Cara yang dapat Anda lakukan ilaha dengan menyediakan secangkir cuka putih, kemudian campurkan pada bathtub. Lalu, berendam di sana sekitar 20 menit. Untuk alternatif yanglain tentunya Anda bsia menghilangkan bau keputihan dengan mencampurkan 2 sendok makan cuka putih dengan segelas air dan konsumsi setidaknya sehari 2 kali.

Gunakan minyak levender

Sama halnya dengan cuka apel, minyak lavender juga bisa digunakan untuk membersihkan vagina. Cara yang dapat Anda lakukan ialah dengan mencampurkan dua tetes minyak lavender ditambah dengan minyak mint pada air Anda. Anda tentunya dapat menggunakan air ramuan ini untuk membasuh vagina atau berendam di dalam air tersebut kurang lebih 10 menit. Untuk hasil yang maksimal tentunya Anda bisa menggunakannya dua hari sekali demi mendapatkan hasil yang maksimal.

Memanfaatkan daun jambu biji

Selain daun intaran (neem), daun jambu biji juga memiliki khasiat dengan sifat antibakteri dan juga antioksidan. Cara yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan manfaat dari daun jambu biji ini yakni dengan melakukan langkah seperti rebuslah 4-5 lembar daun jambu. Rebuslah dengan seliter air hingga berkurang setengahnya. Selain bisa digunakan untuk membasuh vagina, daun jambu biji juga bisa diminum setidaknya dua kali dalam seminggu.

Gunakan daun intaran (neem)

Jenis daun yang biasa ditemukan diperkebunan ini tentunya memiliki sifat antimikroba. Hal ini juga tentu dipercaya dimana daun ini dapat membunuh kuman dan bakteri yang ada di dalam vagina. Cara yang dapat Anda lakukan tentu sangat mudah yakni dengan menyediakan 10 lembar daun intaran, 1 inci batang kulit pohon intaran dan juga seliter air. Setelah itu, cuci daun hingga bersih dan rendam di dalam seliter air. Kemudian pada keesokan harinya barulah digunakan untuk membasuh vagina. Anda tentunya bisa melakukan perawatan ini setidaknya 2 kali dalam sehari secara rutin.

Minum jus nanas

Buah nanas memang terkenal dengan aroma yang sangat khas. Aroma yang terdapat di dalam buah nanas tentunya dapat mengalahkan bau tidak sedap pada vagina Anda. Jadi, minumlah setidaknya 1-2 gelas jus nanas selama beberapa hari dan pastikan Anda merasakan adanya perubahan pada aroma vagina Anda. Cepat atau lambat, bau tidak sedap tersebut akan hilang berangsur-angsur.

Gunakan baking soda

Selain untuk membersihkan berbagai kotoran, tentunya baking soda juga bisa digunakan sebagai alternatif untuk menghilangkan bau tidak sedap pada vagina Anda. Caranya cukup mudah, Anda hanya menyediakan baking soda sebanyak 1/2 cangkir. Lalu, tambahkan air mandi dan bisa dipakai dengan berendam selama 20 menit hingga setengah jam. Selain itu, Anda juga bisa menyediakan segelas air putih hangat yang dicampur dengan baking soda. Namun, porsi yang harus Anda konsumsi tidak terlalu berlebihan dan jangan dikonsumsi setiap hari.

Gunakan Hidrogen Peroksida

Kemampuan hidrogen peroksida dalam melawan bakteri jahat yang dapat menyebabkan keputihan. Cara yang dapat Anda lakukan yaitu campurkanlah hidrogen peroksida 3% bersama dengan air secukupnya. Anda tentunya dapat menggunakan tampon yang terlebih dahulu sudah dicelupkan ke dalam ramuan tadi. Kemudian, selipkan pada vagina dan biarkan selama setengah jam. Anda tentunya dapat mengulang langkah ini hingga beberapa jam sekali, asalkan Anda rutin dan bekas keputihan dapat mudah hilang.

Yogurt

Selain sangat bagus untuk sistem pencernaan, yogurt juga memiliki kandungan yang dapat menghilangkan bau tidak sedap pada vagina. Cara yang dapat Anda lakukan yaitu siapkan tampon kemudian celupkan ke dalam 1-2 sendok yogurt. Setelah itu, Anda bisa mencobanya dengan menyelipkan paga vagina Anda. Kemudian, tinggalkanlah sekitar 1-2 jam. Bersihkan dengan membilasnya dan lakukan cara ini setidaknya sehari 3-4 kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Gunakan daun sirih

Tidak dapat diragukan lagi bahwasanya daun sirin digunakan sebagai bahan alami untuk perawatan organ intim. Selain itu, daun sirih memang dapat digunakan untuk membersihkan vagina dan juga menghilangkan bau yang tidak sedap. Cara yang dapat Anda lakukan yakni rebus beberapa lembar daun sirih yang telah dirobek-robek kecil sekitar 10 menit. Lalu, angkat dan tunggu sampai terasa suam-suam kuku. Setelah itu, celupkan tampon ke dalam cairan daun sirih tadi. Kemudian, masukkan ke dalam vagina hingga 15 menit sebelum dilepas. Anda tentunya dapat mengulangi langkah ini selama seminggu dan lakukan setiap harinya agar khasiatnya bisa terlihat.

Gunakan minyak pohon teh

Minyak pohon teh tentunya dapat digunakan sebagai ramuan alami pembersih dan pembilas area organ intim. Cara yang dapat Anda lakukan yakni mencampurkan 3 tetes minyak pohon teh pada air dan gunakan untuk membilas vagina. Anda tentunya dapat melakukan perawatan dan cara ini selama beberapa kali dalam seminggu.

Gunakan kunyit

Kunyit memang dikenal sebagai anti toksin yang dapat digunakan untuk membersihkan racun dan juag mencegah bakteri dan jamur. Agar lebih mudah tentunya Anda bisa menyiapkan beberapa bubuk kunyit, kemudian ambil 1 sendok teh untuk dicampurkan ke dalam segelas susu.  Dengan mengonsumsi secara rutin setiap malam, Anda tentunya bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Selain untuk menghilangkan bau keputihan, Anda tentunya bisa juga menggunakan kunyit sebagai alternatif untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Konsumsi cranberry

Cranberry mungkin menjadi salah satu buah yang digunakan untuk membersihkan organ kewanitaan dikarenakan memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-mikroba. Secangkir cranberry bersifat anti-inflamasi dan juga antimikroba yang dapat direndam di dalam satu liter air semalaman. Sedangkan keesokan harinya, Anda bisa meminum air hasil dari rendaman cranberry sepanjang hari. Segala toksin yang ada di dalam tubuh bisa dikeluarkan dengan mudah. Anda tentunya dapat meminum jus cranberry dalam sehari agar bau keputihan dapat hilang.

Konsumsi air putih

Cara menghilangkan bau tidak sedap yang selanjutnya yakni dengan mengonsumsi air putih. Salah satu penyebab wanita mengalami keputihan yakni kurangnya asupan air putih ke dalam tubuh. Selain itu, kurangnya konsumsi air putih dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi. Anda tentunya dapat meningkatkan asupan air putih setiap harinya yakni antara 2-3 liter agar tubuh tetap sehat dan juga bugar serta terhindar dari berbagai masalah pada kewanitaan.

Hindari makanan manis

Makanan manis yang Anda konsumsi seperti donat, kue, permen dan juga roti menimbulkan bau yang tidak sedap terlebih ketika sedang keputihan. Jika Anda tidak ingin memperburuk keadaan organ intim karena bau yang tidak sedap, maka alangkah baiknya jika Anda menghindari jenis makanan ini.

Ganti celana dalam 8 jam sekali

Pada umumnya wanita mengganti celana dalam dua kali dalam sehari, namun bagi Anda yang memiliki masalah pada keputihan. Alangkah baiknya Anda mengganti celana dalam setidaknya 3 kali dalam sehari. Hal ini tentunya bertujuan untuk membuat organ kewanitaan tetap bersih dan juga sehat.

Konsumsi kacang-kacangan

Kacang-kacang dan juga biji-bijian tentunya menjadi salah satu sumber vitamin E yang baik dan sangat efektif untuk menjaga kesehatan organ intim kewanitaan. Untuk menghilangkan bau tidak sedap pada vagina, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan dengan mengonsumsi kacang-kacangan seperti biji bunga matahari, hazelnut, kacang kenari dan juga biji labu. Beberapa jenis kacangh-kacangan tersebut tentunya dipercaya dapat menghilangkan bau yang tidak sedap pada vagina Anda.

Buah yang mengandung vitamin C

Buah yang mengandung vitamin C yang cukup banyak tentunya dipercaya dapat menghilangkan bau yang tidak sedap pada bagian organ kewanitaan Anda. Beberapa jenis buah sitrus memang memiliki khasiat yang paling ampuh untuk menghilangkan aroma bau tidak sedap pada organ kewanitaan Anda. Beberapa jenis buah yang mengandung vitamin C seperti jeruk nipis, jeruk bali, lemon, jeruk, dan juga anggur.

Itulah beberapa cara menghilangkan bau keputihan secara alami yang tentu sangat mudah untuk Anda sekarang juga. Selamat mencoba!