14 Cara Mengobati Difteri Secara Alami Yang Aman Dilakukan

4.5/5 (16)

Penyakit difteri memang memiliki beberapa gejala yang tentunya harus Anda waspadai karena akan berdampak buruk dan mengganggu kesehatan Anda. Jika difteri sudah terjadi pada Anda tentunya Anda harus mencari tahu mengenai cara yang bisa Anda lakukan untuk mengobati penyakit difteri. Untuk itu kami sajikan beberapa cara mengobati difteri secara alami yang bisa Anda lakukan di rumah!

Seperti yang kita tahu bahwa penyakit difteri termasuk pada salah satu penyakit yang harus benar-benar Anda waspadai. Hal ini dikarenakan penyakit difteri memiliki dampak buruk yang tentunya sangat mengganggu kesehatan Anda. Pada umumnya, penyakit difteri terjadi pada anak-anak, namun tidak sedikit juga orang dewasa yang mengalami dan terkena penyakit difteri ini. Tentunya penyakit difteri sangat sulit untuk dideteksi karena memiliki ciri yang hampir sama dengan penyakit lainnya.

Difteri merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang terkontaminasi dengan virus. Virus ini tentunya menyerang selaput lendir pada bagian hidung dan juga tenggorokan. Penyakit difteri ini tentunya termasuk pada jenis penyakit yang menular. Difteri sendiri memang dapat dicegah dengan imunisasi. Namun, tetap saja jika penyakit difteri tersebut sudah menjangkit tubuh kita. Selain itu, ada beberapa cara mengobati difteri secara alami yang bisa Anda lakukan di rumah!

Cara Mengobati Difteri Secara Alami

Penyakit difteri tentunya dapat menyerang siapa saja termasuk Anda. Hal ini tentunya menjadi cara yang paling tepat bagi Anda untuk mencari cara dalam mencegah penyakit difteri agar tidak menyerang Anda. Meskipun memang terbilang sulit untuk mencegah penyakit difteri. Namun, langkah ini memang sangat perlu dilakukan sebagai tindakah pencegahan pada tubuh Anda.

Selain itu, beberapa tindakan pencegahan memang bisa Anda lakukan dengan sangat mudah di rumah Anda. Namun karena tidak banyak orang yang tahu, maka cara ini memang terbilang sulit untuk dilakukan. Bagaimanapun juga, memang penyakit difteri termasuk salah satu penyakit yang memang sangat sulit untuk diobati. Maka dari itu, berikut kami sajikan beberapa cara mengobati difteri secara alami yang bisa Anda lakukan di rumah, diantaranya:

Jeruk Nipis

Car mengobati difteri yang pertama ialah dengan menggunakan jeruk nipis. Seperti yang kita tahu bahwa jeruk nipis mengandung banyak sekali vitamin C yang tentu sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Anda tentunya bisa mencampurkan jeruk nipis dengan air rebusan bunga rosella yang tentunya dapat membantu mengobati difteri secara alami. Campuran jeruk nipis dengan rebusan bunga rosella ini tentunya memiliki khasiat yang sangat baik untuk mengobati radang ternggorokan.

Jus Nanas

Penyakit difteri juga bisa diobati dengan mengonsumsi jus nanas. Seperti yang kita tahu bahwa jus nanas memang memiliki sifat anti radang sehingga sangat membantu membuang sel-sel yang rusak pada tenggorokan. Ini tentu sangat penting bagi Anda dimana kondisi ini bisa menghilangkan membran akibat dari penyakit difteri yang muncul. Selain itu, nanas juga memang memiliki manfaat yang cukup besar yakni senyawa yang terkandung di dalamnya yang ternyata menjadi salah satu zat yang bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh. Nanas juga termasuk buah yang mengandung antioksidan sehingga memang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Mengkudu

Buah yang terkenal memiliki banyak khasiat ini tentunya memiliki manfaat yang sangat baik untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Dalam hal ini mengkudu  memang memiliki kandungan anti toksin yang sangat baik untuk membuang racun di dalam darah. Buah mengkudu juga tentunya mengandung anti biotik alami yang mampu bekerja dalam melawan bakteri. Selain itu, di dalam buah mengkudu terdapat beberapa kandungan scolopetin dan terpenoid yang dapat bekerja secara maksimal dan juga efektif sebagai pereda radang sehingga dapat membantu memulihkan sel-sel tenggorokan yang rusak.

Bawang Putih

Bumbu dapur yang memiliki rasa dan juga aroma yang khas ini memang kaya akan anti toksin yang tentu sangat baik sebagai anti bakteri dan juga anti radang. Di dalam bawang juga tentunya terdapat kandungan organusulfida yang dapat menghilangkan membran kelabu yang disebabkan oleh difteri.Selain itu, bawang putih juga memang sangat efektif untuk memperbaiki sel-sel rusak karena mengandung saltivine.

Buah Pinang

Buah yang satu ini juga biasa digunakan sebagai bahan alami yang dipercaya dapat membantu membunuh bakteri dan juga racun di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan di dalam buah pinang terkandung beberapa zat seperti Arecoline yang disebut sebagai metil-tetrahidrometil-nikotinat yang berwujud minyak basa yang keras. Pada jaman dulu, buah pinang digunakan untuk membasmi cacing pita yang ada di dalam tubuh hewan seperti anjing, kucung dan juga unggas. Sehingga tidak heran jika buah pinang digunakan sebagai bahan alami untuk mengobati penyakit difteri.

Jahe

Bumbu dapur yang memiliki aroma khas dan kerap digunakan sebagai bumbu penghilang aroma amis ternyata dipercaya juga sebagai obat alami dalam mengobati difteri. Hal ini dikarenakan senyawa kimia yang terdapat di dalam jahe terutama jahe merah diantaranya shogaol, zingeron dan jyga gingerol. Manfaat yang dapat Anda ambil dari buah jahe diantaranya meningkatkan sistem kekebalan tubuh,  melancarkan sirkulasi darah, menghangatkan tubuh, penambah nafsu makan, meningkatkan sistem imunitas tubuh dan sifat anti radang.

Kunyit

Bahan dapur yang satu ini kerap digunakan sebagai obat alami yang memiliki sifat anti radang atau yang dikenal dengan anti-inflammasi. Kandungan curcumin yang terdapat di dalam kunyit tentunya memiliki sifat anti inflammasi yang lebih kuat dibandingkan dengan minyak atsiri. Zat curcumin di sini tentunya sebagai agen farmakologis utama yang terdapat di dalam kunyit. Senyawa ini tentunya memiliki peranan sebagai zat anti-inflammasi yang diketahui sama dengan kandungan Motrin.

Campuran madu dan temulawak

Seperti yang kita tahu bahwa madu merupakan cairan manis yang dihasilkan oleh lebah. Bahan alami yang kerap digunakan sebagai obat ini tentu memiliki kandungan yang dipercaya mampu  mengobati penyakit difteri. Sedangkan temulawak memiliki beberapa kandungan seperti minyak atsiri, mineral, seskuiterpen d-kamper, Kurkumin, P-toluilmetilkarbinol, Kurkuminoid, Magnesium, Natrium, besi, Kadmium, Mangan dan juga obat-obatan alami. Kandungan yang ada di dalam temulawak tentunya dipercaya mampu mengatasi peradangan yang disebabkan oleh penyakit difteri.

Getah Pepaya dan Air Hangat

Perlu Anda tahu bahwa getah pepaya memiliki kandungan sekitar 50 asam amino. Kandungan yang ada di dalam getah pepaya inilah yang tentunya memiliki peranan yang cukup penting dalam mengatasi radang, antitumor, anti-virus dan juga anti-kanker. Meskipun memang getah pepaya memiliki tekstur yang cukup lengket, namun tentu tidak ada salahnya jika Anda menggunakan getah pepaya untuk mengobati penyakit difteri. Untuk menggunakan obat alami ini tentunya Anda bisa mencampurkan getah pepaya dengan air hangat.

Mengobati difteri secara alami tentunya paling banyak dilakukan yang tentu tidak kalah ampuh dengan obat yang sudah diracik terlebih dahulu. Mengobati penyakit difteri secara alami memang dibutuhkan waktu yang cukup lama dan tentunya dibutuhkan kesabaran. Itulah beberapa cara mengobati difteri secara alami yang dapat Anda lakukan sekarang juga. Semoga bermanfaat!

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel