data-ad-format="auto"

Tips Persiapan Mental Menjelang Persalinan

Bagi seorang wanita kehamilan merupakan hal yang paling membahagiakan. Namun tidak hanya untuk ibu saja, bagi suami serta keluarga besar anda juga, kehamilan merupakan sebuah berkah yang tidak ternilai. Banyak juga wanita yang tidak diberi kesempatan sama untuk di mempunyai bayi oleh sebab itu bagi wanita yang sekarang ini sedang hamil banyaklah bersyukur atas telah mempunyai kesempatan untuk memiliki bayi. Sebaiknya menjaga sang buah hati dilakukan ketika bayi anda masih tumbuh dan juga berkembang di dalam rahim anda. Wanita hamil juga di haruskan untuk mengajak bayi anda berkomunikasi serta menunjukan rasa sayang yang anda tunjukan melalui sentuhan lembut di atas perut anda.

Ketika menyambut kelahiran bayi apalagi jika bayi tersebut merupakan bayi yang pertama, Ini akan menjadi masa-masa yang paling membahagiakan juga mendebarkan bagi anda dan juga keluarga anda. Selain memiliki rasa yang tidak sabar karena ingin segera melihat sang buah hati anda, namun pada saat itu juga mungkin anda merasa sangat cemas ketika hendak menjalani proses persalinannya nanti. Untuk kelancaran proses persalinan nanti tentu saja anda di haruskan untuk mempersiapkan kesiapan mental da juga fisik anda secara maksimal. 

Bagi ibu yang tidak lama lagi hendak menyambut kelahiran seorang bayi, ada baiknya anda mengikuti kegiatan yang bisa membuat bayi di dalam kandungan anda sehat. Anda dapat melakukan olahraga seperti senam hamil yang berguna dalam mempersiapkan kondisi badan pada saat akan menghadapi proses persalinan. Hal ini juga baik untuk melatih kesiapan mental anda menjelang proses persalinan. Kegiatan senam hamil ini juga dapat membantu anda dalam mengatur pernafasan, melatih otot panggul dalam menghadapi persalinan, miningkatkan kebugaran tubuh anda, serta meningkatkan kesiapan mental anda ketika akan menghadapi proses persalinan. (Baca juga: tanda tanda akan melahirkan)

Senam hamil juga sangat disarankan bagi anda yang masa kehamilannya memasuki pada trimester akhir. Olahraga senam hamil ini baik untuk anda yang sering merasakan pegal di area punggung dan juga panggul. Kegiatan tersebut juga mengurangi kecemasan berlebih yang ada di dalam diri anda. Selain itu, ada baiknya anda memperhatikan asupan gizi bagi anda sendiri dan juga bagi sang buah hati anda. Serta periksakan secara teratur tentang semua kondisi anda pada dokter yang sudah anda pilih. Selain anda mempersiapkan Persiapan Khusus menjelang persalinan ada baiknya anda mempersiapkan mental dengan cara cara berikut : (Baca juga: Persiapan Melahirkan)

Baca Juga: Panduan Lengkap Proses Melahirkan Normal Yang Nyaman & Lancar

1.  Melatih Kesiapan Mental. Kondisi yang paling harus anda perhatikan ketika kehamilan memasuki trimester akhir ialah persiapan mental. Melatih kesiapan mental sangat dibutuhkan untuk anda yang pertama kalinya hamil, terutama ketika tanda-tanda melahirkan sudah terasa. Banyak sekali wanita yang masih merasakan ketakukan ketika hendak menjalani persalinan. Kebanyakan dari mereka yang mengalami ketakutan disebabkan oleh rasa sakit pada proses persalinan, perasaan takut jika bayi terlahir cacat, ketakutan jika harus kehilangan nyawa anda maupun bayi anda, perasaan malu jika harus berhadapan dengan para ahli medis di dalam ruangan medis, serta ketakutan lainnya.

2.  Sebaiknya anda segera menyingkirkan perasaan takut dengan melatih mental anda. Ada baiknya anda mengutarakan semua kecemasan yang anda alami pada orang-orang terdekat anda seperti suami anda. Sangat disarankan anda mengikuti kelas khusus antenatal untuk melatih kesiapan mental anda menghadapi persalinan.

3.  Cara yang sangat ampuh untuk melatih mental anda menjadi kuat ialah dengan anda membayangkan wajah bayi anda yang sangat mungil akan hadir pada pelukan anda. Penantian selama 9 bulan serta keinginan anda untuk segera menyentuh dan melihat wajah sang bayi, merupakan sebuah motivasi yang sangat tepat untuk mengurangi perasaan negative anda menjelang proses persalinan.

Loading...

Populer di Persalinan

Tanda-tanda melahirkan

Tanda-Tanda Akan Melahirkan

Selamat datang di akhir kehamilan. Barangkali anda hanya tinggal menunggu selama beberapa…

Tanda-tanda Gerakan Janin Menjelang Persalinan

Pada ibu hamil kebanyakan kelahiran dimulai antara usia kehamilan di minggu ke 39 dan…
Default Image

Mengenal Tahapan Proses Melahirkan

Persalinan merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu oleh para ibu hamil, sebuah waktu…

Tips Melahirkan Normal Tanpa Jahitan

Jahitan pada proses melahirkan biasanya disebabkan oleh adanya robekan yang terjadi di…
proses melahirkan normal

Melahirkan Normal: Tips Menghilangkan Rasa Sakit

Melahirkan normal merupakan proses melahirkan yang diidamkan oleh para ibu yang sedang…

Follow us